×
×

Search in Mata Mata Musik

Nicki Minaj Masih Kesal Dengan Grammy 2012 dan Seret Nama Bon Iver

Posted on: 11/25/20 at 11:30 am

Nicki Minaj Masih Kesal Dengan Grammy 2012 dan Seret Nama Bon Iver
Bon Iver vs. Nicki Minaj.

Pada hari Selasa, 24 November lalu, daftar nominasi untuk Grammy Awards 2021 diumumkan ke publik. Namun nggak semua orang siap untuk menerima hasil pemilihan nominasinya. Hanya beberapa jam setelah pengumumannya, Nicki Minaj mengingatkan publik melalui Twitter bahwa doi masih marah alias nggak terima akibat merasa dilecehkan di Grammy Awards 2012. Nicki Minaj secara khusus turut menyeret Bon Iver, yang mengalahkannya untuk memenangkan penghargaan Best New Artist tahun itu.

Baca juga: Nicki Minaj Umumkan Kehamilannya Melalui Konsep Foto Yang Wow!

“Jangan pernah melupakan Grammy yang nggak ngasih gue penghargaan Best New Artist ketika gue memiliki 7 lagu yang secara bersamaan masuk tangga lagu di Billboard dan minggu pertama yang lebih besar daripada rapper cewek mana pun dalam dekade terakhir, dan terus menginspirasi satu generasi. Mereka memberikannya kepada orang kulit putih Bon Iver,” tulis Nicki Minaj dalam tweet-nya.

Dengan kekuatan album kedua Bon Iver, Bon Iver, band indie rock yang dipimpin Justin Vernon itu benar-benar membawa pulang penghargaan Best New Artist pada 2012, mengalahkan Nicki Minaj, J. Cole, The Band Perry, dan Skrillex. Nicki Minaj pulang dengan tangan kosong alias meraih skor kalah telak 0-4 di sepanjang seremoni malam itu. Namun, dilansir dari Page Six, referensi Nicki Minaj untuk “7 lagu secara bersamaan masuk tangga lagu” sebenarnya terjadi dua tahun sebelumnya pada 2010.

Berbicara tentang 2010, pada bulan Oktober tahun itu, baik Nicki Minaj dan Justin Vernon tampil di single ‘Monster’ dari album My Beautiful Dark Twisted Fantasy milik Kanye West. Jadi, agak aneh jika Nicki Minaj menyecar salah satu rekan musikalnya sendiri, dan delapan tahun setelah pelecehan Grammy tersebut.

Meski begitu, sentimen Nicki Minaj tentang sejarah rasisme Grammy Awards yang panjang dan rumit nggak sepenuhnya melenceng. Selama bertahun-tahun hingga kini, banyak artis kulit hitam terkemuka telah berbicara menentang kurangnya keragaman Grammy. Contohnya, pada 2017, Kanye, Frank Ocean, dan Drake memprotes ajang musik terbesar itu secara publik. Mungkin masih belum hilang dari ingatan, Kanye West juga pernah marah ketika Beck mengalahkan Beyoncé untuk Album of the Year (meskipun emosi yang meledak-ledak itu lebih pantas ketimbang argumen berbasis ras).

Baru-baru ini, Tyler, The Creator mengecam Grammy karena membatasi artis kulit hitam ke kategori yang sangat spesifik, seperti “Rap” atau “Urban”. “Sungguh menyebalkan bahwa setiap kali kami, dan maksud gue laki-laki yang mirip seperti gue, melakukan apa pun yang sesuai dengan genre atau apa pun, mereka selalu memasukkannya ke dalam kategori rap atau urban,” ujar rapper dari kolektif Odd Future itu pada bulan Januari lalu.

“Dan gue nggak suka kata ‘urban’ itu,” lanjutnya. “Ini hanya cara yang benar secara politis untuk mengucapkan kata N (Nigga -Ed.), kepada gue. Jadi ketika gue mendengarnya, gue hanya berpikir, mengapa kita nggak bisa muncul begitu saja? Jadi gue merasa seperti, separuh dari gue merasa nominasi rap itu adalah pujian yang nggak masuk akal. “Untuk apa nilainya, Grammy sejak itu mengganti nama kategori “Urban” menjadi “Best Progressive R&B” yang nggak jauh lebih baik.

Baca juga: Nominasi Grammy 2021 Dianggap Lalai Karena The Weeknd Sama Sekali Nggak Masuk

Belum lama ini, Nicki Minaj baru saja merayakan ulang tahun ke-10 album Pink Friday dengan kejutan rilisan reissue edisi deluxe.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Nicki Minaj

Nicki Minaj Rela Bayar Tracy Chapman Rp 6,3 Miliar Untuk Menutup Kasus...

Tracy Chapman dan Nicki Minaj. Apakah sudah terlambat untuk bilang 'Sorry'? Loh ada apa ini kok pakai minta mangap...eh...maaf segala? Ternyata Nicky Minaj

on Jan 9, 2021
Fiona Apple

Fiona Apple Berpikir Akan Boikot Grammy Awards 2021 Karena Menominasi ...

Fiona Apple. (Foto: via CoS). Meski berada dalam masa pandemi, Fiona Apple menjadi salah satu artis yang menonjol berkat merilis album barunya, Fetch the Bo

on Dec 19, 2020
Taylor Swift

Taylor Swift Rilis Album Live & Film "folklore: the long pond studio s...

Justin Vernon dan Taylor Swift menyanyikan lagu 'Exile'. (Foto: via YouTube). Seperti yang dijanjikan Taylor Swift, doi telah merilis film barunya yang berj

on Nov 26, 2020
Kanye West

Berseteru Dengan Universal Music dan Sony/ATV, Kanye West Kencingi Pia...

Kanye West (Foto: Brad Barket/Getty Images for Fast Company) / Piala Grammy dikencingi. (Foto: Twitter Ye). Dengan terhitung hanya 47 hari dari hari pelaksa

on Sep 17, 2020