×
×

Search in Mata Mata Musik

Nkisi, Artis Penyatu Hyper-Modern Club Sounds dan Afrocentric Ryhthms!

Posted on: 12/5/18 at 3:52 pm

Artis yang berbasis di London ini merilis album debutnya lewat label Lee Gamble, UIQ.

Oleh Jasmine Kent-Smith (Mixmag)

Sewaktu kecil, Melika Ngombe Kolongo menganggap dirinya sebagai seorang kutu buku. Dibesarkan di Belgia, artis dan DJ berdarah Kongo yang berbasis di London ini menemukan kesucian dalam mendengarkan musik sendiri.

“Saya selalu mendengarkan musik sendiri,” katanya. “Saya senang mendengarkan hip hop dan saya juga senang mendengarkan musik elektronik, tetapi yang menghubungkan semuanya adalah karena saya selalu lebih senang mendengarkan sisi yang lebih gelap dari semua genre.”

Dengan minat formatif terhadap bunyi yang lebih keras seperti gabba, trance dan techno Belgia yang gelap, “Saya merasa bunyi-bunyi itu dulu agak direndahkan!” ucapnya, dia baru sepenuhnya merangkul eklektisisme selera pribadinya, saat dia pindah ke London. “Di London saya menjadi percaya diri dengan semua hal berbeda yang saya senangi,” jelasnya. “Saya bisa membuat musik dan menyatukan semuanya dan rasanya seperti, Ini berhasil, ini adalah hal yang mungkin. Saya tidak punya latar belakang dalam membuat musik, jadi saya harus benar-benar mempercayai intuisi saya. Kebanyakan musik saya melibatkan pengulangan dan pemikiran tentang apa yang sebenarnya musik lakukan bagi tubuhmu.”

Kini berusia 32 tahun, selera luas Nkisi terlihat jelas dalam penampilannya seperti di EP Kill (2017), acara NTS Radio miliknya atau melalui karyanya dengan NON Worldwide. Didirikan oleh Nkisi bersama Angel-Ho dan Chino Amobi di 2015, NON Worldwide beroperasi sebagai label rekaman, proyek seni, dan jaringan sosial-politik yang memperjuangkan kelompok artis dan kreator yang terfokus pada diaspora Afrika. “Sangat menyenangkan memiliki lembaga NON ini karena saya selalu punya tempat untuk ide dan pemikiran bebas,” ucap Nkisi.

Menggabungkan bunyi tradisional dengan bunyi klub futuristik, beroktan tinggi dan perkusi Afrosentris yang rumit, ramuan Nkisi akan gaya dan tema yang berbeda dieksplorasi secara mendalam pada album debutnya 7 Directions, yang akan keluar di bulan Desember ini via label UIQ milik Lee Gamble. “Lee mendengar musik saya dan menghubungi saya, dan saya sebenarnya sudah sedang membentuk proyek ini,” ujarnya. “Momennya sangat tepat, dan sangat menyenangkan ketika dia dan seluruh tim benar-benar memahami ide dan konsep [album itu].”

Album berisi tujuh lagu ini didedikasikan untuk mendiang akademisi dan penulis buku African Cosmology of the Bantu-Kongo, Dr Kimbwandende Kia Bunseki Fu-Kiau. “Dia adalah salah satu dari sedikit cendikiawan yang menulis tentang sistem pemikiran lain selain cara melihat dunia dengan pandangan yang lebih Eurosentris,” jelasnya.

Namun 7 Directions terasa seperti wilayah yang segar bahkan untuk seorang Nkisi, karena dia terlibat dengan ketertarikannya dengan filsafat. “Arah yang paling penting untuk penyembuhan diri adalah berjalan ke dalam,” ucapnya; konsep spiritual dari ‘perjalanan ke tujuh arah’ menginspirasi judul album ini. “Saya merasa album ini benar-benar memaksa saya untuk melakukan itu, dan saya merasa seperti orang yang berubah.”

7 Directions dirilis pada 18 Januari mendatang via UIQ

Keterangan Foto Utama: Nkisi, artis dan DJ asal Kongo yang berbasis di London. (Foto via Mixmag)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

David Guetta

David Guetta Dikecam Atas Remix Pidato Martin Luther King Jr. Yang “...

David Guetta / United at Home - Fundraising Live from NYC. (Foto: YouTube). Sepertinya sekarang kita memiliki soundtrack yang sesuai untuk iklan Pepsi “ng

on Jun 2, 2020
Steve Aoki Tokimonsta Yaeji

10 DJ & Produser Yang Karier dan Musiknya Dipengaruhi Oleh Warisan Asi...

Steve Aoki, Tokimonsta, Yaeji. (Foto: kolase). Mei adalah bulan Asian Pacific American Heritage di Amerika Serikat (AS), oleh karena itu, untuk merayakan ke

on May 31, 2020
Likee Xiaomi.

Likee dan Xiaomi Kolab Hadirkan Online Live Music #MyHouseParty

- Likee dan Xiaomi mengadakan live music #MyHouseParty live music dengan menghadirkan DJ Internasional- Para pengguna Likee berkesempatan memenangkan Xiaomi Mi

on May 29, 2020
Major Lazer

Major Lazer Rilis Lagu 'Lay Your Head On Me' Versi Remix Lost Frequenc...

Major Lazer. Major Lazer kembali melepas karya baru untuk menggetarkan lantai dansa. Trio EDM yang terdiri dari sang Dj/produser Diplo, DJ Walshy Fire dan A

on May 27, 2020