×
×

Search in Mata Mata Musik

Nilai Citra Michael Jackson Merosot Hanya Rp 59,5 M Di Pengadilan AS

Posted on: 05/4/21 at 1:00 pm

Nilai Citra Michael Jackson Merosot Hanya Rp 59,5 Miliar Di Pengadilan AS
Michael Jackson (Foto: via Wiki).

Lebih dari satu dekade setelah kematiannya, nilai citra dan kemiripan Michael Jackson telah merosot hingga hanya US$ 4,15 juta (sekitar Rp 59,5 miliar). Perkiraan ini ditetapkan oleh Hakim Pengadilan Pajak Amerika Serikat (AS) Mark Holmes. Holmes memutuskan bahwa nilai mendiang King of Pop ini telah menurun drastis pada saat kematiannya. Dan terus menurun lebih jauh sejak saat itu.

Baca juga: Neverland Milik Michael Jackson Terjual Dengan Harga Miring, Diskon 1 Triliun

Pernyataan Hakim Mark Holmes

Menurut dokumen pengadilan yang diperoleh The Hollywood Reporter, Holmes sebagian besar berpihak pada harta milik Jackson dalam pertempurannya melawan IRS (Internal Revenue Service)*. Mengutip persepsi publik negatif terhadap megastar ini bahkan sebelum kematiannya, Holmes menunjukkan bahwa warisan kekayaan Jackson semakin ternoda dalam beberapa tahun terakhir. Sang hakim menulis:

“Sejak kecil Michael Jackson sudah terkenal. Dan ada saat-saat dalam hidupnya, bersaksi sebagai eksekutornya, ketika dia menjadi orang paling terkenal di dunia. Sudah pasti ada tahun-tahun ketika dia menjadi bintang musik populer paling terkenal, dan bahkan setelah kematiannya ada tahun-tahun ketika dia menjadi penghibur berpenghasilan tertinggi di dunia. Tetapi ada juga tahun-tahun ketika dia lebih terkenal karena perilakunya yang tidak biasa dan bukan bakatnya yang tidak biasa. Dan ada beberapa tahun di mana ketenarannya menjadi terkenal dengan tuduhan serius atas tindakan yang paling merugikan. Kami tidak membuat penilaian khusus tentang apa yang dilakukan atau diduga dilakukan Jackson, tetapi kami harus memutuskan bagaimana apa yang dia lakukan dan apa yang diduga telah dilakukannya memengaruhi nilai dari apa yang dia tinggalkan”.

Holmes lanjut membuat komentar yang menggigit. Doi juga menyimpulkan bahwa publik pasti akan beralih dari ingatan tentang kehebatan Jackson sebagai musisi. “Budaya populer selalu bergerak,” tambahnya. “Dan seperti kuburan akan menelan ketenaran Jackson, waktu akan mengikis pendapatan harta kekayaannya. Itu dihidupkan kembali dan kemudian apa yang menjadi aset paling berharga dijual ke Sony (ATV Music Publishing) sebelum persidangan. Nilai dari apa yang tersisa, tidak peduli seberapa baik dikelola, sekarang akan menyusut saat hak cipta Jackson kedaluwarsa. Dan citra serta kemiripannya menyeret terlebih dahulu menjadi tidak relevan dan kemudian ke domain publik”.

Kemenangan Ahli Waris Michael Jackson

Penggugat dan tergugat dalam kasus ini menilai citra dan kemiripan Jackson di sisi spektrum yang sangat berlawanan. IRS mengklaim kekayaannya sebesar US$ 434 juta (sekitar Rp 6,2 triliun), berdasarkan “peluang yang bisa diperkirakan” dari beberapa aliran pendapatannya. Seperti atraksi bertema, merchandise bermerek, pertunjukan Cirque du Soleil, film, dan musikal Broadway. Semua yang berkaitan dengan citra dan kemiripan Jackson.

Sementara itu, kekayaan Jackson awalnya dikatakan nilainya hanya US$ 2.000 (sekitar Rp 28,6 juta). Gara-gara perjuangan untuk merehabilitasi citra penyanyi legendaris ini di tengah tuduhan pelecehan anak. Tuduhan itu diperkuat oleh tayangan ulang film dokumenter HBO tahun 2019, Leaving Neverland. Para ahli konsultasi kemudian meningkatkan penilaian harta warisannya menjadi sekitar US$ 3 juta (sekitar Rp 43 miliar).

John Branca dan John McClain, co-eksekutor The Estate of Michael Jackson (Warisan Harta Michael Jackson) memuji keputusan tersebut. “Keputusan yang bijaksana oleh Pengadilan Pajak AS ini adalah kemenangan yang sangat besar dan tidak ambigu bagi anak-anak Michael Jackson,” tulis mereka. “Selama hampir 12 tahun harta warisan Michael mempertahankan bahwa penilaian pemerintah atas aset Michael pada hari dia meninggal adalah keterlaluan dan tidak adil, yang akan membebani ahli warisnya dengan kewajiban pajak yang menindas lebih dari US$ 700 juta (sekitar Rp 10 triliun)”.

Baca juga: Anekdot Keren Kontribusi Eddie Van Halen Di Lagu Michael Jackson ‘Beat It’

Pernyataan tersebut berlanjut, “Meskipun kami tidak setuju dengan beberapa bagian dari keputusan tersebut, kami yakin hal itu dengan jelas mengungkapkan betapa tidak masuk akalnya penilaian IRS dan memberikan jalan ke depan untuk akhirnya menyelesaikan kasus ini dengan cara yang adil dan tepat”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi
*Internal Revenue Service adalah lembaga pemerintah federal Amerika Serikat yang mengumpulkan pajak dan menetapkan hukum pendapatan dalam negeri. IRS adalah sebuah lembaga yang tercakup dalam Departemen Keuangan AS dan bertugas menafsirkan dan menerapkan hukum pajak federal.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Musisi legendaris

    32 Aktor/Aktris Yang Bertransformasi Jadi Musisi Legendaris Di Film Bi...

    Deretan aktor dan musisi legendaris yang diperankannya. Musisi legendaris yang memiliki karya-karya abadi di sepanjang zaman telah digiring ke layar lebar s

    on Sep 1, 2021
    Aib Artis

    Antara Karya & Aib Dari Seorang Artis Yang Tidak Selalu Bisa Dipisahka...

    Ki-ka: Phil Spector, Gisel, Michael Jackson, R. Kelly, Ariel. Kondisi psikologi manusia memang merupakan hal yang sulit untuk dipahami. Bagaikan dua sisi se

    on Jan 20, 2021
    Neverland Michael Jackson

    Neverland Milik Michael Jackson Terjual Dengan Harga Miring, Diskon 1 ...

    Neverland Ranch atau biasa disebut Neverland milik mendiang Michael Jackson dilaporkan telah terjual seharga US$ 22 juta (sekitar Rp 311,6 miliar), yang ni

    on Dec 27, 2020
    Eddie Van Halen

    Anekdot Keren Kontribusi Eddie Van Halen Di Lagu Michael Jackson 'Beat...

    Eddie Van Halen tampil sepanggung bersama Michael Jackson membawakan lagu 'Beat It' dalam salah satu konser Victory Tour 1983. (Foto: Getty Images). Segala

    on Oct 10, 2020