×
×

Search in Mata Mata Musik

Pabrik Vinyl Terbesar Di Dunia Justru Cetak Rekor Penjualan Selama Pandemi

Posted on: 02/18/21 at 11:00 am

Pabrik Vinyl Terbesar Di Dunia Justru Cetak Rekor Penjualan Selama Pandemi
Petr Rakosnik, pemilik toko rekaman musik sedang menyortir vinyl di tokonya yang tutup di tengah pandemi Covid-19 di Praha, Republik Ceko, 17 Februari 2021. (Foto: REUTERS / David W Cerny).

Penjualan album rekaman fisik memang sempat terjerembab ke dalam jurang sejak kehadiran musik digital. Namun beberapa tahun kemudian secara perlahan tapi pasti, CD, Kaset, Vinyl mulai menggeliat dan secara kontinyu berusaha dilestarikan oleh para pecinta dan pegiatnya, salah satu contoh gamblangnya adalah kompaknya gelaran tahunan Record Store Day di seluruh dunia. Dan anehnya, industri musik yang termasuk terkena dampak dahsyat pandemi Covid-19 karena pelarangan konser, vinyl (piringan hitam) justru terlihat makin diminati, bahkan mengalami peningkatan penjualan yang signifikan.

Baca juga: Bandcamp Perluas Layanan ‘Vinyl Pressing’ Untuk Akomodir 10.000 Artis Indie

Michael Kahn dari Reuters di Praha, Republik Ceko melaporkan bahwa para pencinta musik yang sudah sangat “haus” ingin menikmati pertunjukan live selama pandemi Covid-19 justru banyak yang beralih pada konsumsi rekaman-rekaman vinyl. Dengan lebih banyak orang yang menghabiskan waktu sehari-harinya di rumah telah memicu ledakan pembelian vinyl yang mendorong GZ Media, pabrik pembuat vinyl terbesar di dunia ini meraih penjualan dan keuntungan tahunan terbaiknya di kala ekonomi paceklik.

Seorang karyawan bekerja di GZ Media, Lodenice, Republik Ceko, 16 Februari 2021. (Foto: REUTERS / David W Cerny).

Menurut Michal Sterba, Chief Executive dari GZ Media, yang telah mencetak rekor penjualannya, mulai dari album superstar global Lady Gaga hingga band punk independen Cock Sparrer mengalami lonjakan penjualan hingga 11% dan meraup 4 miliar crown (US$ 187 juta atau sekitar Rp 2,6 triliun) dan mengirimkan sebanyak 38 juta kopi selama tahun 2020.

“Itu adalah tahun rekor,” kata Michal kepada Reuters saat melakukan tur pabrik GZ Media sekitar 20 km (12,4 mil) di luar Praha di mana perusahaannya ini telah menjalani bisnis pencetakan rekaman musik sejak tahun 1951. Michal berharap pendapatan perusahaannya melonjak menjadi 4,7 miliar crown pada tahun 2021.

GZ Media di Lodenice, Republik Ceko, 16 Februari 2021. (Foto: REUTERS / David W Cerny).

Surplus GZ Media ini seiring dengan kebangkitan vinyl selama dekade terakhir terlepas dari popularitas dan akses instan media digital dan situs streaming yang mudah digunakan seperti iTunes dan Spotify.

GZ Media juga mengoperasikan pabrik pencetakan vinyl-nya di Amerika Utara.

GZ Media di Lodenice, Republik Ceko, 16 Februari 2021. (Foto: REUTERS / David W Cerny).

“Banyak orang mulai membeli perangkat sistem audio mereka sendiri dan mulai membeli vinyl… mungkin karena mereka tinggal di rumah dan enggak punya banyak pilihan lain seperti konser, pub dan bar,” kata Sterba, saat bekerja dengan memakai sarung tangan putih sambil memindahkan vinyl yang baru saja dicap ke dalam kotak untuk didinginkan sebelum dikemas.

“Padahal sebelumnya, penjualan GZ Media menurun pada awal penutupan awal tahun lalu, namun permintaan melonjak di paruh kedua tahun itu,” imbuh Sterba.

“Saat ini vinyl bergerak dari “ceruk” pasar para kolektor musik, pecinta musik dan audiophile ke basis konsumen yang lebih luas yang mewakili generasi muda yang menemukan jalan mereka ke vinyl,” kata Sterba mencoba menganalisa.

GZ Media di Lodenice, Republik Ceko, 16 Februari 2021. (Foto: REUTERS / David W Cerny).

Sementara, di Amerika Serikat (AS), yang merupakan pasar vinyl terbesar di dunia, tercatat sebanyak 27,5 juta vinyl telah terjual selama tahun 2020, naik 46% dari tahun 2019, menurut perusahaan data konsumen dan pasar yang berbasis di Jerman, Statista.

Perusahaan data penjualan musik MRC mengatakan 51 album terjual setidaknya 50.000 kopi di AS, naik dari hanya 23 pada tahun 2019 dengan album seperti Harry Styles Fine Line yang terlaris tahun ini dengan penjualan mencapai 232.000 kopi.

“Membeli vinyl seperti membeli barang antik,” kata Petr Rakosnik, pemilik toko rekaman musik di Praha. “Vinyl memiliki suara yang luar biasa”.

Seorang karyawan bekerja di pabrik rekaman vinyl GZ Media di tengah pandemi Covid-19 di Lodenice, Republik Ceko, 16 Februari 2021. (Foto: REUTERS / David W Cerny).

“GZ Media juga memproduksi CD, DVD, dan beragam kemasan album, tetapi vinyl menggerakkan sekitar 65% dari pendapatan perusahaan ini,” kata Sterba saat di pabrik yang mempekerjakan 1.800 orang karyawan ini.

“Dengan suara yang lebih bagus dan lebar, dan nilai artistik sampul album serta kemasannya yang sangat collectible menjadi suatu kemampuan untuk berkontribusi pada daya tarik emosional yang berkembang untuk vinyl,” ujar DJ lokal Praha, Jiri Holubec.

Baca juga: Vinyl Revival: Akhirnya Mengalahkan Penjualan CD Sejak 34 Tahun Silam Di AS

“Saat saya mengambil album Charlie Parker rilisan tahun 1950-an, saya bisa melihat dan merasakan musiknya dibuat secara fisik di sana,” pungkas Holubec.

Suasana pengepakan vinyl di GZ Media, Lodenice, Republik Ceko, 16 Februari 2021. (Foto: REUTERS / David W Cerny).

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Rock

    Rock Sudah Mati? Kecuali BTS, 10 Best Selling Album 2021 Adalah Rock!

    Lunchbox Records di Charlotte, North Carolina, AS, 29 Juli 2018 (Foto: Luke Taylor/MPR). Rock is dead? Rock sudah mati? Jadi ingat pernyataan Gene Simmons t

    on Jul 28, 2021
    Arsip Musik Indonesia

    Arsip Musik Indonesia Lawas Diselamatkan RRI Dengan Restorasi Audio

    Pataka Swahara Sanja, music director RRI Surabaya, melakukan pemilihan dan restorasi lagu-lagu zaman dahulu untuk dapat diputar kembali dengan sistem modern. (

    on Mar 11, 2021
    Bandcamp

    Bandcamp Perluas Layanan 'Vinyl Pressing' Untuk Akomodir 10.000 Artis ...

    Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, tahun lalu Bandcamp membuat banyak artis indie bahagia dengan mengumpulkan dana sebesar US$ 40 juta (sektiar Rp

    on Jan 15, 2021
    Vinyl Revival

    Vinyl Revival: Akhirnya Mengalahkan Penjualan CD Sejak 34 Tahun Silam ...

    Foto: Andrey Danilovich/Getty Images/iStockphoto. Setelah vinyl sempat lama punah digantikan oleh CD dan kemudian semua album rekaman fisik tersebut tergeru

    on Sep 11, 2020