×
×

Search in Mata Mata Musik

Pandemi Nggak Hentikan Glorious Friends Tampil Di Dua Festival Ska Internasional

Posted on: 11/22/20 at 11:00 am

Pandemi Nggak Hentikan Glorious Friends Tampil Di Dua Festival Ska Internasional
Glorious Friends.

Mengusung musik ska dan reggae dengan khas anak muda Indonesia, Glorious Friends kembali mengejutkan pencinta musik Indonesia. Setelah di bulan September 2019 mereka meluncurkan album pertamanya, dan melakukan tur di beberapa tempat kini di akhir 2020 mereka berpartisipasi di dua event internasional.

Baca juga: Sixtet Ska Asal Cirebon Jamessteady Kembali Dengan EP “Riot City Rockers”

Bergelut di scene pada tahun 2014, Glorious Friends adalah salah satu band reguler yang mengisi waktu luang para personilnya. Di perjalanannya band ini juga sudah beberapa kali mengganti namanya sebelum akhirnya resmi menjadi Glorious Friends di 2016. Selain itu Glorious Friends sering sekali berganti-ganti personil dan datang-pergi. Hingga hari ini tersisa Risko dan Monica Yurike yang tetap menjalankan band ini.

Monica Yurike.

Membaca dari kutipan wawancara Glorious Friends dengan satu media perusahaan ternama dan rilisan profil mereka di tahun 2019, mereka sering mengeluarkan kata tentang harapan mereka untuk mendunia. Mungkin sangat muluk untuk band baru seperti Glorious Friends, tetapi band ini mengucapkan langkah awalnya hanya untuk memperkenalkan karya mereka pada pada dunia.

Di tengah pandemi Covid–19 yang nggak diketahui ujungnya, Glorious Friends tiba–tiba muncul menjadi salah satu line-up di Asian SKA Festival di antara 6 band dari Indonesia dan perwakilan lainnya seperti SKASTRA, Denny Frust, The Glow, Braves Boy, Blangkon Haji. Event Asian SKA Festival nggak hanya diikuti band dari benua Asia namun juga ada sedikit band Eropa yang ikut serta dan event ini disuguhkan secara live streaming di YouTube Asian SKA Community pada 31 Oktober 2020.

Asian SKA Festival.

“Ya hal yang membuat saya dan teman-teman sangat terkejut ketika kami dikontak via Instagram, kami diajak untuk berpartisipasi di Asia SKA Festival. Info yang sangat menyenangkan, dan nggak menyangka saja mereka ingin mengikut sertakan kami, padahal kami juga nggak kenal satu sama lain dengan penyelenggara atau orang di dalam Asian SKA Community,” ungkap Ardi pemain trompet Glorious Friends.

Di perjalanan tahun 2020 yang dilanda pandemi Covid–19 ini mereka sangat bersyukur masih bisa bergerak untuk progres dengan event–event sedemikian rupa, nggak hanya di sekitar kota Malang saja. Seenggaknya yang dijalani Glorious Friends sendiri bisa tercapai dan dan bisa menjadi contoh di era modern ini, sangat bisa disyukuri bisa mewakili Indonesia dan juga kota Malang.

“Mungkin kemaren sebelum kami merilis album pertama kami yang berjudul Titik Terang, kami hanya bisa berharap dengan doa dan selain usaha kami untuk melangkah sejauh apa? Kami juga nggak tahu. Mungkin berkhayal yang positif bisa menjadi satu hal yang membahagiakan kami. Ya kami juga nggak tahu kenapa doa kami mendunia yang sangat aneh dan lucu bisa terjadi di tengah krisis pandemi ini,” kata Monica Yurike, sang vokalis.

Nggak cukup sampai di situ, tawaran panggung luar negeri kembali datang dari Peru SKA Festival, dan Glorious Friends menjadi satu–satunya perwakilan dari Indoneia. Event ini nantinya diselenggarakan pada 29 November 2020 di kanal YouTube Peru SKA Festival. Banyak band dari berbagai negara Amerika dan Eropa yang masuk dalam line-up, seperti dari Amerika Serikat, Inggris, Meksiko, Chili, Kanada, Polandia dan juga beberapa band dari Asia seperti Hongkong, dan Jepang.

Peru SKA Festival.

Mungkin perjalanan ini langkah awal untuk Glorious Friends menggapai doanya satu per satu. Dengan formasi band yang terdiri dari Monica Yurike (vokal), Ardi (trompet), Rizco (trombone), Risky Gobel (gitar), dan Iren Back (vokal), mereka memiliki ikatan batin yang kuat bersama timnya untuk ke depannya.

Baca juga: Pionir Skacore Waiting Room Hidup Kembali Via Reissue Album Debutnya

Simak video musik lagu ‘Kemarin’ dan ‘Walk Through’ dari album Titik Terang… selamat ber-skanking ria bersama Glorious Friends.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Jamessteady ska

Sixtet Ska Asal Cirebon Jamessteady Kembali Dengan EP "Riot City Rocke...

Jamessteady. Jamessteady, nama yang nggak asing bagi penggemar musik ska, reggae maupun rock steady. Tumbuh dari scene musik reggae di kota Cirebon, Jamesst

on Nov 21, 2020
Ayuenstar

Mantan Idol 2018, Ayuenstar Jadi Diri Sendiri Via 'Swagger', Single Hi...

Ayuenstar. Banyak penyanyi hebat Indonesia lahir dari berbagai ajang pencarian bakat di televisi. Mereka hadir dengan talenta dan ciri khas mereka masing-ma

on Nov 18, 2020
Saykoji

Lewat 'SideHustle', Saykoji Gaet Iwa K & Ras Muhamad Sebarkan Spirit O...

Persatuan hip-hop dan reggae (ki-ka): Iwan K, Saykoji, Ras Muhamad. Pandemi mengubah jalan pikiran semua orang, mau nggak mau survival adalah hal utama yang

on Oct 11, 2020
Waiting Room

Pionir Skacore Waiting Room Hidup Kembali Via Reissue Album Debutnya

Waiting Room circa 1998. (Foto: via Facebook/Waiting Room). Band veteran pengusung skacore (kombinasi ska, punk rock dan hardcore), Waiting Room telah meril

on Sep 30, 2020