×
×

Search in Mata Mata Musik

Pearl Jam Peringatkan Bencana Iklim Bareng Greta Thunberg Di Video ‘Retrograde’

Posted on: 05/16/20 at 6:00 am

Eddie Vedder & Greta Thunberg.
Eddie Vedder (Foto: Danny Clinch), Greta Thunberg (Twitter).

Pearl Jam telah merilis video lagu ‘Retrograde’ dari album Gigaton yang dirilis pada 27 Maret lalu. Pendekar Seattle Grunge ini sebelumnya merilis promo teaser video yang disutradarai oleh Josh Wakely tersebut dan sekarang telah terungkap bahwa videonya menampilkan sang aktivis iklim cilik asal Swedia, Greta Thunberg.

Baca juga: Album ‘Gigaton’ Pearl Jam Debut Di No. 1 Tangga Lagu Album Rock Billboard

Video baru Pearl Jam yang berkonsep animasi ini menampilkan seorang pria yang mengunjungi seorang peramal, dan ketika dia menatap bola kristalnya, dia disajikan dengan berbagai cuplikan gletser yang mencair menjadi sungai es dan banjir mengerikan yang menghancurkan kota Manhattan, Paris, Seattle dan London, sementara kebakaran hutan menyapu seluruh negara Australia. Peramal itu kemudian terungkap, ternyata Greta Thunberg. Sedangkan para personil Pearl Jam muncul di video sebagai deretan kartu tarot.

Saat berbicara kepada Variety, sang sutradara Josh Wakely mengungkapkan bahwa video ini awalnya dimaksudkan untuk direkam dalam bentuk live action atau aksi langsung, tetapi rencana itu berubah setelah masa lockdown Covid-19 atau virus Corona dimulai. Akhirnya diputuskan menjadi video animasi.

Josh Wakely mengatakan: “Sesuatu yang telah Pearl Jam lakukan dengan sangat baik selama 30 tahun adalah berbicara jujur ​​tentang kekuasaan dan menggugah kesadaran dengan peringatan. Beberapa lagu lainnya dari album Gigaton sangat terhubung kepadaku, tetapi lagu yang ini membuatku tidak bisa tidur di malam hari”.

Dan mengenai keterlibatan Greta Thunberg, Josh Wakely mengatakan bahwa dia mengambil footage yang sudah ada dari sang gadis berusia 17 tahun itu dengan izinnya dan kemudian dengan paksa menempel wajahnya ke wajah seorang aktor yang berperan sebagai peramal.

Josh Wakely menjelaskan: “Dia tidak pernah harus akting sama sekali, tetapi dia memberikan emosi itu yang aku cari. Itu sangat menyenangkan untuk bisa melihat email di kotak masukku darinya (Greta Thunberg) yang mengatakan bahwa dia menyukainya”.

Baca juga: Pearl Jam Rilis ‘Gigaton’, Silakan Dengarkan Album Playlist-nya Di Sini!

‘Retrograde’ merupakan lanjutan dari deretan lagu ‘Dance Of The Clairvoyants’, ‘Superblood Wolfmoon’, dan ‘Quick Escape’ dari album Gigaton yang telah dirilis videonya satu per satu.

Yuk sekarang kita tonton video ‘Retrograde’ di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Dave Grohl

    Dave Grohl Merespons Gugatan Model Bayi Sampul Nirvana "Nevermind"

    Nirvana Nevermind (Foto: dok. DGC Records) / Dave Grohl (Foto: Amy Harris). Dave Grohl telah bereaksi terhadap gugatan yang diajukan terhadap Nirvana oleh S

    on Oct 5, 2021
    Album Klasik

    32 Album Klasik & Esensial Yang Berulang Tahun Di Bulan September

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya sebuah

    on Sep 28, 2021
    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021
    Nirvana

    Nirvana "Nevermind" 30th Anniversary Deluxe Edition Siap Diluncurkan

    Sampul Album Nevermind 30th Deluxe Edition. Pada 24 September, beberapa hari lalu bertepatan dengan peringatan 30 tahun momentum dirilisnya album Nevermind

    on Sep 27, 2021