×
×

Search in Mata Mata Musik

Pearl Jam Peringatkan Bencana Iklim Bareng Greta Thunberg Di Video ‘Retrograde’

Posted on: 05/16/20 at 6:00 am

Eddie Vedder & Greta Thunberg.
Eddie Vedder (Foto: Danny Clinch), Greta Thunberg (Twitter).

Pearl Jam telah merilis video lagu ‘Retrograde’ dari album Gigaton yang dirilis pada 27 Maret lalu. Pendekar Seattle Grunge ini sebelumnya merilis promo teaser video yang disutradarai oleh Josh Wakely tersebut dan sekarang telah terungkap bahwa videonya menampilkan sang aktivis iklim cilik asal Swedia, Greta Thunberg.

Baca juga: Album ‘Gigaton’ Pearl Jam Debut Di No. 1 Tangga Lagu Album Rock Billboard

Video baru Pearl Jam yang berkonsep animasi ini menampilkan seorang pria yang mengunjungi seorang peramal, dan ketika dia menatap bola kristalnya, dia disajikan dengan berbagai cuplikan gletser yang mencair menjadi sungai es dan banjir mengerikan yang menghancurkan kota Manhattan, Paris, Seattle dan London, sementara kebakaran hutan menyapu seluruh negara Australia. Peramal itu kemudian terungkap, ternyata Greta Thunberg. Sedangkan para personil Pearl Jam muncul di video sebagai deretan kartu tarot.

Saat berbicara kepada Variety, sang sutradara Josh Wakely mengungkapkan bahwa video ini awalnya dimaksudkan untuk direkam dalam bentuk live action atau aksi langsung, tetapi rencana itu berubah setelah masa lockdown Covid-19 atau virus Corona dimulai. Akhirnya diputuskan menjadi video animasi.

Josh Wakely mengatakan: “Sesuatu yang telah Pearl Jam lakukan dengan sangat baik selama 30 tahun adalah berbicara jujur ​​tentang kekuasaan dan menggugah kesadaran dengan peringatan. Beberapa lagu lainnya dari album Gigaton sangat terhubung kepadaku, tetapi lagu yang ini membuatku tidak bisa tidur di malam hari”.

Dan mengenai keterlibatan Greta Thunberg, Josh Wakely mengatakan bahwa dia mengambil footage yang sudah ada dari sang gadis berusia 17 tahun itu dengan izinnya dan kemudian dengan paksa menempel wajahnya ke wajah seorang aktor yang berperan sebagai peramal.

Josh Wakely menjelaskan: “Dia tidak pernah harus akting sama sekali, tetapi dia memberikan emosi itu yang aku cari. Itu sangat menyenangkan untuk bisa melihat email di kotak masukku darinya (Greta Thunberg) yang mengatakan bahwa dia menyukainya”.

Baca juga: Pearl Jam Rilis ‘Gigaton’, Silakan Dengarkan Album Playlist-nya Di Sini!

‘Retrograde’ merupakan lanjutan dari deretan lagu ‘Dance Of The Clairvoyants’, ‘Superblood Wolfmoon’, dan ‘Quick Escape’ dari album Gigaton yang telah dirilis videonya satu per satu.

Yuk sekarang kita tonton video ‘Retrograde’ di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Kurt Cobain

    Kurt Cobain Diyakini Banyak Penggemar Dibunuh, FBI Rilis Berkasnya

    Biro Penyelidik Federal (FBI) merilis berkas 10 halaman berisi surat dari penggemar yang mendesak penyelidikan kasus kematian pentolan Nirvana, Kurt Cobain

    on May 9, 2021
    Red Hot Chili Peppers

    Red Hot Chili Peppers Jual Katalog Lagunya Ke Hipgnosis Rp 1,4 Triliun

    Red Hot Chili Peppers. (Foto: Getty Images). Red Hot Chili Peppers menjadi artis baru yang bergabung di klub "Jual Putus Katalog Gegara Pandemi". Band funk

    on May 4, 2021
    Mike McCready Fender

    Fender Luncurkan Gitar Stratocaster Signature Mike McCready (Pearl Jam...

    Mike McCready (Pearl Jam). (Foto: Lior Phillips / Fender Custom Shop Mike McCready Stratocaster. (Foto: Fender). Fender Custom Shop berkolaborasi dengan Mik

    on Apr 8, 2021
    Soundgarden Vs Vicky Cornell

    Soundgarden Tuduh Vicky Cornell Mengunci Semua Akun Medsos Band

    Soundgarden (Foto: Kevin Winter) / Vicky Cornell (Foto: Frederick M. Brown). Drama hukum antara Soundgarden dan Vicky Cornell semakin ricuh. Para legenda gr

    on Apr 3, 2021