×
×

Search in Mata Mata Musik

YouTube Blokir Beberapa Situs Pengunduh Video

Posted on: 07/14/19 at 8:35 am

Tidak mendapat bantuan dari RIAA, YouTube memblokir sendiri beberapa situs yang dianggap ‘mencuri’ streams-nya (stream ripping).

Mengunduh video dari YouTube lewat situs pihak ketiga sudah menjadi praktik yang lazim di kalangan pecinta musik yang ‘irit data’ atau sekadar ingin koleksi saja.

Tapi sekarang, hal itu mungkin sudah tidak bisa lagi dilakukan. Pasalnya, beberapa pengguna melaporkan, bahwa YouTube memblokir beberapa situs ‘pencuri’ streams tersebut. Meskipun tidak diketahui apa alasan di balik tindakan ini, ini bisa menjadi langkah bagi YouTube untuk menindak situs-situs pengunduh tersebut.

Biasanya, masalah pencurian streams ditangani langsung oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika (Recording Industry Association of America/RIAA), yang telah lama mengajukan tuntutan hukum dan panggilan pengadilan terhadap situs stream ripping dan domain mereka. Tindakan langsung dari YouTube ini adalah sesuatu yang sangat berbeda.

Tapi, ini bukan pertama kalinya situs stream ripping menghadapi masalah tahun ini. RIAA terus berusaha keras menghilangkan situs-situs itu dari peredaran.

Mereka menyerang Y2Mate, FLVTO.biz, dan YouTubNow di antara banyak situs lainnya. Namun langkah yang diambil YouTube sepertinya memiliki pendekatan yang sama sekali berbeda. Tanpa melibatkan tindakan hukum apa pun, YouTube menangani isu ini dengan caranya sendiri.

Contoh blokiran YouTube di situs stream ripping.

TorrentFreak melaporkan, banyak server saat ini sedang diblokir. Situs-situs seperti dlnowsoft.com dan mp3-youtube.download juga menghadapi masalah di situs mereka. Onlinevideoconverter.com, salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di internet, juga menampilkan pesan eror.

RIAA Memangkas Stream Ripping

Seperti yang dilaporkan awal bulan lalu, RIAA mematikan banyak situs pengunduh video. Beberapa situs itu, seperti Y2Mate, memiliki peringkat global. Y2Mate menduduki peringkat 439, dan merupakan salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di internet. Dengan lebih dari 64 juta kunjungan pada bulan Mei, orang-orang ingin mengunduh konten YouTube mereka, dan menginginkannya sekarang.

Apakah tindakan dari YouTube ini efektif? Akankah mematikan situs stream ripping ini berhasil selamanya? Dulu, situs-situs itu masih dibela Electronic Frontier Foundation  (EFF), yang mengaitkan situs-situs itu dengan “mesin fotokopi” atau “perekam video,” dan menyebutnya sebagai “teknologi netral,” Dengan terus berkembangnya teknologi yang lebih cepat daripada hukum di sekitar mereka, kita tunggu saja hasil akhirnya.

Artikel asli ditulis oleh Dzill untuk EDM Tunes dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: Layanan streaming video terbesar, YouTube, ‘mengejar’ situs-situs kecil yang dianggap mencuri jumlah streams dari situsnya.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

YouTube

Video Musik Internasional Terpopuler di YouTube Selama 2019

YouTube Rewind kembali hadir memeriahkan penghujung tahun 2019. Dengan mengurutkan 10 video musik terpopuler secara global sepanjang tahun 2019, YouTube Rewind

on Jan 3, 2020
Anggota Radiohead

Radiohead Unggah Beberapa Albumnya ke YouTube

Sebagai salah satu band rock terbesar pertama yang membuka akses album digital secara gratis, Radiohead kembali melakukan terobosan. Baru-baru ini mereka t

on Dec 25, 2019
YouTube Music

Yuk, Kenali 3 Fitur Playlist Baru YouTube Music!

YouTube Music semakin memanaskan persaingan dengan kompetitornya seperti Spotify dan Apple Music lewat peluncuran tiga playlist yang dipersonalisasi. Ketiga

on Dec 18, 2019
Daddy Yankee

Daddy Yankee Berkuasa, Ini Dia Daftar 10 Video Musik Paling Top 2019

Memasuki akhir tahun, Daddy Yankee memimpin daftar video musik yang paling ditonton di YouTube sepanjang tahun 2019. YouTube meluncurkan statistik

on Nov 20, 2019