×
×

Search in Mata Mata Musik

PAS Band ‘Sesungguhnya’, Single Baru Setelah 12 Tahun Resesi

Posted on: 11/27/20 at 2:00 pm

PAS Band 'Sesungguhnya', Single Baru Setelah 12 Tahun Resesi
Pas Band. (Foto: via Facebook/Pas Band).

Penantian para Passer (sebutan fans Pas Band) selama 12 tahun akhirnya terwujudkan melalui single baru Pas Band yang berjudul ‘Sesungguhnya’. Band alternative rock legendaris kelahiran Bandung ini merilis single tersebut berbarengan dengan MV (Music Video)-nya pada 27 November 2020 melalui VMC Music Indonesia. Jarak yang cukup panjang dari album studio terakhir mereka, Romantic… Lies… and Bleeding (2008).

Baca juga: Che Cupumanik & Robi Navicula Rilis ‘Jiwa Yang Berani’ Untuk Rock Memberontak

Pas Band dikenal sebagai salah satu pionir dan ikon gerakan indie label yang lahir dan besar di scene musik underground Bandung pada 1989. Musik rock yang mereka usung memang terbilang unik, karena mereka sukses menyampur aduk berbagai elemen genre, dari hip hop, punk rock, funk hingga heavy metal, walau terdapat beberapa lagu balada. Maka, nggak sedikit yang menjuluki mereka sebagai “Faith No More-nya Indonesia” walau musik Pas Band tetap memiliki sound khas sendiri.

Seperti yang lo lihat, formasi Pas Band terdiri dari 5 orang yang terdiri dari Yukie (vokal), BengBeng (gitar), Trisno (bass) dan dua orang dramer, yakni Sandy Andarusman dan Richard Mutter. Banyak yang bertanya kenapa bisa memakai dua dramer, padahal satu saja cukup. Berawal ketika dramer orisinil Pas Band, Richard yang mengundurkan diri pada 1999 setelah tampil di 4 album pertama, yakni Four Through The Sap (1993), In (No) Sensation (1995), IndieVduality (1997), Psycho I.D (1998). Kemudian doi digantikan oleh Sandy, yang sebelumnya dikenal melalui band rock U’Camp. Pada 2014, Pas Band reunian dengan Richard, ternyata Richard ingin bergabung lagi, ya sudah, dua dramer, sesimpel itu.

Sosok Yukie pun terlihat berubah, terlihat dari penampilannya yang agamis, dan memang terlihat kontras dengan penampilan personil lainnya. Namun itulah bukti kedewasaan Pas Band yang bisa menghargai perbedaan, karena hubungan kimiawi di antara mereka sudah terlalu kuat karena lima orang ini adalah adik-kakak dari orang tua yang berbeda saja.

Baca juga: Kuartet Alt-Metal OMNI Beri Semangat Optimisme Via Single Terbaru, ‘SURRENDER’

Ok, mari kita dengarkan lagu terbaru Pas Band, ‘Sesungguhnya’. Lagunya memang nggak garang seperti dulu… tapi vokalnya Yukie membuat rasa Pas Band yang ikonik begitu terasa dan bisa melepas kerinduan para Passer se-Nusantara.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Ash-Shur

Gypsy Rocker Ash-Shur Rilis Album Debut Sebagai Pelengkap Kekacauan 20...

Ash-Shur. Band asal kota kembang pengusung genre gypsy rock bernama Ash-Shur ini memberanikan diri untuk merilis album debutnya yang bertajuk Beware of Cosm

on Dec 27, 2020
Weezer

Rivers Cuomo Menjual Lebih Dari 2.000 Demo Weezer Yang Belum Pernah Di...

Rivers Cuomo (Weezer). (Foto: Ben Kaye). Tahun ini album baru Weezer yang diberi judul Van Weezer memang belum dirilis, itu artinya tahun depan dirilisnya.

on Dec 9, 2020
Alice in Chains

Alice In Chains Diberi Tribute Oleh Metallica, Korn, Eddie Vedder Di A...

Pada Selasa (1 Desember) malam lalu, Alice in Chains mendapatkan penghargaan sebagai penerima Founders Award 2020 dari Museum of Pop Culture (MoPop). Ba

on Dec 7, 2020
Nova Abdillah

Solois Alt-Rock Nova Abdillah Lepas Single 'Lost' Sebagai Kontemplasi ...

Nova Abdillah. Kabar baik datang dari scene musik Yogyakarta, suatu kontemplasi akhir tahun tentang keterbatasan ruang gerak pada masa pandemi dari seorang

on Dec 3, 2020