×
×

Search in Mata Mata Musik

Pemerintah Inggris Resmi Izinkan Konser Musik “Indoor” Mulai Agustus 2020

Posted on: 07/20/20 at 6:30 am

Pemerintah Inggris Izinkan Konser Musik “Indoor” Mulai Agustus 2020
Salah satu visual epik konser indoor di Inggris. (Foto: Roger Harris/Unsplash).

Awal pekan ini, talent agent veteran dan salah satu pendiri festival musik Lollapalooza, Marc Geiger meramalkan bahwa konser musik live kemungkinan tidak akan kembali di Amerika Serikat (AS) hingga tahun 2022, jangka waktu yang jauh lebih suram daripada yang sebelumnya diprediksi oleh para ahli kesehatan. Sementara itu, teman-teman kita di benua Eropa, tepatnya di Inggris, pemerintahnya akan mengizinkan konser musik dalam ruangan alias indoor untuk berlangsung mulai 1 Agustus 2020.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengungkapkan berita tersebut pada hari Jum’at, 17 Juli, sebagai bagian dari diskusi yang lebih besar tentang bagaimana Inggris telah memasuki tahap ke-4 dari rencana pembukaan kembali lima tahap mereka. Acara live indoor akan diizinkan untuk kembali digelar, tetapi akan ada seperangkat aturan baru yang ketat di setiap venue, termasuk langkah-langkah social distancing, pengurangan kapasitas venue, penjualan tiket secara online, diterapkannya sanitasi yang berulang kali, dan jadwal penampilan artis yang selang-seling.

Baca Juga: Kata Travis Barker, Blink-182 Nggak Lama Lagi Rilis Lagu Kolab Dengan Juice WRLD

“Sektor seni pertunjukan Inggris sangat terkenal di seluruh dunia dan saya senang bahwa kami bisa membuat kemajuan nyata dalam membuka pintunya kembali kepada publik melalui social distancing,” ujar sekretaris budaya Inggris Oliver Dowden dalam sebuah pernyataan. “Mulai bulan Agustus, seluruh teater, venue musik dan ruang pertunjukan indoor akan dengan aman menyambut audiens di seluruh negeri”.

Berita ini mengikuti pengumuman venue musik pertama di dunia yang dibuat khusus social distancing, yang berlokasi di Newcastle, Inggris. Tempat itu dijadwalkan untuk menjadi tuan rumah bagi konser The Libertines dan Two Door Cinema Club bulan depan.

Kebijakan baru ini hanya berlaku untuk Inggris dan bukan seluruh Britania Raya, karena Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara diatur oleh administrasi nasional mereka sendiri. Inggris, yang merupakan negara terpadat di Britania Raya, memiliki total 252.000 kasus virus Corona yang dikonfirmasi, tetapi tampaknya telah melengkungkan kurva mereka – tidak seperti Amerika, di mana mereka mengalami lonjakan besar-besaran dalam kasus dan pemakaian masker telah menjadi masalah politik dan bukan kesehatan. Di AS, dilarangnya acara-acara indoor sangat mungkin mengarah pada 90% penutupan alias kebangkrutan dari semua venue musik independen alias indie.

Menjelang aturan baru Inggris pada tanggal 1 Agustus, Departemen Digital, Budaya, Media, dan Olahraga mereka akan mengimplementasikan berbagai acara uji coba dengan kerumunan orang yang menerapkan social distancing, “menggunakan hasil penemuan dari sana untuk menginformasikan panduan akhir bagi berbagai venue,” seperti yang dilaporkan oleh Billboard.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Re:Imagine

PK Entertainment Perkenalkan Re:IMAGNE, Festival Digital Barunya

PK Entertainment, promotor musik yang berbasis di Jakarta, hari Kamis, 24 September mengumumkan acara terbarunya yaitu ​Re:IMAGINE​. Re:IMAGINE adalah

on Sep 25, 2020
Sangkara

Sangkara Lampiaskan Kegeramannya Lewat 'Oh Corona', Single Teranyarnya

Gerry Anake dan Alvin Silalahi. Duo pop Sangkara kembali merilis single terbarunya yang berjudul 'Oh, Corona' pada tanggal 11 September 2020, hanya berjarak

on Sep 25, 2020
Ian Brown

Ian Brown (The Stone Roses): "Plandemic" Ingin Menjadikan Kita "Budak ...

Ian Brown. (Foto: via Great Britain News). Belum lama ini seorang tokoh besar di blantika musik dunia melontarkan komentar yang dinilai kontroversial karena

on Sep 24, 2020
Noel Gallagher dan Corey Taylor

Anti-Masker, Noel Gallagher: Gue Nggak Peduli! Pro-Masker, Corey Taylo...

Noel Gallagher (Foto: Mitch Ikeda) / Corey Taylor (Foto: Scott Dudelson, Getty Images). Noel Gallagher memang terkenal blak-blakan dalam menyampaikan pendap

on Sep 16, 2020