×
×

Search in Mata Mata Musik

Obvurt, Band Death Metal Kanada Konser Edukasi Pada Anak-Anak SD

Posted on: 07/2/21 at 4:00 pm

Obvurt, Band Death Metal Kanada Konser Edukasi Pada Anak-Anak SD
Obvurt saat konser di depan anak-anak SD (Foto: via YouTube).

Obvurt, band death metal kelahiran Quebec, Kanada, membuat gebrakan yang tidak umum. Pasalnya, mereka tampil live secara spesial untuk siswa-siswi sekolah dasar di kota asal mereka Quebec. Dan band ini telah menayangkan seluruh pertunjukannya itu di YouTube. Lo bisa tonton di ujung artikel ini, bray.

Baca juga: Once Human Muntahkan Single Groove-Brutal ‘Deadlock’ Fitur Rob Flynn

Siapa bilang death metal itu menakutkan? Yah kebanyakan sih memang demikian bagi orang awam, terutama bagi anak-anak kecil. Namun Obvurt merupakan eksepsional. Band ini menggelar konser tanpa pangung, hanya berdiri di atas aspal taman bermain sekolah dan menggeber musik ekstrem dan brutal tanpa filter suara. Hal mengejutkannya, anak-anak yang menonton aksi mereka nampak suka. Mereka dengan gembira melompat dan menari bersama, mengikuti beat-beat headbanging lagu-lagu Obvurt.

Pertanyaan sederhana yang muncul sudah pasti adalah, bagaimana konser ini bisa terjadi? Kok pihak sekolah bisa mengizinkan sebuah band ekstrem tampil di depan anak-anak kecil? Justru ide untuk konser mini ini berasal dari fakultas sekolah tersebut. Sang vokalis merangkap gitaris Obvurt Philippe Drouin yang juga seorang guru musik menjelaskannya dalam siaran pers.

“Guru pendidikan jasmani dan kepala sekolah itu memperkenalkan ide ini kepada gue,” kata Drouin. “Dia sedang memikirkan pesta untuk merayakan akhir tahun ajaran dengan mengadakan pertunjukan di halaman belakang sekolah tempat gue mengajar musik. Dia tahu tentang perilisan (album Obvurt) The Beginning pada tanggal 31 Maret dan memikirkan ide untuk menghidupkan The Beginning di halaman belakang sekolah”.

Selain Philippe Drouin, Obvurt yang berformasi trio ini memiliki dua awak lagi, yakni Olivier Pinard (bass), dan Samuel Santiago (dram).

Guru Musik Sekolah dan Gitaris ‘Lefty’

Penampilan Obvurt bahkan lebih menakjubkan setelah mengetahui Drouin adalah seorang gitaris ‘lefty’. Musisi metal yang menjabat sebagai instruktur musik di sekolah tersebut, pernah mengalami kecelakaan mobil yang serius pada tahun 2016 yang membuatnya tidak bisa bermain gitar dengan tangan kanan. Dengan bantuan tutorial gitaris virtuoso Michael Angelo Batio dan latihan giat selama bertahun-tahun, Drouin dapat mempelajari kembali gitar dengan tangan kiri. Bahkan permainan gitarnya terbilang cukup ‘berbahaya’. Tidak heran, ilmu yang dimiliki Drouin bermanfaat bagi profesi utamanya di bidang pekerjaan esensial tersebut.

“Awalnya gue enggak yakin, itu aneh bagi gue,” kata Drouin tentang pertunjukan di halaman sekolah. “Tetapi semua anak tahu tentang fakta bahwa gue beralih ke tangan kiri dan merilis sebuah album sebelum pandemi dimulai. Pertunjukan itu menjadi kejutan besar ketika anak-anak yang mengenali musisi dan logo Obvurt di amplifier. Anak-anak sangat menikmati pertunjukan, yang sangat menginspirasi kami dan kami senang merilis video pertunjukan yang unik ini”.

Kanada adalah salah satu dari negara “maju” di dunia dengan pola pikir sebagian besar masyarakatnya yang demikian. Terutama para tenaga kerja pendidikan yang membuat edukasi seni musik kepada anak-anak dengan genre seluas-luasnya, tanpa pembatasan dan pelarangan. Sama halnya edukasi seks yang diperkenalkan sejak usia dini, pengenalan musik ekstrem metal seperti death metal juga tidak kalah penting. Bahwa, ada loh musik yang sekencang ini, yang juga menuntut skill mumpuni, tidak asal-asalan. Dengan edukasi seperti itu, para orang tua pun mengizinkan anak-anaknya bermain musik apa saja yang mereka suka. Teknik permainan cepat seperti gitar downstroke atau dram blast beat memang sudah sepatutnya masuk kurikulum pendidikan musik.

Album Obvurt Dirilis Oleh Label Rekaman Indonesia

Dan satu hal yang tidak kalah menakjubkan lagi, mini album perdana Obvurt The Beginning dirilis oleh Brutal Mind, indie label spesialis death metal berbasis Jakarta, Indonesia. Pada 31 Maret 2021, Brutal Mind merilis EP band pengusung technical death metal ini dalam format CD dan digital. Serta tersedia merchandise-nya seperti t-shirt dan hoodie. Kami sangat merekomendasikan kalian untuk mendapatkannya segera melalui situs web Brutal Mind.

Baca juga: Carcass Umumkan Album Baru “Torn Arteries” dan Rilis Single Utamanya

Sementara itu, selamat menyaksikan video pertunjukan Obvurt di depan anak-anak SD yang unik di bawah ini.

Lo juga bisa stream secara lengkap album Obvurt The Beginning di bawah ini.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Ed Sheeran bad habbits

    Ed Sheeran Enggak Nolak Bikin Album Death Metal, Suka Cradle Of Filth

    Ed Sheeran di dalam video klip 'Bad Habits' (Foto: via YouTube). Ed Sheeran, sang bintang pop beken kebangsaan Inggris yang mengcover lagu metal terdengar s

    on Jul 15, 2021
    Obscura 2021

    Obscura Bakar Semangat Fans Via 'Solaris' Untuk Album "A Valediction"

    Obscura (Foto: Vincent Grundke). Obscura meluncurkan konsep trilogi di album barunya yang memukau, A Valediction. Album studio keenam sekaligus yang pertama

    on Jul 3, 2021
    Carcass

    Carcass Umumkan Album Baru "Torn Arteries" dan Rilis Single Utamanya

    Carcass 2021 (Foto: Hannah Verbeuren/dok. Nuclear Blast). Carcass telah mengumumkan album studio ketujuh mereka yang telah lama ditunggu-tunggu, Torn Arteri

    on Jun 18, 2021
    Stevi Item & Isyana Sarasvati

    Stevi Item & Isyana Sarasvati Wujudkan Proyek Lanjutan "DeadSyana"

    Isyana Sarasvati dan Stevi Item mempromosikan t-shirt Deadsyana (Foto: Instagram/Deadsquad.official). Stevi Item, sebagai pendiri dan motor utama DeadSquad

    on May 10, 2021