×
×

Search in Mata Mata Musik

Paul McCartney Ungkap Lagu Paling Favoritnya Sepanjang Masa

Posted on: 04/20/20 at 6:30 am

Paul McCartney.
Paul McCartney. (Foto: SkyNews).

Paul McCartney telah ditanya beberapa kali tentang musik yang paling berarti baginya dan pada tahun 2007 lalu, sang musisi legendaris ini telah mengungkapkan lagu yang paling menyentuh di hatinya. Agak mengherankan ya, karena Paul McCartney tidak memilih lagu apapun oleh The Beatles tetapi sebaliknya oleh sang rekan sesama pionir musik era 1960-an, The Beach Boys.

Salah satu album rilisan The Beach Boys, Pet Sounds, tidak diragukan lagi sangat setara dengan berbagai album yang telah dibuat oleh Paul McCartney bersama The Beatles sebagai suara khas dari tahun 1960-an yang akan terus membentuk tidak hanya musik, tetapi budaya global secara keseluruhan selama beberapa dekade ke depannya.

Ada satu lagu yang paling menonjol bagi Paul McCartney dari album tahun 1966 itu yang nyaris sempurna dan itu adalah ‘God Only Knows’ yang sebelumnya sering dibicarakan oleh sang ikon musik Inggris itu dalam berbagai sesi wawancara.

Berbicara pada tahun 2007 lalu, selain memiliki kesempatan untuk menampilkan lagu klasik The Beach Boys itu bersama Brian Wilson yang merupakan momen yang sulit dipercaya bahkan untuk seorang mantan personil The Beatles, Paul McCartney mengatakan bahwa: “‘God Only Knows’ adalah salah satu dari beberapa lagu yang membuat aku menangis setiap saat aku mendengarnya. Ini benar-benar hanya sebuah lagu cinta yang dieksekusi secara gemilang. Itu menunjukkan kejeniusan Brian”.

Paul McCartney terus membanjiri lagu itu dengan pujian dan berbagi koneksi pribadinya dengan lagu tersebut, “Aku benar-benar menampilkannya dengan dia dan aku takut untuk mengatakan bahwa selama soundcheck aku sempat nangis. Rasanya terlalu berat untuk berdiri di sana dan menyanyikan lagu ini dengan Brian”.

Pada tahun 1990, saat melakukan tur di Jepang, Paul McCartney berbicara panjang lebar dalam sebuah wawancara dengan David Leaf tentang cintanya kepada album Pet Sounds di mana dia mengungkapkan kenangan apa saja yang dia miliki ketika pertama kali menemukan The Beach Boys dan bagaimana album itu telah mengubah segalanya:

“Album-album awal mereka… Aku menyadari mereka sebagai sebuah grup musik, dan aku suka semua itu, tetapi aku belum terlalu tertarik kepadanya — itu hanya suara yang sangat bagus. Kami dulu mengagumi nyanyian, vokal falsetto mereka yang tinggi dan jenis lirik yang sangat ‘California’. Kemudian… album Pet Sounds-lah yang membuat aku sangat kaget. Pertama-tama, itu karena tulisan lirik Brian. Aku sangat menyukai album ini. Aku baru saja membelikan album itu kepada masing-masing anakku untuk pendidikan mereka dalam kehidupan — menurutku tidak ada yang telah teredukasi secara musik sampai mereka telah mendengar album ini. Aku sangat cinta dengan gaya penulisan dan lagu-lagunya”.

Paul McCartney juga membahas bagaimana album itu telah memengaruhinya ketika membuat lagu ‘Here, There and Everywhere’, dengan mengungkapkan: “Sebenarnya hanya bagian introduksinya saja yang terinspirasi… John Lennon dan aku dulu tertarik dengan apa yang dulu disebut oleh para penulis zaman dulu sebagai verse, yang kami saat ini sebut sebagai intro… seluruh pembukaan ini untuk sebuah lagu dan aku ingin memiliki salah satu dari mereka di bagian depan lagu ‘Here, There and Everywhere’”.

Paul McCartney kemudian menambahkan: “John Lennon dan aku cukup menyukai lagu-lagu jaman dulu yang memiliki metode seperti itu, dan aku memasukkan itu (sambil bernyanyi “To lead a better life”) di bagian depan lagu ‘Here, There and Everywhere’, kami sedang membentuk berbagai harmoni, dan inspirasi untuk itu adalah dari The Beach Boys. Kami memiliki itu dalam pikiran kami selama bagian pembuka lagu itu”.

“Aku yakin jika bukan karena aku yang memberi tahu, semua orang tidak akan menyadarinya, tapi kita sering melakukan itu, mendapatkan inspirasi dari seorang atau berbagai artis yang benar-benar kamu sukai dan menyimpannya di pikiranmu ketika kamu sedang merekam sesuatu, untuk memberikanmu inspirasi dan arahan… hampir selalu, itu akhirnya terdengar lebih seperti kita daripada mereka”.

Dalam sebuah wawancara terpisah di channel YouTube milik sang legenda The Rolling Stones, Ronnie Wood pada tahun 2013, Paul McCartney juga berbicara mengenai lagu tersebut, dengan menyatakan: “Brian Wilson membuktikan dirinya sebagai komposer yang benar-benar luar biasa dan aku sedang tertarik dengan kord dan harmoni pada waktu itu dan kami berakhir dalam semacam persaingan”.

Dia kemudian menambahkan: “Kami dulu mengeluarkan lagu maka Brian akan mendengarnya lalu dan melakukan satu lagu lainnya, yang sebenarnya ya bagus. Itu seperti aku dan John Lennon, kalian akan mencoba untuk selalu mengungguli satu sama lain. Brian akhirnya keluar dengan lagu ‘God Only Knows’ di Pet Sounds, aku hanya berpikir bahwa itu lagu yang bagus, lagu itu punya melodi, harmoni, kata-kata, itu hanya lagu yang sangat hebat dan aku suka itu”.

Dengarkan Paul McCartney saat menampilkan lagu kesayangannya dengan Brian Wilson di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Beatles

    The Beatles: 13 Urutan Peringkat Album Dari Terburuk Hingga Terbaik

    Jujur saja, judul artikel ini mengandung clickbait yang sedikit misleading. Di mana letak misleading-nya? Pemakaian diksi "Terburuk". Karena dari 13 album

    on Mar 20, 2021
    Mary McCartney

    Putri Paul McCartney, Mary Menjadi Narator Film Dokumenter "Abbey Road...

    Mary McCarthy. (Foto: Grace Guppy via Instagram/@grace.guppy). Pada 1931, Gramophone Company membuka studio rekaman di kompleks hunian Georgia di Abbey Road

    on Jan 13, 2021
    The Beatles

    Beginilah Serunya Klip Footage Pertama Film Dokumenter The Beatles: Ge...

    Sutradara beken di balik film-film Box Office seperti Lord of the Rings, Peter Jackson telah meluncurkan video "sneak peek" pertama untuk film dokumenter b

    on Dec 22, 2020
    Paul McCartney

    Paul McCartney, Dave Grohl dan Musisi Lainnya Kolab Live Kumpulkan Dan...

    Paul McCartney, Dave Grohl, Preservation Hall Jazz Band. (Foto: YouTube). Paul McCartney telah bekerja sama dengan Preservation Hall Jazz Band untuk menampi

    on Jun 24, 2020