×
×

Search in Mata Mata Musik

Onomastika Rilis Video Musik ‘Bukan Pelacur’ Ode Untuk Kaum Terstigma Sosial

Posted on: 09/29/20 at 4:15 pm

Onomastika Rilis Video Musik 'Bukan Pelacur' Ode Untuk Kaum Terstigma Sosial
Onomastika.

Pandemi melanda nyaris di semua bidang termasuk scene musik. Panggung-panggung menjadi kosong tanpa performa musisi. Namun  bagaimanapun proses kreatif nggak boleh mati.

Di tahun keduanya bermusik, Onomastika memiliki cara lain untuk memperingati hari pertama kali naik panggung pada 29 September 2018 dengan meliris video musik lagu ‘Bukan Pelacur’ hasil kolaborasi bersama Sinema Pinggiran.

Baca juga: ‘Perempuan Mati Di Bawah Jembatan’ Dirilis Ulang Oleh Yab Sarpote

Lagu ‘Bukan Pelacur’ ciptaan Rafie Cakradara yang dirilis awal November 2019 ini menarik perhatian Allan Soebakir sebagai Sutradara. Menggandeng Ega Puja Bangsa sebagai pemeran, pengambilan gambar dilakukan di kota Batam, Kepulauan Riau. Setelah ‘Hujan Pertama’ dan ‘Hening’, lagu ‘Bukan Pelacur’ ini adalah lagu ketiga Onomastika yang memiliki video musik.

Ketika ditanya perihal ketertarikannya untuk memproduksi karya Onomastika, Allan Soebakir mengatakan bahwa ‘Pelacur’ adalah kata umpatan yang menghakimi, biasa dilakukan oleh orang yang merasa suci terhadap orang yang dipandangnya kotor dan penuh dosa.

“Dalam video ini, Ega Puja Bangsa melakukan perfomance bagaimana seorang waria menikmati pasang surut malamnya. Mungkin salah satu cara untuk membalas umpatan tersebut ya dengan cara seperti waria di video ini, nikmati hidup dan cuma kita sendiri yang tahu cara menikmatinya, persetan dengan cacian karena urusan keyakinan urusan kita sama Tuhan,” kata Allan Soebakir menjelaskan.

Bersama Sinema Pinggiran, Allan Soebakir sudah dikenal sebagai Sutradara yang telah membuat ratusan video musik. Lagu-lagu dari musisi besar pun pernah digarap oleh kolektif Sinema Pinggiran di antaranya seperti judul Suci Maksimal – Jason Ranti, Negeri Ngeri – Marjinal, Hidup Hanya Sekali – White Shoes & The Couples Company, Nyanyian Pagi – Iksan Skuter, dan masih banyak lagi.

Seperti gagasan yang melatar belakangi Allan Soebakir mengenai keyakinan dalam video musik ini, selama perjalanan bermusiknya, Onomastika tetap konsisten menunjukkan keberadaan dirinya secara sederhana dan berbeda di tempat asalnya, Gresik. Baik melalui lagu-lagu hingga pembawaan dirinya. Seakan mengajak siapa saja untuk berani menjadi berbeda, meski akan ada saja yang kontra, namun hal terpentingnya adalah menikmati dan menerima apa yang dimilikinya. Karena penolakan dari lingkungan terhadap kelompok yang berbeda masih banyak terjadi di sekitar kita; kepada ‘pekerja malam’ bahkan Transpuan salah satunya.

Baca juga: Duo Folk Pop Rasukma Rilis Album Perdana Berjudul ‘Inti Bumi’

Video musik ‘Bukan Pelacur’ akan rilis di kanal YouTube “Onomastika Musik” sejak 29 September 2020 pukul 20.00 WIB. Video musik ini diharapkan dapat menjadi cermin bagi siapa saja. Sebelumnya, lagu ‘Bukan Pelacur’ pun menjadi Lagu Tema film pendek berjudul Salah Melihat Jalan Surga yang diproduksi oleh komunitas Gresik Movie tahun 2019 yang lalu.

Ok, inilah video musik ‘Bukan Pelacur’!

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Arfa

Arfa Patahkan Stereotip Via 'Holy', Single Tentang Jenis Cinta Yang Le...

Arfa. Setelah sukses merilis single debutnya, 'Next Flight', Arfa kembali hadir dengan single berjudul 'Holy' pada hari Jum'at, 16 Oktober. Terinspirasi dar

on Oct 19, 2020
Lana Del Rey

Lana Del Rey Rilis ‘Let Me Love You Like a Woman’, Single Dari Alb...

Lana Del Rey. (Foto: via Instagram Lana Del Rey). Penyanyi cantik bersuara sensual dan stoner, Lana Del Rey telah merilis lagu terbarunya yang berjudul ‘L

on Oct 17, 2020
Paruhwaktu

Trio Pop Paruhwaktu Ungkap Perasaan Yang Sulit Diungkap Via MV 'Alexit...

Paruhwaktu. Seringkali kita merasa sulit untuk sekedar menggerakkan bibir, padahal otak kita sedang liar-liarnya dalam menciptakan skenario tentang kalimat

on Oct 16, 2020
Satmore

Ungkapan Ikhlas Melalui Single Ketiga Satmore, 'I Will Be Fine' Yang P...

Satmore (sebelumnya bernama Blackpepper) adalah band Pop Jazz kelahiran Bandung yang dibentuk pada 1 November 2014, dari aktivitas ekstra kulikuler musik d

on Oct 14, 2020