×
×

Search in Mata Mata Musik

No Encore! Buku Tentang Aksi Panggung Gila Rocker Dunia

Posted on: 06/8/19 at 10:30 am

Dokumentasi wawancara Drew Fortune dengan para rocker dunia disusun ke dalam buku barunya ini.

Penulis Drew Fortune sudah meliput musik dan budaya pop untuk berbagai outlet media selama lebih dari satu dekade. Dia adalah kontributor untuk Vanity Fair, Rolling Stone, Esquire dan Vulture, dan tulisannya juga pernah diterbitkan antara lain di Cosmopolitan, Playboy, Spin dan Billboard.

Selama bertahun-tahun, dia sudah mendengar banyak cerita luar biasa tentang band yang menghadapi situasi yang tidak terpikirkan saat tampil. Dia lalu memutuskan untuk mendokumentasikan cerita-cerita itu, dengan mewawancarai para artis untuk buku barunya No Encore! Musicians Reveal Their Weirdest, Wildest, Most Embarrassing Gigs.

No Encore! Musicians Reveal Their Weirdest, Wildest, Most Embarrassing Gigs ditulis oleh Drew Fortune

“Saya selalu tertarik dengan hal-hal yang ekstrem,” kata Fortune. “Saya dulu suka menonton Behind the Music dari VH1, dan saya pikir di sanalah ide untuk No Encore! berasal. Saya ingin ada lebih banyak Behind the Music. Saya juga pernah bekerja sebagai keamanan di Echoplex, Los Angeles dan melihat banyak hal gila yang terjadi. Waktu itu, ada band metal dari Eropa yang menghancurkan kepala mereka dengan mikrofon, kemudian mengubur kepala mereka yang berdarah di mesin es kami di belakang panggung. Itu menyenangkan, karena suhu hari itu di atas 100 derajat (Fahrenheit), dan saya harus lari membawa es ke atas ke bar dari ruang bawah tanah setiap lima menit.”

Bahkan dengan latar belakang yang luas di bidang rock, Fortune mengaku dia “terus-terusan terhibur, kaget dan terkadang jijik” dengan kisah yang diceritakan musisi kepadanya untuk bukunya. Saat dipaksa menyebutkan kisah favoritnya, dia mengatakan, “Saya benar-benar menyukai ide membayangkan Dave Navarro secara sinematik menulis pesan dengan darah di jarum suntik, atau Mark Mothersbaugh, yang sedang mabuk PCP, di double date dengan Michael Jackson dan Andy Warhol di Studio 54.”

Salah satu cerita yang ditulis di buku ini adalah Zakk Wylde yang mengenang salah satu pertunjukan tergilanya. Sang gitaris pun sudah cukup banyak menyaksikan hal-hal gila—baik saat tur dengan Ozzy Osbourne atau menggawangi Black Label Society. Meski begitu, Wylde mengatakan, pertunjukan tergila yang pernah dia tampilkan justru bukan di acara festival atau klub; di pesta rumahan saat dia masih menginjak bangku SMA.

Rencananya No Encore! Musicians Reveal Their Weirdest, Wildest, Most Embarrassing Gigs akan terbit pada 16 Juli 2019. Untuk informasi lebih lanjut, dan detail pra-pesan buku, klik di sini.

Keterangan Foto Utama: No Encore! Musicians Reveal Their Weirdest, Wildest, Most Embarrassing Gigs akan terbit 16 Juli 2019. (Foto: Simon & Schuster)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Ozzy Osbourne

Ozzy Osbourne "Ordinary Man": Secercah Cahaya Dalam Kegelapan

Cover album Ordinary Man oleh Ozzy Osbourne. (Gambar: Epic Records). OZZY OSBOURNEOrdinary Man(2020, Epic/Sony) Oleh Dharma Samyayogi Fakta: Ozzy Osbo

on Feb 27, 2020