×
×

Search in Mata Mata Musik

YouTube Blokir Beberapa Situs Pengunduh Video

Posted on: 07/14/19 at 8:35 am

Tidak mendapat bantuan dari RIAA, YouTube memblokir sendiri beberapa situs yang dianggap ‘mencuri’ streams-nya (stream ripping).

Mengunduh video dari YouTube lewat situs pihak ketiga sudah menjadi praktik yang lazim di kalangan pecinta musik yang ‘irit data’ atau sekadar ingin koleksi saja.

Tapi sekarang, hal itu mungkin sudah tidak bisa lagi dilakukan. Pasalnya, beberapa pengguna melaporkan, bahwa YouTube memblokir beberapa situs ‘pencuri’ streams tersebut. Meskipun tidak diketahui apa alasan di balik tindakan ini, ini bisa menjadi langkah bagi YouTube untuk menindak situs-situs pengunduh tersebut.

Biasanya, masalah pencurian streams ditangani langsung oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika (Recording Industry Association of America/RIAA), yang telah lama mengajukan tuntutan hukum dan panggilan pengadilan terhadap situs stream ripping dan domain mereka. Tindakan langsung dari YouTube ini adalah sesuatu yang sangat berbeda.

Tapi, ini bukan pertama kalinya situs stream ripping menghadapi masalah tahun ini. RIAA terus berusaha keras menghilangkan situs-situs itu dari peredaran.

Mereka menyerang Y2Mate, FLVTO.biz, dan YouTubNow di antara banyak situs lainnya. Namun langkah yang diambil YouTube sepertinya memiliki pendekatan yang sama sekali berbeda. Tanpa melibatkan tindakan hukum apa pun, YouTube menangani isu ini dengan caranya sendiri.

Contoh blokiran YouTube di situs stream ripping.

TorrentFreak melaporkan, banyak server saat ini sedang diblokir. Situs-situs seperti dlnowsoft.com dan mp3-youtube.download juga menghadapi masalah di situs mereka. Onlinevideoconverter.com, salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di internet, juga menampilkan pesan eror.

RIAA Memangkas Stream Ripping

Seperti yang dilaporkan awal bulan lalu, RIAA mematikan banyak situs pengunduh video. Beberapa situs itu, seperti Y2Mate, memiliki peringkat global. Y2Mate menduduki peringkat 439, dan merupakan salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di internet. Dengan lebih dari 64 juta kunjungan pada bulan Mei, orang-orang ingin mengunduh konten YouTube mereka, dan menginginkannya sekarang.

Apakah tindakan dari YouTube ini efektif? Akankah mematikan situs stream ripping ini berhasil selamanya? Dulu, situs-situs itu masih dibela Electronic Frontier Foundation  (EFF), yang mengaitkan situs-situs itu dengan “mesin fotokopi” atau “perekam video,” dan menyebutnya sebagai “teknologi netral,” Dengan terus berkembangnya teknologi yang lebih cepat daripada hukum di sekitar mereka, kita tunggu saja hasil akhirnya.

Artikel asli ditulis oleh Dzill untuk EDM Tunes dan sudah melalui proses penyaduran serta pengeditan oleh redaksi Mata Mata Musik.

Keterangan Foto Utama: Layanan streaming video terbesar, YouTube, ‘mengejar’ situs-situs kecil yang dianggap mencuri jumlah streams dari situsnya.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Putih Abu Abu

    Aksi Kocak Polos Grup Putih Abu Abu Berhasil Menuai Perhatian Coldplay

    Putih Abu-Abu adalah grup vokal hasil kolaborasi kreatif antara mantan guru dan mantan siswi SMK Dharma Kusuma, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Personelnya

    on Oct 14, 2021
    Daftar Nominasi JIMA 2021

    Inilah Daftar Nominasi & Cara Voting JOOX Indonesia Music Awards 2021!

    Sebuah penghargaan musik pertama yang diselenggarakan JOOX Indonesia untuk mengapresiasi musisi Indonesia dan dukungan penggemar terhadap perkembangan musi

    on Jun 7, 2021
    JIMA 2021

    JOOX Ajak Fans Dukung Idolanya Di JOOX Indonesia Music Awards 2021

    JOOX Indonesia sebagai Tuan Rumah Musik di Indonesia terus berupaya untuk mendukung musisi dan perkembangan industri musik di Indonesia. Perusahaan platfor

    on Jun 7, 2021
    Nicki Minaj

    Nicki Minaj: 10 Peringkat Video YouTube Terpopuler Si Ratu "Geal-Geol"

    Nicki Minaj termasuk dalam deretan atas artis internasional melalui goyangan musik hip hop-nya. Cewek berbokong besar ini tercatat telah menjual lebih dari

    on May 17, 2021