×
×

Search in Mata Mata Musik

Nostalgia Epik Konser 20 Tahun Bintang Lima DEWA 19 Di Bandung

Posted on: 02/16/20 at 12:36 pm

“20 Tahun Bintang Lima Tour 2020 DEWA 19 featuring Once Mekel | Dul Jaelani”

Hujan yang mengguyur kota Bandung sejak siang hingga malam pada hari Sabtu (15/2/2020) lalu sama sekali tidak menyurutkan antusiasme Baladewa yang tetap semangat untuk menyaksikan konser salah satu band terbaik di Indonesia, DEWA 19. Band rock yang sudah malang melintang di blantika musik Indonesia sejak 1986 ini membuktikan status legendarisnya pada malam itu.

Terlihat ribuan penonton telah rela antri memadati venue Trans Convention Centre di Trans Luxury Hotel, Bandung sejak sekitar jam 5 sore demi menyaksikan aksi panggung band pujaannya di konser bertajuk “20 Tahun Bintang Lima Tour 2020 DEWA 19 featuring Once Mekel | Dul Jaelani” yang di promotori oleh Otello Asia dan turut disponsori oleh Bank BJB serta didukung oleh online ticketing partner tiket.com.

Momentum spesial ini adalah bagian dari rangkaian tur konser yang telah disiapkan secara matang untuk memperingati 20 tahun album Bintang Lima, salah satu album paling fenomenal DEWA 19 yang dirilis tahun 2000 lalu. Tur “Bintang Lima 20th Anniversary” ini di-kick off di Bandung dan kota-kota berikutnya adalah Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan dan Makassar.

DEWA 19 telah meraih kesuksesan sepanjang dekade 1990-an dengan vokalis Ari Lasso dan dekade 2000-an dengan vokalis Once Mekel. Album yang mereka rilis nyaris selalu mendapat sambutan yang bagus dan positif di pasaran, bahkan album Bintang Lima merupakan salah satu album terlaris di Indonesia dengan penjualan hampir 2 juta kopi (era masih hanya rekaman fisik berupa CD dan kaset).

Baca juga: Baladewa, Tandai Kalendermu! DEWA 19 ’20 Tahun Bintang Lima Tour 2020′ Di 6 Kota

Di balik kesuksesan album Bintang Lima, rupanya ada kisah unik dari Ahmad Dhani. Pada saat konferensi pers di Jakarta pada Rabu (15/1/2020) siang lalu, ia bercerita bahwa sempat mimpi buruk dan tidak yakin dengan kemampuan bernyanyi Once Mekel. “Album Bintang Lima dibuat dengan ketakutan luar biasa, ini kita membuatnya tanpa Ari Lasso. Sampai saya mimpi, manggung dengan Once si penyanyi baru, begitu tampil penontonnya pulang semua,” ungkapnya.

Bahkan Ahmad Dhani tidak menyangka sebelumnya bahwa Bintang Lima merupakan album ‘titik balik’ karier DEWA 19 ‘Mark II’.
“Penentuan suksesnya Dewa 19 ada di album Bintang Lima. Apakah kita akan sukses atau nggak? Tahunya responsnya tinggi. Saya tuh sampai maksa Once untuk les vokal karena dulu dia sempat berhenti nyanyi selama lima setengah tahun,” imbuh pria berusia 49 tahun ini.

Formasi terakhir DEWA 19 adalah Ahmad Dhani (vokal, kibor), Yuke Sampurna (bass), Andra Junaidi (gitar), Once Mekel (vokal) dan Agung Yudha (dram) yang tampil di konser malam itu dan dibantu oleh putra kandung Ahmad Dhani, Dul Jaelani yang juga bermain kibor serta terdapat beberapa musisi untuk ‘brass section’ dan vokal latar perempuan.

“20 Tahun Bintang Lima Tour 2020 DEWA 19 featuring Once Mekel | Dul Jaelani”

Selama 2 jam para penonton sukses dihibur dengan hits nostalgia terbaik DEWA 19 yang dikemas dalam dua babak sequence konser yang berbeda dari konser-konser DEWA 19 sebelumnya dan berhasil membius ribuan Baladewa yang tidak berhenti untuk sing-along 22 lagu di sepanjang konser berlangsung.

Babak pertama diisi oleh DEWA 19 dengan menggeber set list campuran lagu hits mereka yang dibuka oleh ‘Arjuna Mencari Cinta’ yang langsung disambut histeria dan karaoke massal penonton. Once Mekel yang tampil cukup prima sekaligus sangat piawai menjadi host konser megah ini. Setelah itu digelontorkan lagu-lagu berikutnya secara mulus, dari ‘Angin’, ‘Dewi’, ‘Kosong’, ‘Pupus’, ‘Kangen’, ‘Mistikus Cinta’, hingga ‘Perempuan Paling Cantik di Negeriku Indonesia’.

“20 Tahun Bintang Lima Tour 2020 DEWA 19 featuring Once Mekel | Dul Jaelani”

Dalam beberapa lagu pertama, Ahmad Dhani sengaja tidak tampil. Setelah itu tiba-tiba muncul di layar LED besar wajah Ahmad Dhani yang menyanyikan lagu ‘Now I’m Here’ milik Queen sebelum akhirnya ia muncul ke panggung yang disambut sangat meriah. Inilah panggung perdana Ahmad Dhani bersama DEWA 19 setelah sekian lama vakum dan sempat ‘menginap di hotel prodeo’. Konser ini sekaligus mengobati kerinduan para Baladewa kepada sang komandan band dengan segudang hits ini. “Yeah, Now I’m Here!” lantun musisi jenius berkepala plontos ini. Bahkan ketika di sesi memperkenalkan (penyebutan lebih tepatnya, secara mereka tidak perlu diperkenalkan lagi) satu per satu musisi yang tampil di panggung, Once Mekel menyebutkan Ahmad Dhani sambil berkelakar, “Yak, inilah orang yang paling banyak menciptakan lagu hits di Indonesia, jumlah lagu hits-nya sebanyak sensasi yang dibuatnya…hahaha, Ahmad Dhani!”, yang disambut sorak sorai penonton sambil terkekeh.

“20 Tahun Bintang Lima Tour 2020 DEWA 19 featuring Once Mekel | Dul Jaelani” Ahmad Dhani

Setelah lebih dari setengah jam DEWA 19 mengguncang panggung, para penonton diajak rehat sejenak selama 15 menit. Setelah itu dimulailah babak kedua konser ini yang diisi dengan set list “Bintang Lima in its entirety”. Once dan seluruh personil band langsung menggebrak panggung kembali dengan membawakan lagu ‘Roman Picisan’, dan disusul ‘Dua Sejoli’, ‘Risalah Hati’, ‘Separuh Nafasku’, ‘Cemburu’, ‘Hidup Adalah Perjuangan’, ‘Aku Jatuh Cinta’, ‘Cinta Adalah Misteri’, dan ‘Sayap-Sayap Patah’.

“20 Tahun Bintang Lima Tour 2020 DEWA 19 featuring Once Mekel | Dul Jaelani” Andra & Yuke

Mungkin ini konser paling epik dari DEWA 19 yang dikonsep sangat menarik. Tata cahaya dan layar background LED besar yang begitu dinamis mengikuti tema tiap lagunya serta tata suara dari sound system yang menampar namun nyaman di telinga.

“20 Tahun Bintang Lima Tour 2020 DEWA 19 featuring Once Mekel | Dul Jaelani”

Dan konser itu pun ditutup secara epik oleh nomor legendaris dari salah satu band yang paling influential bagi para personil DEWA 19, yaitu Queen. Dengan latar video Freddie Mercury dan kawan-kawan, lantas berkumandanglah ‘Radio Gaga’ yang dibawakan DEWA 19 dengan apik. Lagu Queen yang kembali populer di kalangan millenial sejak kesuksesan film biopik Bohemian Rhapsody itu sukses menyihir penonton malam itu. Once Mekel dan personil DEWA 19 pun berhasil memandu penonton untuk bertepuk tangan di udara secara kompak mengikuti bagian refrain-nya. Asli, ‘Goosebump’!

Baca juga: Menanti ‘Comeback’ Ahmad Dhani di Dewa 19

“Terima kasih, sampai jumpa lagi bersama kami, DEWA 19!” ucap Once Mekel pamit ke penonton bersama seluruh personil band.

“20 Tahun Bintang Lima Tour 2020 DEWA 19 featuring Once Mekel | Dul Jaelani”

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi
Foto-foto: Helmi Sugara Promotions, Yusak Anugerah

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Dewa 19

    Dewa 19 X Pamungkas, Kolaborasi Dua Generasi Yang Inter-Simpatik

    Dewa 19 telah menjadi contoh band legendaris yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Yang membuat Ahmad Dhani dkk tetap relevan di sepanjang kari

    on Jul 2, 2021
    Blow Up

    Mari Kita Sambut Blow Up: Konspirasi Rock Pas Band, Dewa 19, Purpose, ...

    Blow Up. (Foto: dok. Blow Up). Empat musisi dari band rock yang berperan penting pada genre spesifiknya masing-masing, berkonspirasi untuk mengibarkan bende

    on Jan 28, 2021
    Dul Jaelani

    Tepat Di HUT Ke-20, Dul Jaelani Rilis 'Sang Pemuja', EP Perdana Yang R...

    Dul Jaelani. Tanggal 23 Agustus 2020 merupakan momentum yang tepat untuk merilis karya terbaru musisi muda yang sudah nggak asing lagi, Dul Jaelani, salah s

    on Aug 24, 2020
    Once Mekel

    Once Mekel Dedikasikan Single 'Musisi' Untuk Perjuangan Semua Musisi I...

    Once Mekel. Vokalis Dewa 19 "Mark II" yang juga memiliki karya solo, Once Mekel kini kembali hadir dan merilis sebuah lagu berjudul 'Musisi' yang pada tahun

    on Jul 29, 2020