×
×

Search in Mata Mata Musik

Nicki Minaj Rela Bayar Tracy Chapman Rp 6,3 Miliar Untuk Menutup Kasus Hak Cipta

Posted on: 01/9/21 at 7:00 am

Nicki Minaj Rela Bayar Tracy Chapman Rp 6,3 Miliar Untuk Menutup Kasus Hak Cipta
Tracy Chapman dan Nicki Minaj.

Apakah sudah terlambat untuk bilang ‘Sorry’? Loh ada apa ini kok pakai minta mangap…eh…maaf segala? Ternyata Nicky Minaj digugat masalah hak cipta oleh Tracy Chapman atas penggunaan secara ilegal sampel lagu ‘Baby Can I Hold You’ milik penyanyi senior itu yang terdapat di lagu Nicki yang berjudul ‘Sorry’. Melalui The Hollywood Reporter, Nicki Minaj telah menyatakan setuju untuk membayar Tracy Chapman sebesar US$ 450.000 (sekitar Rp 6,3 miliar) untuk menyelesaikan gugatan hak cipta atas lagu ‘Sorry’ Nicki Minaj yang mengambil sampel ‘Baby Can I Hold You’ Tracy Chapman tanpa izin.

Baca juga: Nicki Minaj Masih Kesal Dengan Grammy 2012 dan Seret Nama Bon Iver

Nicki Minaj menulis lagu ‘Sorry’ dengan Nas untuk album 2018-nya, Queen. Awalnya, Her Pinkness enggak tahu doi telah menginterpolasi ‘Baby Can I Hold You’, doi hanya mengetahui sesaat sebelum albumnya dirilis bahwa, salah satu sampel lagunya mengambil sampel lagunya Tracy Chapman. Nicki Minaj memohon kepada Tracy Chapman untuk menghapus lagu tersebut melalui Twitter, tetapi enggak berhasil.

Pada akhirnya, album Queen dirilis tanpa lagu yang menyinggung masalah hak cipta itu. Namun, Nicki Minaj diduga membocorkan lagu ‘Sorry’ kepada Funkmaster Flex, setelah lagu itu mendarat di internet. Nicki Minaj dan Tracy Chapman lantas terjun ke dalam pertempuran hukum sejak saat itu.

Pergumulan terakhir di ruang sidang terjadi pada September lalu. Hakim Pengadilan Distrik Amerika Serikat (AS), Virginia Phillips membuat keputusan terbatas yang mendukung Nicki Minaj, membenarkan bahwa si ratu Barbz ini memiliki hak untuk bereksperimen dengan sampel di studio sambil menyiapkan uji coba baru untuk menyelidiki bagaimana lagu itu bocor. Mungkin Nicki Minaj akan memenangkan babak berikutnya, juga, tapi ada cukup banyak bukti yang menumpuk, termasuk sebuah postingan Instagram dari Funkmaster Flex di mana doi menulis, “NICKY GA VE ME SOMETHING!!! @nickiminaj ft @nas !!! (NOT ON HER ALBUM!) GONNA STOP THE CITY TONIGHT!!!!!!!!!!!!!” Setelah itu, akan sulit bagi Nicki Minaj untuk membuktikan bahwa doi nggak ada hubungannya dengan kebocoran tersebut.

Sekarang, uji coba berikutnya sudah nggak diperlukan. Kemarin, 7 Januari, pengadilan California mempublikasikan dokumen yang mencerminkan bahwa Tracy Chapman telah menerima tawaran yang dibuat oleh Nicki Minaj. Nicki Minaj akan membayar lebih dari US$ 450.000 dengan harapan bisa segera menyelesaikan masalah hak cipta itu.

Baca juga: Nicki Minaj Umumkan Kehamilannya Melalui Konsep Foto Yang Wow!

Dalam beberapa bulan terakhir, Tracy Chapman menjadi lebih terbuka dan Nicki Minaj lebih tertutup daripada biasanya. Pada bulan November, beberapa hari sebelum pemilihan Presiden AS, Tracy Chapman tampil di acara TV yang langka doi lakukan di Seth Meyers membawakan ‘Talkin ‘Bout a Revolution’. Sementara Nicki Minaj baru-baru ini melahirkan seorang bayi laki-laki, serta me-reissue album Pink Friday edisi ulang tahun ke-10 dan menyeret Bon Iver di Twitter.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Nicki Minaj

    Nicki Minaj Masih Kesal Dengan Grammy 2012 dan Seret Nama Bon Iver

    Bon Iver vs. Nicki Minaj. Pada hari Selasa, 24 November lalu, daftar nominasi untuk Grammy Awards 2021 diumumkan ke publik. Namun nggak semua orang siap unt

    on Nov 25, 2020
    Major Lazer

    'Oh My Gawd', Single Joget Baru Major Lazer Fitur Mr. Eazi, Nicki Mina...

    Major Lazer. Tepat pada hari Jum'at, 11 September 2020, bersama dengan Mr. Eazi, Major Lazer merilis single terbarunya berjudul 'Oh My Gawd' fitur Nicki Min

    on Sep 12, 2020
    Nicki Minaj

    Nicki Minaj Umumkan Kehamilannya Melalui Konsep Foto Yang Wow!

    Nicki Minaj. (Foto: Instagram). Selain menjadi ratu abadi untuk para Barbz (nama fanbase-nya), superstar hip-hop Nicki Minaj mungkin harus membeli beberapa

    on Jul 22, 2020
    Mariah Carey & Nicki Minaj.

    Hacker Ancam Akan Lelang Dokumen Legal Mariah Carey, Nicki Minaj dan B...

    Mariah Carey dan Nicki Minaj. (Foto: Getty Images). Dalam drama terbaru dalam kasus peretasan data yang melibatkan firma hukum hiburan terkemuka Grubman Shi

    on Jun 26, 2020