×
×

Search in Mata Mata Musik

Pearl Jam Beri Ancaman Ke Band Tribute Pearl Jam Asal Inggris Supaya Ganti Nama

Posted on: 01/21/21 at 11:00 am

Pearl Jam Beri Ancaman Ke Band Tribute Pearl Jam Asal Inggris Supaya Ganti Nama
Pearl Jamm, band tribute to Pearl Jam asal Inggris. (Foto: Facebook/Legal Jam).

Band tribute Pearl Jam asal Inggris, Pearl Jamm telah mengubah namanya menjadi Legal Jam setelah menerima surat ancaman dari pengacara Pearl Jam. Surat gencatan dan penghentian tersebut menuduh band tribute tersebut “merusak merek Pearl Jam dan menyebabkan kebingungan” di antara para penggemar band grunge legendaris asal Seattle, Amerika Serikat (AS) itu.

Baca juga: Performa Konser Akustik Pearl Jam ‘MTV Unplugged 1992’ Yang Ikonik

Pada hari Rabu, 20 Januari, Pearl Jamm mengeluarkan pernyataan berikut:

Sebuah nama tidak mendefinisikan kami. Kami melakukan apa yang kami lakukan karena cinta dan rasa hormat kepada Pearl Jam.

Kami selalu jelas bahwa kami akan ‘Menyerah’ pada tuntutan Pearl Jam dan sama jelasnya bahwa kekecewaan kami hanya pada waktu dan cara di mana tuntutan tersebut dibuat.

Kami dengan bangga mengumumkan nama baru kami: ‘LEGAL JAM’ yang menurut kami cocok dan di mana kami akan terus menampilkan musik Pearl Jam dengan cara yang paling tulus dan otentik.

Kami berharap dapat terhubung kembali dengan penggemar kami sendiri (dan tribute lainnya) yang telah begitu mendukung melalui ini serta menyambut penggemar baru yang telah bergabung dengan kami selama seminggu terakhir, segera setelah kami kembali ke jalan.

Bassis Legal Jam, Richard Gaya mengatakan kepada Louder bahwa mereka enggak pernah keberatan dengan perubahan nama atas permintaan Pearl Jam, tetapi mereka terkejut dengan sikap kasar dari pihak band yang dikomandani Eddie Vedder ini menuntut band Inggris yang memuja mereka.

Pearl Jam telah mengetahui tentang kami selama bertahun-tahun,” kata Gaya. “Mereka telah menghubungi kami secara khusus tentang pertunjukan Borderline 2018 dan belum pernah menyuarakan keprihatinan apa pun, tetapi mereka menunggu pandemi global untuk menghubungi kami, dan mereka melakukannya melalui surat pengacara yang agresif, ketimbang menghubungi kami secara pribadi.

Mereka baru-baru ini mengganti manajer mereka. Kami enggak tahu apakah itu relevan, tetapi kami telah diberitahu dalam beberapa kesempatan – kami memilikinya secara tertulis – bahwa anggota band sadar dan telah menyetujui band ini.

Pearl Jam berperang melawan Ticketmaster, mereka berperang melawan Trump, jika kamu melihat lirik lagu mereka, mereka anti-bunuh diri, mereka telah berbicara tentang kekerasan dalam rumah tangga, mereka telah berbicara tentang kebrutalan polisi, semua masalah sosial ini dan sekarang tiba-tiba semuanya – oh ngomong-ngomong, ini surat resmi. Ini sangat enggak sesuai dengan Pearl Jam, dan menurut gue dari sanalah kemarahan itu berasal.

Karena nama band tribute sering kali merupakan permainan kata dari nama artis aslinya, yang merupakan merek dagang terdaftar federal yang berharga, menggunakan nama yang mirip dan menukar nama, merek, gambar, dan reputasi dari band asli dapat dianggap sebagai pelanggaran merek dagang.

Baca juga: Alice In Chains Diberi Tribute Oleh Metallica, Korn, Eddie Vedder Di Acara Amal

Pada tahun 2010, pengacara Universal Music di Swedia dilaporkan mengirimkan pemberitahuan hukum kepada lebih dari lima belas band tribute ABBA yang menuntut mereka berhenti menukar nama “ABBA”. Setahun sebelumnya, band tribute Bon Jovi yang semua personilnya cewek bernama Blonde Jovi dihubungi oleh pengacara band hard rock asal New Jersey, AS itu yang bersikeras bahwa band tribute tersebut telah mengurangi nilai merek kliennya dan menciptakan “potensi kebingungan” antara kedua band tersebut, dan oleh karena itu menuntut mereka segera berhenti menggunakan nama itu.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Dave Grohl

    Dave Grohl Merespons Gugatan Model Bayi Sampul Nirvana "Nevermind"

    Nirvana Nevermind (Foto: dok. DGC Records) / Dave Grohl (Foto: Amy Harris). Dave Grohl telah bereaksi terhadap gugatan yang diajukan terhadap Nirvana oleh S

    on Oct 5, 2021
    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021
    Nirvana

    Nirvana "Nevermind" 30th Anniversary Deluxe Edition Siap Diluncurkan

    Sampul Album Nevermind 30th Deluxe Edition. Pada 24 September, beberapa hari lalu bertepatan dengan peringatan 30 tahun momentum dirilisnya album Nevermind

    on Sep 27, 2021
    Eddie Jerome Vedder

    Eddie Vedder Merilis 'Long Way', Single Dari Album Solo Mendatang

    Eddie Vedder (Foto: Danny Clinch). Edward Louis Severson III atau yang lebih familiar dikenal dengan nama Eddie Vedder, pentolan salah satu dedengkot grunge

    on Sep 8, 2021