×
×

Search in Mata Mata Musik

Olivia Newton-John Mendapat Gelar 'Dame' Dari Ratu Inggris

Posted on: 12/29/19 at 1:58 pm

Olivia Newton-John Mendapat Gelar 'Dame' Dari Ratu Inggris

Meski sudah 40 tahun lalu sejak Olivia Newton-John menyanyikan lagu ‘You’re The One I Want’ dan ‘Summer Nights’ bersama John Travolta dalam film musikal Grease, namun sampai hari ini kita masih tetap mengingatnya. Salah satu lagu pop nostalgia terbaik. Generasi milenial juga harus tahu, hehe.

Video klip ‘You’re The One I Want’ dari film produksi tahun 1978, Grease.

Saat ini Olivia Newton-John telah diakui dalam New Year’s Honours pada 27 Desember dengan menyandang gelar ‘Dame’. Dame adalah gelar terhormat untuk wanita dari Kerajaan Inggris.

Nama lengkap barunya adalah Dame Olivia Newton-John, AC, DBE, tetapi huruf pasca-nominal “AC” berasal dari Companion of the Order of Australia, yang dianugerahinya pada Juni 2019.

Wanita berusia 71 tahun ini mengepalai daftar tokoh bisnis hiburan yang harus dihormati oleh Ratu Inggris yang meliputi produser film Sam Mendes dan Steve McQueen, aktris Wendy Craig, presenter TV Floella Benjamin, dramer Queen Roger Taylor dan penyanyi Billy Ocean.

Berbicara tentang penghargaannya untuk layanan amal dan hiburan, Dame Olivia mengatakan dia ‘bersyukur melebihi kata-kata’.

Penyanyi itu, yang lahir di Cambridge tetapi telah menghabiskan sebagian besar hidupnya di Australia, mengatakan kehormatan itu telah membuatnya bangga dengan akar bahasa Inggrisnya.

“Saya sangat senang, terhormat dan berterima kasih melebihi kata-kata untuk dimasukkan dengan kelompok wanita terhormat yang telah menerima penghargaan terhormat ini sebelum saya. Saya sangat bangga dengan leluhur Inggris saya dan sangat menghargai untuk diakui dengan cara ini”.

Dame Olivia, cucu fisikawan pemenang Hadiah Nobel, Max Born, pindah ke Australia ketika dia berusia enam tahun setelah ayahnya Wilfred, mantan perwira MI5 yang bekerja pada proyek Enigma, menjadi profesor di Universitas Melbourne.

Dia naik ke ketenaran sebagai penyanyi di dekade 70-an, meluncurkan karirnya di Inggris dan mewakili Inggris di Kontes Lagu Eurovision. Dia memiliki tiga singel nomor satu di Inggris dan menjual lebih dari 100 juta album. Tetapi puncak karirnya terjadi pada tahun 1978 ketika dia membintangi Sandy sebagai lawan main John Travolta di Grease, salah satu film paling sukses yang pernah ada.

Olivia Newton-John Mendapat Gelar 'Dame' Dari Ratu Inggris

Dame Olivia telah mendedikasikan sebagian besar hidupnya untuk kesadaran penyakit kanker. Penyanyi dan aktris Grease ini tetap positif meskipun sakit, dan ia telah bekerja sama dengan organisasi Dancers Against Cancer untuk membantu mengumpulkan uang bagi orang lain yang terkena dampak penyakit ini.

Dia pertama kali didiagnosis menderita kanker payudara pada tahun 1992 – pada akhir pekan yang sama ketika ayahnya meninggal – dan kemudian menjalani kemoterapi dan mastektomi.

Pada 2013, aktris itu mengetahui bahwa dia menderita kanker di bahunya. Membuka tentang pertarungan terbarunya melawan kanker di Sunday Night TV Australia, dia berkata: “Saya akan berbohong jika saya mengatakan saya tidak pernah [menjadi takut]. Ada saat-saat, saya manusia. Jika saya membiarkan diri saya pergi ke sana, saya bisa dengan mudah membuat ketakutan besar itu. Tetapi suamiku selalu ada di sana, dan dia ada di sana untuk mendukungku. Aku yakin aku akan menang darinya. Itulah tujuanku”.

Mata Mata Musik's Newsletter