×
×

Search in Mata Mata Musik

Virgin EMI Ukir Sejarah di Tangga Lagu Britania Raya

Label ini menjadi yang pertama mencatatkan sembilan single dari berbagai artis di Top 20 Official Singles Chart di waktu yang sama.

Baca Juga: BLACKPINK Akan Tampil di Grammy Artist Showcase

Label Universal Music Group di Britania Raya, Virgin EMI, baru saja mengukir sejarah di tangga lagu negara itu. Label berpengaruh ini menjadi label pertama dengan sembilan single dari berbagai artis di Top 20 Official Singles Chart secara bersamaan.

Sembilan single itu berasal dari lima artis asal Inggris, Lewis Capaldi, Hardy Caprio, Russ + Tion Wayne, dan Chvrches yang ikut serta berkat kolaborasi mereka dengan musisi elektronik asal AS, Marshmello. Lewis Capaldi saat ini juga memiliki single terlaris tahun ini dengan “Someone You Loved.”

Official Singles Chart untuk minggu yang berakhir pada 10 Mei 2019 menunjukkan Virgin EMI menempatkan lima single di Top 10 dan total sembilan single di Top 20, prestasi yang belum pernah dicapai oleh label lain di Britania Raya.

Sebelum kesuksesan Virgin EMI, Atlantic Records mencatatkan 16 single di Top 20 di minggu yang dimulai pada 3 Maret 2017, tapi semua lagu itu berasal dari artis yang sama, Ed Sheeran, dan menyebabkan perubahan aturan tangga lagu dari Official Chart Company setelahnya.

Perubahan ini menetapkan bahwa artis hanya bisa memiliki tiga lagu paling populer mereka (berdasarkan penjualan dan streams) untuk dimunculkan di Top 100 Official Singles Chart.

Perubahan ini dirancang untuk mempermudah lagu hit dan artis baru untuk menembus tangga lagu dengan mencegah beberapa trek dari artis populer mendominasi tangga lagu.

Baca Juga: Spotify & Amazon Music Ajukan Banding Atas Putusan CBR!

Langkah ini diambil untuk mencegah perhitungan ganda trek album antara Official Singles dan Albums Charts dan menjadikan kedua daftar lebih berbeda. Perubahan baru ini juga diharapkan bisa meningkatkan jumlah lagu hit sekitar 10 persen.

Ted Cockle, Virgin EMI President, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kami senang Virgin EMI bisa membantu beragam macam artis, baik superstar global maupun talenta dalam negeri, mencapai kesuksesan di tangga lagu.

“Semua ini di saat kami sedang bersiap merilis album Lewis Capaldi yang tampaknya akan membawa banyak warna dan tawa ke tangga lagu Britania Raya pada musim panas mendatang.”

Keterangan Foto Utama: Logo Virgin EMI, label rekaman Universal Music Group yang berbasis di Britania Raya.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Charli XCX

Charli XCX & Christine and the Queens Luncurkan “Gone”

"Gone" sebelumnya dibawakan oleh mereka berdua di Primavera Sound Mei lalu. Baca Juga: Charli XCX dan Diplo Menari Dengan Lumba-Lumba di VM “Spicy” Da

on Jul 18, 2019
Ed Sheeran Bawakan “Best Part Of Me” di Abbey Road Studio

Ed Sheeran Duet Bareng Yebba di Abbey Road Studio

Ed Sheeran dan YEBBA mengambil alih Abbey Road Studio di London di video musik live terbaru untuk lagu kolaborasi mereka “Best Part of Me.” Video rekam

on Jul 13, 2019
Sidang Hak Cipta Ed Sheeran Mungkin Ditunda Hingga 2020

Sidang Hak Cipta Ed Sheeran Mungkin Ditunda Hingga 2020

Kasus terkait kemiripan lagu Marvin Gaye “Let’s Get It On” dan “Thinking Out Loud” dari Ed Sheeran ditunda sampai hasil kasus Led Zeppelin diputuskan

on Jul 8, 2019
"Beautiful People" Menurut Ed Sheeran & Khalid

"Beautiful People" Menurut Ed Sheeran & Khalid

"Beautiful People" adalah trek ketiga yang dirilis Sheeran dari album barunya, No. 6 Collaborations Project, yang akan rilis pada 12 Juli mendatang. Lagu mu

on Jul 1, 2019