×
×

Search in Mata Mata Musik

Noname Respons Opini Ambigu J. Cole Lewat ‘Song 33’, Lagu Barunya

Posted on: 06/20/20 at 7:00 am

Noname.
Fatimah Warner Noname saat konser, Danforth Music Hall, Toronto, Ontario, Kanada, 3 Januari 2019. (Foto: Jeff Ross/Shutterstock).

Rapper aktivis Fatimah Warner a.k.a Noname telah merilis lagu solo pertamanya tahun ini. Berjudul ‘Song 33’, lagu itu merujuk pada pembunuhan tragis George Floyd dan aktivis gerakan Black Lives Matter Oluwatoyin Salau dan juga tampaknya membahas lagu baru J. Cole, ‘Snow on Tha Bluff’.

Pada single yang diproduksi produser hip-hop beken Madlib, rapper asal Chicago, AS itu membahas hilangnya Oluwatoyin Salau dan kematiannya. “A baby just 19/I know I dream all black/I seen her everything immortalized in tweets, all caps/They say they found her dead,” repet Noname. “One girl missing another one go missing/One girl missing another“.

Dengarkan lagu ‘Song 33’ di bawah ini.

Dalam verse lainnya Noname muncul untuk membahas lagu ‘Snow on Tha Bluff’, yang J. Cole baru saja rilis awal pekan ini. Di dalamnya, Noname membahas wacana Black Lives Matter baru-baru ini, yang memicu reaksi dari banyak orang yang percaya bahwa dia tampaknya mengkritik Noname, meskipun kedua rapper tidak menyebutkan nama satu sama lain dalam lagu-lagu mereka, dan bahwa opini yang dimaksud J. Cole salah diartikan.

Noname mengkritik kurangnya respons teman-teman sebayanya terhadap iklim perdebatan saat ini. Lagu J. Cole menjelaskan sudut pandangnya saat membaca media sosial seseorang yang dia sebut sebagai “jauh lebih pintar dariku” dan referensinya terhadap para selebriti, yang menurutnya mungkin merujuk kepadanya.

J. Cole nge-rap, “there’s something about queen tone that’s bothering me“. Setelah merilis lagu, Noname mencuit alias tweet, kemudian dihapus, sempat berkata “QUEEN TONE”. J. Cole juga mencuit bahwa dia setuju dengan isi lagunya sendiri dan juga menyuruh orang-orang untuk mengikuti dan menghormati Noname. “Aku mencintai dan menghormatinya sebagai pemimpin di masa-masa ini”.

He really bout to write about me/When the world is in smokes?,” ujar Noname dalam lagu barunya”. When it’s people in trees?/When George begging for his mother saying he couldn’t breathe/You thought to write about me?”.

J. Cole juga sempat menyebarkan lagu ‘Song 33’ Noname di Twitter setelah dia merilisnya pada hari Kamis lalu. Tampaknya tidak ada masalah yang serius, hanya perbedaan pendapat yang salah diartikan akibat dugaan-dugaan para netizen.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Wiesa Tamin X Zoe Levana

    WTXZL: Wiesa Tamin X Zoe Levana Debutkan 'FRIENDS:)', Single Hip Hop C...

    Zoe Levana dan Wiesa Tamin. (Foto: dok. WTXZL). WTXZL merupakan nama inisial untuk kolaborasi "Wiesa Tamin X Zoe Levana" yang mewakili dua generasi pengusun

    on Mar 5, 2021
    Djenks

    Djenks & Barisan Lintas Genre Tampil Di Album Kompilasi Soundemic Vol....

    Seperti halnya menggarap sebuah album musik, membuat album kompilasi juga memiliki tantangan tersendiri. Apalagi jika konten album tersebut memuat banyak l

    on Mar 4, 2021
    Meek Mill

    Meek Mill Didamprat Janda Alm. Kobe Bryant Karena Lirik Lagunya Yang M...

    Vanessa dan Kobe Bryant (Foto: via Instagram/@vanessabryant) / Meek Mill. Vanessa Bryant, janda mendiang superstar bola basket Kobe Bryant, baru-baru ini me

    on Feb 24, 2021
    Sara Fajira

    Sara Fajira Awali 2021 Dengan Single R&B/Hip Hop 'Julite' Yang Spektak...

    Sara Fajira. (Foto: Kaio Entertainment). Nama Sara Fajira memang makin melejit setelah kesuksesan viral lagu 'Lathi' milik Weird Genius yang dinyanyikannya.

    on Feb 12, 2021