×
×

Search in Mata Mata Musik

Paul McCartney & Ringo Starr Rekam Lagu John Lennon

Posted on: 09/16/19 at 11:00 am

“Grow Old With Me” menandai materi terbaru dari personil The Beatles yang tersisa.

Baca Juga: Paul McCartney Nyebur ke Dunia Teater Musikal

Sir Paul McCartney dan Sir Ringo Starr bertemu kembali di studio rekaman merekam versi cover dari lagu yang ditulis John Lennon di tahun terakhir hidupnya. Materi ini menandai kolaborasi terbaru dari dua personil The Beatles yang tersisa dan berusaha menyatukan kembali talenta musik ‘The Fab Four,’ karena bagian dari lagu George Harrison juga direkam ulang dalam lagu ini.

Lennon menulis “Grow Old With Me” selama sesi rekaman Double Fantasy, album terakhir yang dibuatnya sebelum dia ditembak mati di luar apartemennya di Manhattan pada Desember 1980.

Ringo Starr mengaku tidak tahu kalau Lennon sempat merekam versi demo lagu ini sampai dia mendengarnya dari produser rekaman Jack Douglas, yang memproduseri Double Fantasy, yang ditulis John Lennon bersama dengan Yoko Ono.

“Jack bertanya apakah saya pernah mendengar The Bermuda Tapes, demo John dari waktu itu,” kata Starr. “Dan saya tidak pernah mendengar semua ini sebelumnya … Saya sangat suka lagu ini. Saya menyanyikannya sebaik yang saya bisa. Saya menitikkan air mata saat saya memikirkan John sedalam ini. Dan saya sudah melakukan yang terbaik. Kami sudah melakukan yang terbaik.

“Hal baik lainnya adalah saya benar-benar ingin Paul bermain di dalamnya dan dia setuju. Paul datang dan dia memainkan bass dan bernyanyi sedikit di lagu ini dengan saya.”

Starr menambahkan, “Jadi, secara tidak langsung ada John di lagu ini. Saya dan Paul juga ada di sini. Ini bukan aksi publisitas. Inilah yang saya inginkan. Dan strings yang diaransemen Jack untuk lagu ini, kalau kamu benar-benar mendengarkan, ada satu baris dari ‘Here Comes the Sun’ [dari Harrison]. Jadi secara tidak langsung, lagu ini adalah dari kami berempat.”

Baca Juga: Lagu Eksperimental Terbaru Paul McCartney!

Harrison meninggal karena kanker paru-paru di 2001. McCartney dan Starr sudah bekerja sama dalam sejumlah rekaman sejak The Beatles bubar di 1970, termasuk album terakhir Starr, Give More Love.

Lagu ini, yang direkam di studio rumahan milik Starr, hadir di What’s My Name, album solonya yang ke-20, yang juga menampilkan beberapa kontributor langganan dan personil band turnya, All-Starr Band. Album ini akan dirilis pada Oktober mendatang.

“Ini adalah sebuah fakta yang mengejutkan,” kata Mark Lewisohn terkait rekaman tersebut. “Buku-buku yang ada selalu mengatakan mereka tahu Abbey Road adalah album terakhir mereka dan mereka ingin berakhir dengan kesuksesan artistik yang besar. Tapi tidak—mereka mendiskusikan album berikutnya. Dan kamu pikir John adalah orang yang ingin membubarkan band tapi, ketika kamu mendengar ini, dia tidak begitu. Apakah itu tidak mengubah hampir semua hal yang kita pikir kita sudah tahu?”

Keterangan Foto Utama: Ringo Starr dan Paul McCartney sudah bekerja sama dalam sejumlah rekaman sejak The Beatles bubar di 1970. (Foto: Neil Hall/Reuters)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Album Klasik

    14 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas banget! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya

    on Jun 9, 2021
    The Beatles

    The Beatles: 13 Urutan Peringkat Album Dari Terburuk Hingga Terbaik

    Jujur saja, judul artikel ini mengandung clickbait yang sedikit misleading. Di mana letak misleading-nya? Pemakaian diksi "Terburuk". Karena dari 13 album

    on Mar 20, 2021
    Beatallica

    Beatallica, Band Unik Tribute The Beatles & Metallica Kembali Siapkan ...

    Beatallica. (Foto: via Metal Assault Records). The Beatles bisa dibilang adalah band rock terhebat sepanjang masa, dan Metallica adalah band metal terbesar

    on Jan 20, 2021
    Phil Spector

    Phil Spector, Produser Rekaman Legendaris Inventor "Wall of Sound" Tut...

    Phil Spector. (Foto: via CoS). Phil Spector, produser rekaman Amerika Serikat pionir dan inventor "wall of sound" dalam genre pop, yang hidupnya berakhir di

    on Jan 17, 2021