×
×

Search in Mata Mata Musik

NIKI dan Rich Brian Mewakili Indonesia Di Coachella 2020!

Posted on: 01/6/20 at 3:42 pm

NIKI dan Rich Brian (Foto: 88rising/Instagram)

Dua musisi asal Indonesia, NIKI dan Rich Brian belum lama mengumumkan akan tampil sebagai sebagian pengisi festival seni dan musik paling bergengsi di Amerika Serikat (AS), Coachella 2020 yang digelar selama dua akhir pekan, 10, 11, 12 April dan 17, 18, 19 April mendatang.

Nama Rich Brian yang sebelumnya dikenal dengan Rich Chigga merupakan nama panggung dari Brian Imanuel Soewarno dan NIKI nama panggung dari Nicole Zefanya. Mereka termasuk dalam daftar musisi yang akan tampil pada hari pertama di minggu pertama Coachella, yaitu 10 dan 17 April.

Mereka berdua berada di bawah payung label rekaman yang sama, yaitu 88rising Music yang berbasis di AS. Dan keberhasilan mereka mendapatkan slot panggung Coachella ini tentu tidak lepas dari peran besar label tersebut.

NIKKI

NIKI (Foto: 88rising/Instagram)

NIKI yang bernama asli Nicole Zefanya, lahir 24 Januari 1999, dibesarkan di Jakarta. Ia tumbuh mendengarkan musik-musik R&B era 1990-an seperti Destiny’s Child dan Aaliyah karena pengaruh ibunya.

NIKI kemudian merilis lagu ‘Polaroid Boy’ dan ‘Anaheim’ secara independen pada 2016 dan 2017. Pada 2017, Niki pindah ke Nashville, AS, dan mempelajari Seni Musik di sebuah Universitas, sambil merilis lagu ‘See U Never’ dan ‘I Like U’ di bawah naungan label 88rising.

Dalam wawancaranya dengan Kompas.com, Niki mengaku bahwa dirinya diundang oleh Rich Brian untuk bergabung dalam label 88rising, setelah Brian mendengar lagunya di YouTube dan kemudian mengontaknya langsung. Ia kemudian merilis lagu ‘Vintage’ pada 2 Mei 2018 sebagai singel pertama dari EP-nya yang bertajuk Zephyr pada 23 Mei 2018.

NIKI mengatakan bahwa inspirasi dari Zephyr diambil dari kisah asmara kawula muda, karena tema itu dirasa lebih mudah dicerna lantaran bersinggungan dengan kehidupan semua orang. Dalam wawancaranya di Medcom.id, NIKI menuturkan:

“Aku ingin membuat seperti cerminan siapa diriku, seperti jalurku, [ketika] aku tumbuh [bersama] dengan musik R&B. Aku ingin memastikan elemen itu ada di album dan aku merasa aku melakukannya dalam chord-nya, melodinya, struktur musiknya, aku ingin itu seperti lebih banyak di genre R&B. Aku juga pingin ada elemen pop, jadi orang bisa suka”.

Niki kemudian merilis EP keduanya yang bertajuk wanna take this downtown?, dengan merilis singel ‘Lowkey’ pada April 2019.

Dengan suaranya yang lembut dan khas, NIKI mendapatkan beberapa julukan, seperti “R&B Princess” oleh VICE Indonesia.

Dalam ulasan Aisyah Pravita di GilaNada.com, saat mengulas EP Zephyr, ia menyebut bahwa EP tersebut “terasa halus dan ringan untuk didengarkan kapan pun”. Ia juga memberikan julukan kepada NIKI sebagai “ratu baru R&B lokal”, menambahkan bahwa “jika kalian menikmati musisi-musisi seperti Kehlani, SZA, Jhene Aiko, atau H.E.R, kalian akan merasa sangat bangga dan bersyukur NIKI berasal dari Indonesia. [NIKI adalah] artis lokal dengan kualitas internasional”.

Berangkat dari situ, NIKI lantas banyak muncul sebagai pengisi panggung di berbagai festival termasuk menjadi pembuka untuk konser Halsey saat tur dunianya di Jakarta dan Bali di tahun 2018.

Rich Brian

Rich Brian (Foto: 88rising/Instagram)

Nama Rich Brian melambung tinggi di industri musik AS. Remaja 20 tahun asal Jakarta ini mencetak sejarah sebagai artis Asia pertama yang menduduki posisi pertama di iTunes untuk musik hip hop.
Bahkan dia pernah tampil di The Late Late Show with James Corden membawakan dua lagu dari album terbarunya, Amen. Brian dikenal sebagai rapper, produser rekaman, dan penulis lagu setelah merilis debut lagunya yang menjadi viral ‘berjudul ‘Dat $tick’.

Brian lahir pada 3 September 1999 di Jakarta, Indonesia. Berdarah campuran Tionghoa dan Manado. Dibesarkan di Indonesia, Brian memulai kariernya melalui media sosial pada tahun 2010 saat masih berusia 11 tahun. Pada awalnya, dia sering mengirimkan video komedi gelap yang kerap berbau budaya Amerika, yang seringkali ditontonnya melalui video dari internet. Dia belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan menonton video YouTube dan mendengarkan lagu-lagu dari para penyanyi rap seperti Childish Gambino, 2 Chainz, Macklemore, dan Tyler, The Creator.

Brian pertama kali merilis singelnya, berjudul ‘Living the Dream’ pada tanggal 17 Juli 2015 di akun YouTube miliknya. Lagu tersebut diproduksi oleh DJ Smokey. Brian kemudian merilis singel debutnya ‘Dat $tick’ pada 22 Februari 2016. Lagu ini mencuri perhatian di panggung internasional setelah sebuah video reaksi diunggah, yang menampilkan para penyanyi rap AS seperti Ghostface Killah, 21 Savage, Tory Lanez, MadeinTYO, Desiigner dan lainnya. ‘Dat Stick’ menduduki peringkat empat di tangga lagu Bubbling Under R&B/Hip-Hop Singles.

Brian kemudian merilis singel keduanya, yang berjudul ‘Who That Be’ di iTunes pada tanggal 9 Agustus 2016. Lagu ini diproduksi oleh Sihk. Ia kemudian merilis versi remix dari singelnya ‘Dat Stick’ yang menampilkan Ghostface Killah dan Pouya.

Brian setelah itu pun merilis singel ketiganya, ‘Seventeen’ yang dengan cepat meraih satu juta kali tayang di YouTube dan SoundCloud.

Brian mengawali tur Amerika perdananya pada bulan April 2017, dan berakhir pada bulan Mei. Pada bulan Mei 2017, Brian merilis singel ‘Gospel’ bersama dengan XXXTentacion dan Keith Ape. Ini merupakan kolaborasi perdana mereka berdua dan lagu ini dirilis di 88rising. Video musik untuk singel ini telah ditonton sebanyak 21 juta kali di YouTube hingga bulan Oktober 2017.

Brian memenangkan penghargaan di Indonesian Choice Awards ke-4 sebagai Breakthrough Artist of the Year pada bulan Mei 2017. Brian mengumumkan album debutnya dalam sebuah wawancara dengan XXL, dengan mengatakan “Aku sedang mengerjakan sebuah proyek debut dan ada beberapa lagu yang serius, sedangkan sisanya hanya hal-hal konyol, meskipun demikian aku hanya fokus kepada lagu-lagu yang serius tersebut”. Dalam sebuah wawancara, Brian menyatakan bahwa dirinya sering menghabiskan waktu di Los Angeles, California untuk mengerjakan album debutnya.

Brian merilis ‘Glow Like Dat’ pada tanggal 15 Agustus 2017, pada saluran YouTube bernama 88rising. Dia kemudian mengumumkan tur nasional yang dimulai pada tanggal 9 September dan berakhir pada tanggal November 21 yang bertajuk “Come to My Party Tour”.

Brian merilis ‘Chaos’ pada bulan Oktober 2017 dan ‘Crisis’ bersama dengan 21 Savage pada bulan November 2017. Pada tanggal 19 Desember 2017, Brian mengumumkan di akun Twitter miliknya, bahwa ia akan merilis album studio debutnya, Amen pada 2 Februari 2018.

Pada 1 Januari 2018, Brian merilis ‘See Me’ di saluran YouTube 88rising dengan menggunakan nama panggung Brian. Kemudian, pada 7 Januari 2018, ia secara resmi kembali mengganti nama panggungnya menjadi Rich Brian.

Pada 26 Juni 2019, Brian merilis single terbarunya, Yellow’ sekaligus merilis video musiknya di hari yang sama. Brian juga mengumumkan album studio keduanya yang bertajuk The Sailor yang akan dirilis pada 26 Juli 2019.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

NIKI

Setelah Sempat Tertunda, Akhirnya NIKI Rilis 'MOONCHILD', Album Perdan...

NIKI Zefanya. (Foto: 88rising). Tepat pada hari Kamis, 10 September 2020, akhirnya NIKI merilis MOONCHILD yang merupakan album full-length perdananya yang s

on Sep 11, 2020
Rich Brian

Rich Brian Rilis EP Baru, '1999' Bareng MV 'Love In My Pocket' dan 'Do...

Rich Brian dalam MV 'Don't Care' (Foto: via YouTube). Setelah merilis dua single terakhirnya yang asyik, 'Love In My Pocket' dan 'Don't Care', Rich Brian

on Aug 27, 2020
88rising

Kolektif Artis 88rising Kembali Rilis 'Midsummer Madness 20' Gandeng D...

Kolektif 88rising 'Midsummer Madness 20'. Label rekaman beken yang banyak menaungi artis Asia, 88rising merilis single baru artis kolektif mereka yang sanga

on Aug 21, 2020
NIKI

NIKI Merilis ‘Lose’, Single Ketiga Dari ‘Moonchild’, Album Men...

NIKI. Penulis lagu, multi-instrumentalis dan produser kelahiran Indonesia, NIKI merilis 'Lose', single ketiga dari album debutnya yang akan datang, MOONCH

on Aug 14, 2020