×
×

Search in Mata Mata Musik

Pelaku Pencemaran Nama Baik BTS Akan Dikenakan Denda Rp 51 Juta!

Posted on: 09/26/20 at 2:30 pm

Pelaku Pencemaran Nama Baik BTS Akan Dikenakan Denda Rp 51 Juta!
BTS. (Foto: Big Hit Entertainment).

Sebagai boyband K-pop terpopuler di dunia saat ini, BTS setiap hari menuai pujian dan dukungan yang nggak ada habisnya dari fans. Namun, ketenaran sebesar itu tentunya datang seiring dengan risiko. BTS mau nggak mau pasti akan diserang oleh yang namanya haters. Karena itu, agensi mereka, Big Hit Entertainment selalu memastikan netizen yang berkomentar jahat dapat menerima hukuman yang sepantasnya. Hal ini dilakukan untuk melindungi artis mereka dari masalah-masalah yang berpotensi mengganggu kesehatan mental artisnya.

Baca juga: Agensi Kang Daniel Ambil Tindakan Hukum Terhadap Netizen Yang Berkomentar Jahat

Sekarang, Big Hit Entertainment telah mengumumkan kabar terbaru tentang tindakan hukum yang mereka akan ambil terhadap berbagai postingan dan komentar jahat yang dilontarkan kepada BTS. Pada tanggal 24 September, agensi BTS itu merilis pernyataan resmi sebagai berikut:

“Halo, Ini Big Hit Entertainment.

Big Hit selalu mengambil jalur hukum terhadap pelaku aktivitas jahat yang terkait dengan BTS, termasuk kritik yang bermaksud jahat, penyebaran informasi tidak berdasar, pelecehan seksual, serangan pribadi, dan pencemaran nama baik. Kami ingin memberikan informasi terbaru tentang kegiatan ini.

Belum lama ini, hukuman semaksimal mungkin dijatuhkan kepada pelaku postingan internet berbahaya yang telah kami ajukan dalam bentuk tiga tuntutan pidana terpisah atas kasus pencemaran nama baik. Pada tanggal 30 Juli dan 1 September 2020, Pengadilan Distrik Seoul Timur menghukum pelaku, yang telah berulang kali terlibat dalam kegiatan pencemaran nama baik, dengan total denda 4 juta won (sekitar Rp 51 juta) untuk ketiga kasus tersebut, termasuk hukuman maksimal yang diizinkan oleh hukum. Pencemaran nama baik dapat diancam hukuman hingga satu tahun penjara atau denda 2 juta won (sekitar Rp 25,3 juta), menyoroti keseriusan hukuman yang dijatuhkan oleh pengadilan dalam kasus ini.

Kami sedang mengajukan pengaduan pidana tambahan kepada individu yang terus mengoperasikan akun internet dan mengirimkan postingan jahat bahkan setelah diinterogasi oleh pihak polisi untuk penyelidikan awal. Jika para pelaku ini terus melakukan kegiatan kriminal setelah menjalani hukuman pengadilan, kami berencana untuk mengajukan permintaan uang ganti rugi di pengadilan sipil dan tidak akan ada penyelesaian atau keringanan hukuman bagi mereka. Selain itu, harap diperhatikan bahwa kami memberikan postingan yang meringankan penyelidikan polisi atau menyebarkan informasi palsu tentang proses hukum ini kepada penegak hukum.

Baca juga: Big Hit Lanjutkan Tindakan Hukum Untuk Netizen Yang Komentar Jahat Kepada BTS

Baru-baru ini kami mengajukan keluhan kriminal tambahan menggunakan informasi baru yang diberikan oleh fans dan dikumpulkan melalui inisiatif pemantauan kami. Big Hit akan terus mengumpulkan informasi tentang postingan jahat terkait BTS, melaporkannya ke pihak berwenang, dan mengajukan keluhan kriminal. Kami meminta kalian untuk terus menggunakan hotline kami (protect@bighitcorp.com) untuk melaporkan setiap kasus kejahatan.

Kami selalu berterima kasih atas dukungan dan dedikasi yang ditunjukkan oleh fans kepada BTS. Kami akan terus bekerja untuk memastikan bahwa hak artis kami dilindungi sepenuhnya.

Terima kasih”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BLACKPINK

BLACKPINK Ungkap Alasan Kenapa Mereka Beri Judul Album Debutnya “The...

Empat tahun setelah mereka pertama kali debut, BLACKPINK akhirnya merilis album full-length pertama mereka yang berjudul The Album. Terdiri dari delapan la

on Oct 28, 2020
Pengacara K-pop

Para Pengacara K-Pop Ungkap Komentar Jahat Apa Saja Yang Termasuk Aksi...

Ko Seung Woo dan Jeong Chong Myeong. Setiap idol K-pop pasti pernah menerima komentar jahat, dari kritik terhadap bakat mereka hingga topik lelucon yang kej

on Oct 27, 2020
Video Musik K-Pop

15 Urutan Peringkat Video Musik K-Pop Dengan Views Paling Banyak Saat ...

Video musik K-pop sering kali mendapatkan views paling banyak pada saat baru dirilis, tetapi beberapa video terus mendapatkan jutaan views bahkan berbulan-

on Oct 25, 2020
Irene Red Velvet

Irene (Red Velvet) Minta Maaf Setelah Ketahuan Pernah Caci Maki Seoran...

Irene (Red Velvet). (Foto: via Soompi). Irene Red Velvet telah menulis surat permintaan maaf setelah doi baru-baru ini dituduh telah mengamuk dan mencaci-ma

on Oct 24, 2020