×
×

Search in Mata Mata Musik

Pembuatan Mural Raksasa Untuk Pameran Britney Spears di LA

Posted on: 01/5/20 at 1:46 pm

Mural untuk “The Zone”, sebuah karya pop-up interaktif sebagai tribute to Britney Spears (Foto: Wade Eck/@EckCreative)

“Dengan mural ini, anda dapat melihat esensi yang dimiliki Britney dan tampilan ikonik dalam jati dirinya sebagai performer,” kata sang artis mural, Rob Prior.

Baca juga: Apa Jadinya Kalau Lagu Deftones & Britney Spears Digabung?

Karier berpuluh-puluh tahun yang dilalui Britney Spears telah berjalan seperti proyek seni yang rumit, yang penuh dengan era-era khas disertai dengan berbagai video musik ikonik, gerakan tarian dan citra yang menggiurkan. Sejak debut eksplosifnya pada 1998, superstar tersebut telah menampilkan dirinya sebagai sebuah prisma yang mencerminkan berbagai identitas, sehingga masuk akal jika perjalanannya yang warna-warni dari menjadi anak sekolah yang manis-tapi-menggoda hingga menjadi perintis headliner di Las Vegas ini telah dihormati dalam bentuk mural raksasa di Los Angeles.

Britney Spears (Foto: Kevin Winter/GettyImages)

Rob Prior adalah seniman dibalik karya menakjubkan tersebut, yang terpajang di seberang muka sebuah gedung di Mid City yang bersebelahan dengan The Grove, venue yang akan segera menampung The Zone, sebuah pengalaman pop-up interaktif yang ditujukan untuk merayakan kontribusi Spears kepada musik pop dan warisan abadinya. Sebelum menyelesaikan muralnya minggu ini, Rob Prior berbincang dengan The Hollywood Reporter tentang memuji sang entertainer dengan sapuan kuasnya, sambil mengakui “tekanan” yang memicu keinginannya untuk menyenangkan basis penggemar setianya yang tak kenal lelah.

“Saya ingin melakukan sesuatu berdasarkan musik ikonik dan citra Britney,” kata Prior tentang mural itu, yang membutuhkan waktu hampir dua minggu untuk diselesaikan dan menampilkan gambar Spears dari pemotretan promo untuk lagu ‘Piece of Me’ dan tur dunia yang terjadi setelahnya, bersama dengan penciptaan ulang yang sangat mirip dengan perseteruannya dengan seekor ular dalam ‘I’m a Slave 4 U’ di MTV Video Music Awards 2001.

Britney Spears 2016 MTV Video Music Awards, Arrivals, Madison Square Garden, New York (Foto: Matt Baron/REX/Shutterstock)

“Aku ingin memastikan bahwa Britney Spears direpresentasikan dengan cara yang sangat indah,” lanjutnya. “Jadi, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah membuat potret 6 meter yang bagus dan kemudian menunjukkannya di atas panggung. Dengan mural ini, kamu memiliki esensi Britney dan tampilan ikonik dalam jati dirinya sebagai performer“.

Tetapi dengan banyaknya pemotretan, tur, video, dan performa acara penghargaan yang mengesankan dalam portofolio Spears, mengapa Prior memutuskan untuk melukis dua sketsa ini secara khusus?

“Cara Britney menempatkan tangan dan rambutnya saat menutupi wajahnya pada potret tersebut, itu sangatlah sensual. Ini Britney yang klasik. Dan matanya dalam potret itu menonjol karena ada begitu banyak emosi di dalamnya,” katanya, menambahkan bahwa manajemen Spears memberinya “kurang lebih, kendali bebas” selama proses desain. “Dan kemudian untuk pertunjukannya, aku ingin meletakkan semacam aksesoris untuk Britney dan (ular) python itu bisa dibilang merupakan prop yang paling ikonik dari semuanya”.

Baca juga: Ayah Britney Spears Tuntut Blogger #FreeBritney

Meskipun ia yakin akan pilihan terakhirnya, Prior mengakui bahwa ia pernah tergoda untuk membuat sampul album pemecah-rekor pertama Spears, Baby One More Time, sebagai pusat perhatian muralnya. “Aku hampir melakukannya, tetapi semua orang pasti akan mengharapkan itu,” katanya, menjelaskan bahwa dia tidak ingin hanya mengandalkan nostalgia dengan melukis Spears pada masa remajanya, mengenakan rok mini dan berlutut di depan latar belakang yang dipenuhi permen karet. “Tapi aku memastikan untuk menghormati era itu dalam karier Britney dengan memasukkan bunga-bunga dari sampul album Baby… dan kemudian, tentu saja, semuanya berwarna pink seperti sampulnya”.

Dan mengenai warna pink, Prior menyangka bahwa mural Spears-nya akan menyediakan “Pink Wall” yang ‘instagrammable’ pada toko Paul Smith di Melrose Avenue dengan beberapa kompetisi media sosial yang serius. “Ada spot baru di kota sekarang!” kata artis itu sambil tertawa. “Saya benar-benar mempertimbangkan Instagram saat mendesain ini. Sebagian dari ini hanyalah dinding pink dan bagian lainnya dapat anda langkahi di depan tetesan berwarna pelangi yang turun di bawah Britney. Bagaimanapun, Anda akan memiliki pengalaman yang cantik untuk media sosial yang tidak akan ada bandingannya. Saya berharap orang-orang mendapatkan banyak ‘likes”.

Selain untuk menghasilkan double-taps, harapan Prior adalah muralnya dapat disambut dengan kekaguman dari Spears dan Britney Army-nya, sekelompok pengikut yang berdedikasi dan telah menunjukkan dukungan kuat untuk penyanyi ini melalui manis pahitnya kehidupan yang dialaminya, baik secara profesional maupun pribadi. Selain menghormatinya sebagai kolonel mereka yang berkulit agak kecokelatan dan berambut pirang, Army ini secara konsisten mendewakan Spears, dengan penuh kasih sayang mereka menyebutnya sebagai “Godney”.

“Saya benar-benar berharap Britney kagum dengan ini dan melihat bahwa ini benar-benar merupakan penghormatan kepada jati dirinya sebagai seorang seniman,” kata Prior tentang pemenang Grammy tersebut. “Dengan para penggemar, ada tekanan untuk melakukan pekerjaan terbaik semaksimal mungkin juga. Ini merupakan tribut bagi kehidupan legendarisnya dan para penggemar adalah bagian dari itu. Aku tahu betapa berartinya dia bagi mereka. Mereka betul-betul menyembahnya, dan mereka adalah bagian dari warisan seumur hidupnya yang akan berlangsung lama setelah kita semua pergi”.

Britney Spears berfoto bersama Army-nya di High Roller selama acara ‘Britney Day’ di The LINQ Promenade yang diadakan untuk merayakan pertunjukan residensi Las Vegas di Spears ‘Britney: Piece of Me’, 5 November , 2014 di Las Vegas, Nevada. (Foto: Denise Truscello/WireImage)

Rob Prior, yang dikenal karena gaya melukisnya dengan kedua tangan, seringkali dengan mata tertutup, dan menarik kerumunan besar untuk pameran langsung, mengatakan kepada The Hollywood Reporter bahwa proyeknya untuk Spears bukan hanya mural pertamanya, tetapi yang terbesar dan, seperti yang dia katakan, karya seni ter- “pop princess-y”, yang pernah ia lakukan. Sebagai ilustrator mapan dan sutradara film yang sedang berkembang, Prior juga pernah membuat storyboard untuk berbagai video game populer dan telah melukis langsung dalam pertunjukan-pertunjukan live dengan musisi yang lebih keren dari Spears, seperti Tech N9ne dan Linkin Park.

“Jika anda mengeksplorasi karya seni saya, agak sedikit gila bagi saya untuk melukis kupu-kupu dan bunga untuk Britney, tapi kita harus memperluas wawasan kita, kawan!” kata Prior. “Rob Prior dan Britney Spears tidak begitu sinonim dengan cara mereka dilihat oleh penggemar mereka. Ini jelas merupakan sebuah keberangkatan bagi saya. Tapi ini mungkin salah satu proyek paling berarti yang pernah saya lakukan. Dibandingkan dengan semua yang telah saya lakukan 30 tahun terakhir, ini sangat berarti untuk saya karena ukurannya dan dampak potensialnya bagi basis penggemar yang sangat bersemangat. Selain mungkin kelahiran anak perempuan kembar saya dan pernikahan dengan istri saya, ini mungkin momen yang paling membanggakan bagi saya”.

Baca juga: Kemungkinan Britney Spears Tidak Akan Tampil Live Lagi!

Kesimpulan Prior, “Saya berubah dari tidak pernah membuat mural sebelumnya menjadi ingin melakukannya lebih banyak. Awalnya, saya pikir saya hanya akan melakukan yang ini lalu selesai, tetapi sekarang, dalam kata-kata Britney, saya merasa seperti, ‘Gimme more!’ (beri aku lebih)”.

The Zone – dinamai sesuai album studio keempat Spears, In the Zone, dan berlokasi di Los Angeles di 6310 W 3rd St. pada sudut Fairfax – dijadwalkan untuk dibuka untuk umum pada Februari, dengan jadwal dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam, dan akan berlanjut hingga April. Pameran langka ini mencakup 10 kamar berdasarkan perpustakaan video musik bintang pop tersebut, lengkap dengan aktivasi yang dikendalikan pengguna dan banyak pilihan foto. Karena sebagian gedung adalah toko ritel, The Zone juga akan menjual barang langka dari tur Spears sebelumnya dan memperkenalkan lima koleksi baru yang eksklusif hanya untuk pameran ini. Tiketnya sudah dijual dari sekarang.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Deftones

Apa Jadinya Kalau Lagu Deftones & Britney Spears Digabung?

Hiburan yang lumayan menyenangkan sambil menunggu album baru Deftones yang masih digarap. Baca Juga: Tonton Rekaman Live Deftones Perdana Bawakan “Be Quiet

on Sep 24, 2019
Britney Spears

Ayah Britney Spears Tuntut Blogger #FreeBritney

Jamie Spears telah menjadi konservator utama Britney selama 11 tahun terakhir. Baca Juga: Ellie Goulding & Juice WRLD Kolaborasi di “Hate Me” Jami

on Jun 28, 2019
Britney Spears

Kemungkinan Britney Spears Tidak Akan Tampil Live Lagi!

Manajernya, Larry Randolph, menegaskan Spears berhak untuk pulih dan fokus pada dirinya sendiri untuk saat ini. Baca Juga: Fans Minta Britney Spears Dibebas

on May 16, 2019
Britney Spears Respon Spekulasi Soal Kesehatan Mentalnya

Britney Spears Respon Spekulasi Kesehatan Mentalnya

Bintang pop ini mengunggah video pertamanya di Instagram sejak masuk ke fasilitas kesehatan mental beberapa saat lalu. Melalui akun Instagram-nya, Britney S

on Apr 27, 2019