×
×

Search in Mata Mata Musik

Noname Respons Opini Ambigu J. Cole Lewat ‘Song 33’, Lagu Barunya

Posted on: 06/20/20 at 7:00 am

Noname.
Fatimah Warner Noname saat konser, Danforth Music Hall, Toronto, Ontario, Kanada, 3 Januari 2019. (Foto: Jeff Ross/Shutterstock).

Rapper aktivis Fatimah Warner a.k.a Noname telah merilis lagu solo pertamanya tahun ini. Berjudul ‘Song 33’, lagu itu merujuk pada pembunuhan tragis George Floyd dan aktivis gerakan Black Lives Matter Oluwatoyin Salau dan juga tampaknya membahas lagu baru J. Cole, ‘Snow on Tha Bluff’.

Pada single yang diproduksi produser hip-hop beken Madlib, rapper asal Chicago, AS itu membahas hilangnya Oluwatoyin Salau dan kematiannya. “A baby just 19/I know I dream all black/I seen her everything immortalized in tweets, all caps/They say they found her dead,” repet Noname. “One girl missing another one go missing/One girl missing another“.

Dengarkan lagu ‘Song 33’ di bawah ini.

Dalam verse lainnya Noname muncul untuk membahas lagu ‘Snow on Tha Bluff’, yang J. Cole baru saja rilis awal pekan ini. Di dalamnya, Noname membahas wacana Black Lives Matter baru-baru ini, yang memicu reaksi dari banyak orang yang percaya bahwa dia tampaknya mengkritik Noname, meskipun kedua rapper tidak menyebutkan nama satu sama lain dalam lagu-lagu mereka, dan bahwa opini yang dimaksud J. Cole salah diartikan.

Noname mengkritik kurangnya respons teman-teman sebayanya terhadap iklim perdebatan saat ini. Lagu J. Cole menjelaskan sudut pandangnya saat membaca media sosial seseorang yang dia sebut sebagai “jauh lebih pintar dariku” dan referensinya terhadap para selebriti, yang menurutnya mungkin merujuk kepadanya.

J. Cole nge-rap, “there’s something about queen tone that’s bothering me“. Setelah merilis lagu, Noname mencuit alias tweet, kemudian dihapus, sempat berkata “QUEEN TONE”. J. Cole juga mencuit bahwa dia setuju dengan isi lagunya sendiri dan juga menyuruh orang-orang untuk mengikuti dan menghormati Noname. “Aku mencintai dan menghormatinya sebagai pemimpin di masa-masa ini”.

He really bout to write about me/When the world is in smokes?,” ujar Noname dalam lagu barunya”. When it’s people in trees?/When George begging for his mother saying he couldn’t breathe/You thought to write about me?”.

J. Cole juga sempat menyebarkan lagu ‘Song 33’ Noname di Twitter setelah dia merilisnya pada hari Kamis lalu. Tampaknya tidak ada masalah yang serius, hanya perbedaan pendapat yang salah diartikan akibat dugaan-dugaan para netizen.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

21 Savage

21 Savage Luncurkan Program Edukasi Finansial Gratis Untuk Anak Sekola...

21 Savage. (Foto: via Getty/Mike Coppola/FilmMagic). Perihal krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, rapper berdarah dingin asal Atlanta, Amerika Serikat (A

on Jul 3, 2020
Ty Dolla $ign

Via 'Ego Death', Ty Dolla $ign Bersinergi Dengan Kanye West, Skrillex,...

"Ego Death" artwork (Ty Dolla $ign, Kanye West, FKA twigs, Skrillex). Musisi R&B Ty Dolla $ign telah mengumpulkan sekelompok artis dengan bakat yang gok

on Jul 3, 2020
Stepa J. Groggs

Rapper Stepa J. Groggs (Injury Reserve) Meninggal di Usia 32 Tahun

Stepa J. Groggs. (Foto: Taylor Hill/Getty Images for Governors Ball). Salah satu rapper dari Injury Reserve, Stepa J. Groggs telah meninggal dunia, menurut

on Jul 2, 2020
Adrian Khalif

Adrian Khalif Rilis Single 'Find Me' Sebagai Fase Berikutnya 'Embrace,...

Mengutip dari Kanye West: “My definition of success is not money, inspiring people is a definition of success”. Hal itu mungkin yang terus menginspiras

on Jul 1, 2020