×
×

Search in Mata Mata Musik

Pamela Hutchinson, Penyanyi Trio R&B The Emotions, Meninggal Dunia

Posted on: 09/22/20 at 7:30 am

Pamela Hutchinson, Penyanyi Trio R&B The Emotions, Meninggal Dunia
Pamela Hutchinson. (Foto: via CNN).

Pamela Hutchinson, salah satu anggota dari trio R&B legendaris The Emotions, meninggal dunia pada hari Jum’at, 18 September lalu di usia 61 tahun. Sebuah postingan di halaman Facebook The Emotions mengkonfirmasi berita duka tersebut pada hari Minggu lalu.

Baca juga: Penyanyi Soul dan R&B Legendaris Betty Wright Tutup Usia

“Dalam kenangan yang penuh cinta, dengan sangat sedih kami mengumumkan meninggalnya saudara perempuan kami, Pamela Rose Hutchinson,” tulis postingan tersebut. “Pam dikalahkan oleh tantangan kesehatan yang telah dia perjuangkan selama beberapa tahun. Sekarang saudari kita yang cantik akan bernyanyi di antara para malaikat di surga dengan sangat damai”.

Saudara perempuan Pamela Hutchinson, yakni Wanda, Jeanette, dan Sheila mulai menyanyikan musik gospel dengan nama Hutchinson Sunbeams di awal tahun 1960-an. Namun, pada akhir dekade itu, mereka memutuskan untuk membuat musik soul dan disko sebagai The Emotions dan merilis album debut tahun 1969 mereka yang diproduseri oleh Isaac Hayes/David Porter, So I Can Love You.

Grup cewek yang berbasis di Chicago, AS ini mulai tenar pada awal tahun 1970-an. Tapi ketenaran awal itu nggak seberapa dibandingkan dengan kesuksesan mainstream yang mereka capai beberapa tahun kemudian ketika Pamela Hutchinson akhirnya ikut memperkokoh formasi The Emotions, menggantikan salah satu saudara perempuannya, Jeanette, di mana trio yang baru terbentuk itu mulai bekerja sama dengan Maurice White dari Earth, Wind & Fire.

Album tahun 1976 The Emotions, Flowers memuncak di No. 5 pada chart Top R&B Album Billboard dan akhirnya disertifikasi emas. Namun, single tahun 1977 mereka ‘Best of My Love’ adalah lagu yang akhirnya membuat The Emotions benar-benar terkenal, dan menjadi lagu garapan Pamela Hitchinson yang paling dikenal hingga saat ini. Lagu itu mencapai posisi No. 1 di chart Pop dan R&B Billboard dan memenangkan piala Grammy untuk kategori Best R&B Vocal Performance By A Duo, Group, Or Chorus.

Baca juga: Charlie Wilson Jadi Artis Pertama Pemimpin Chart R&B Billboard di Tiga Dekade

Sampai sekarang, lagu ‘Best of My Love’ telah dijadikan sample oleh sejumlah musisi hip-hop beken seperti Kanye West, 50 Cent, LL Cool J, Killer Mike, Big Daddy Kane, dan banyak lagi.

The Emotions kemudian mencetak lagu hit besar lainnya pada tahun 1979 bersama Earth, Wind & Fire dengan lagu kolaborasi mereka, ‘Boogie Wonderland’, yang menggiring mereka masuk ke nominasi Grammy untuk kategori Best Disco Recroding.

Selain Earth, Wind & Fire, The Emotions juga pernah bekolaborasi dengan Nancy Wilson, Smokey Robinson, LL Cool J, dan Snoop Dogg.

Selamat jalan, Oma Pamela Hutchinson, rest in peace.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Sara Fajira

    Sara Fajira Awali 2021 Dengan Single R&B/Hip Hop 'Julite' Yang Spektak...

    Sara Fajira. (Foto: Kaio Entertainment). Nama Sara Fajira memang makin melejit setelah kesuksesan viral lagu 'Lathi' milik Weird Genius yang dinyanyikannya.

    on Feb 12, 2021
    Dycall wtih chicks

    Rapper Muda Dycal Lepas Single 'Gue Udah Muak' Setelah Muak Diselingku...

    Dycal Siahaan atau yang akrab disapa Dycal, dikenal sebagai seorang Rapper sekaligus YouTuber yang sedang digandrungi anak muda ja

    on Dec 24, 2020
    Grace Sahertian

    Berkolaborasi Dengan 60 Netizen, Grace Sahertian Rilis MV Single 'Hone...

    Grace Sahertian. Setelah merilis single ketiganya yang berjudul 'Honestunes' pada tanggal 10 Juli 2020 lalu, pada tanggal 18 Desember 2020 ini Grace Sa

    on Dec 21, 2020
    Whitney Houston

    Naomi Ackie Perani Whitney Houston Di Film Biopik "I Wanna Dance With ...

    Naomi Ackie (kiri) dan Whitney Houston (kanan). (Foto: Getty Images). Film biopik Whitney Houston produksi Sony/TriStar yang akan datang, I Wanna Dance with

    on Dec 16, 2020