×
×

Search in Mata Mata Musik

Nick Cave ke Brian Eno: ‘Pemboikotan Budaya Israel Munafik & Memalukan’

Posted on: 12/15/18 at 10:00 am

Dalam suratnya, Cave menulis bahwa keputusannya tampil di Israel adalah “pendirian berprinsip melawan siapapun yang ingin menindas, mempermalukan dan membungkam musisi.”

Oleh: Marissa Cetin. (Resident Advisor)

Nick Cave merilis sebuah surat yang dia kirimkan kepada Brian Eno tentang gerakan BDS (Boikot,Divestasi, Sanksi).

Dalam surel yang dikirim ke proyek Q&A Cave, The Red Hand Files, penyanyi-penulis lagu asal Australia ini memperjelas pernyataannya sebelumnya yang menentang BDS dan seruannya untuk memboikot budaya Israel. Dia menjelaskan responsnya kepada Eno,yang mendesaknya untuk tidak tampil pada dua konser di Tel Aviv dalam tur dengan The Bad Seeds di 2017.

Baca Juga: 50 Cent Kerja Sama dengan Eminem & Ed Sheeran

“Saya rasa pemboikotan [terhadap] budaya Israel adalah hal yang munafik dan memalukan,” tulisnya. “Bahkan, inilah sebagian alasan saya tampil di Israel—bukan untuk mendukung entitas politik tertentu tapi sebagai pendirian berprinsip melawan siapapun yang ingin menindas, mempermalukan dan membungkam musisi.”

Setelah merilis surel yang kini tersebar luas, Cave menambahkan bahwa dirinya bertanya-tanya apakah dia “melakukan hal yang tepat tampil di Israel.”

Baca Juga: Kanye West Coba Ajak Bob Dylan Kolaborasi?

“Saya tidak bisa menjawab pertanyaan itu. Saya memahami dan menerima validitas dari banyak argumen yang ditujukan kepada saya. Memang, beberapa teman terdekat saya di industri musik menganggap keputusan saya sangat sulit diterima, tetapi itu sudah terjadi, setelah banyak pertimbangan keputusan saya menjadi bulat: saya tidak bisa memperlakukan penggemar saya di Israel dengan penghinaan yang tidak jelas untuk melakukan perintah Brian Eno.”

Eno adalah satu dari tujuh orang yang membagikan pendapat mereka tentang situasi rumit dalam fitur Resident Advisor edisi November tentang gerakan BDS dan #DJsForPalestine. Baca lebih lanjut tentang keterlibatan Eno dalam ranah seni Palestina di fitur Tom Faber, TheWalled Off Hotel: A creative retreat in Palestine, yang terbit awal tahun ini.

Keterangan Foto Utama: Nick Cave (kiri) dan Brian Eno (kanan). (Foto via Resident Advisor)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

M83

M83 Rilis Koleksi Musik Ambient Baru, DSVII

Album ini dipengaruhi oleh video game tahun ’80-an, Brian Eno, dan film sci-fi. Baca Juga: M83 Rilis OST Film Knife + Heart Adam Gonzalez dari M83 berges

on Sep 27, 2019
Nick Cave

Nick Cave Tanggapi Dukungan Morrissey Untuk For Britain

Ketua band The Bad Seeds ini menanggapi surat yang dikirimkan penggemar yang menanyakan apakah mungkin memisahkan seni dari artisnya. Baca Juga: Nick Cave ke

on Jul 1, 2019
Brian Eno

Brian Eno Akan Rilis Versi Panjang Album Apollo

Materi baru juga akan dirilis bersama rekaman orisinal yang di-remaster. Baca Juga: Brian Eno Komposeri Scoring Seri Terbaru Drake di Netflix Album feno

on May 23, 2019
Brian Eno Sisipkan Musik Baru dalam Versi Reissue Apollo-1

Brian Eno Sisipkan Musik Baru dalam Versi Reissue Apollo

Tonton video untuk instrumental baru, “Like I Was a Spectator” Oleh Matthew Strauss (Pitchfork) Baca Juga: Arty Gugat Marshmello Karena Pelanggaran

on May 9, 2019