×
×

Search in Mata Mata Musik

Yang Min Suk Mundur Sebagai CEO YG Entertainment

Posted on: 06/17/19 at 9:00 am

Setelah berita keterlibatan B.I iKON dalam kasus narkoba di 2016 beredar minggu lalu, kesialan terus membuntuti agensi hiburan asal Korea Selatan ini.

Baca Juga: BLACKPINK Luncurkan EP Baru Bulan Depan

Tak lama setelah bintang K-pop Yang Hyun Suk mundur dari semua jabatan di YG Entertainment, kakaknya yang juga menjabat sebagai CEO agensi, Yang Min Suk, juga mengumumkan keputusannya untuk mengundurkan diri dari agensi menyusul sederet berita negatif dari pers yang dihadapi agensi dalam beberapa waktu terakhir.

Setelah berita keterlibatan B.I iKON dalam kasus narkoba di 2016 beredar minggu lalu, kesialan terus membuntuti agensi hiburan asal Korea Selatan, YG Entertainment. Mengingat hal ini bukan skandal pertama yang dihadapi agensi papan atas itu tahun ini, sebuah petisi meminta semua aktivitas artis YGE dihentikan sementara menyusul banyaknya skandal narkoba yang melibatkan agensi. 

Pada 14 Juni kemarin, sang CEO membagikan berita tersebut dengan staf internal perusahaan melalui surat resmi.

“Saya sangat malu pada diri saya sendiri [saat saya memikirkan] semua orang yang merasa gelisah dan khawatir karena semua masalah provokatif yang terus menerus terjadi sejak awal tahun. Saya dan Yang Hyun Suk telah melibatkan diri dalam aktivitas musik dan manajemen, dan diam-diam menanggung semua spekulasi karena kami percaya kebenaran pasti akan terungkap.

“Meski begitu, setelah saya menyaksikan situasi yang berbeda terus-menerus menyulitkan para artis di agensi kita yang tidak ada kaitannya dengan masalah baru-baru ini, saya menyadari masalah ini sulit diatasi dengan hanya bertahan. Agar [perusahaan ini] dapat mengatasi kesulitan saat ini, tumbuh dan bersiap untuk terobosan baru, saya percaya perubahan besar sangat diperlukan. Dan agar tidak ada kesalahpahaman mengenai keputusan Yang Hyun Suk untuk mundur, saya rasa perlu ada klarifikasi dari pihak saya.”

Dia menyimpulkan, “Setelah mempertimbangkan dengan cermat di tengah situasi ini, saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi yang sudah lama saya emban sebagai CEO di YG Entertainment. Beberapa waktu lalu, dalam acara peringatan 23 tahun pendirian [YG Entertainment], saya mengatakan kepada kalian bahwa yang terpenting, kita sendiri harus berubah untuk dapat mengatasi kesulitan ini. Saya sangat berharap keputusan saya akan menjadi awal dari perubahan besar, baru, dan positif untuk YG.”

B.I iKON. (Foto: Instagram)

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, industri hiburan Korea diguncang dengan skandal narkoba besar-besaran saat berita keterlibatan ketua grup iKON, B.I, dengan pengedar narkoba terungkap.

Baca Juga: Tersangkut Isu Narkoba, B.I Keluar dari iKon

Di 2016, sang rapper mencoba membeli obat yang umum dikenal sebagai LSD untuk “menjadi seorang jenius” dan hal ini terungkap melalui tangkapan layar dari pesan obrolan di Kakao Talk antara B.I dengan pengedar narkoba.

Dia dilaporkan mengonfirmasi kepada polisi bahwa dirinya memang memberikan strip asam tetapi menolak memberikan informasi lebih lanjut.

Belum lama ini, musisi berumur 22 tahun itu turun ke Instagram untuk meminta maaf kepada para penggemarnya, tetapi dalam pernyataannya, dia mengatakan dia memang mencoba membeli narkoba, tetapi tidak pernah mengonsumsinya lantaran takut.

Semua ini berawal dari laporan Dispatch, sebuah organisasi berita Korea, yang membocorkan berita tentang percakapan B.I di Kakao pada 2016.

Awalnya, mantan agensi B.I membantah tuduhan penggunaan obat-obatan terlarang oleh sang rapper, namun begitu pernyataan awal dari pengedar narkoba dirilis, B.I merilis pernyataan dan mengatakan dia akan meninggalkan bandnya di tengah-tengah tuduhan ini.

Hal ini disusul dengan pernyataan dari YGE yang mengonfirmasi kontrak B.I bersama mereka telah dibatalkan. Terungkap juga, polisi mendapat kesaksian awal dari pengedar narkoba yang berbeda, yang menyebutkan banyak nama kliennya termasuk B.I dan mengarahkan polisi ke penjual yang berbicara dengan B.I di Kakao Talk.

Keterangan Foto Utama: Yang Min Suk, CEO YG Entertainment. (Foto via Meaww)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Sulli

Netizen, Jaga Jempolmu: Belajar dari Kasus Sulli

Sulli adalah mantan anggota girlband Korea f(X) yang tewas karena bunuh diri. Ia ditemukan tak lagi bernyawa di apartemennya di kawasan Seongnam, Provinsi Gyeo

on Oct 22, 2019
Tomorrow X Together TXT

TXT ‘Menyihir’ Lewat Album Debut The Dream Chapter: MAGIC

Beberapa bulan sejak debut dengan EP The Dream Chapter: Star, Tomorrow X Together (TXT) hadirkan album perdana mereka dengan lagu utama yang terinspirasi dari

on Oct 22, 2019
Jackson Wang

Jackson Wang GOT7 Dilempar Bra Saat Konser di Belanda

Jackson Wang lagi-lagi mendapat “hadiah” tak terduga dari penggemar wanitanya, yang kali ini terjadi dalam konser GOT7 di Ziggo Dome, Amsterdam. Baca ju

on Oct 21, 2019
BTS comeback

BTS Konfirmasi Album Baru, ARMY Prediksi Rilis Tahun Depan

Para ARMY sudah tidak sabar menantikan album baru BTS. Namun sepertinya, sudah waktunya kita sadar kalau ini adalah dunia BTS dan kita hanya numpang di dalamny

on Oct 21, 2019