×
×

Search in Mata Mata Musik

Pendiri ARP Instruments Tutup Usia

Posted on: 01/8/19 at 4:15 pm

Alan R. Pearlman, pendiri perusahaan teknologi musik yang inovatif ini meninggal di usia 93 tahun.

Oleh: Patrick Hinton (Mixmag)

Pearlman mendirikan ARP Instruments di tahun 1969 dan sepanjang tahun ’70-an menjadikan ARP Instruments sebagai perusahaan yang sangat dihormati dan pelopor pencipta instrumen yang dikenal akan kualitas suaranya. Instrumen ARP Odyssey dan ARP 2600 adalah dua dari berbagai instrumen yang sangat populer, dan untuk beberapa waktu ARP sempat menjadi produsen alat musik eletronik terkemuka di dunia.

Banyak artis legendaris yang menggunakan alat musik keluaran ARP dalam musik mereka, termasuk Kraftwerk, David Bowie, Brian Eno dan Stevie Wonder. Dan meskipun perusahaan ini gulung tikar di tahun 1981, setelah mengalami kesulitan finansial menyusul tingginya biaya pengembangan dan penjualan yang rendah untuk produk ARP Avatar, alat musiknya masih menjadi pilihan di kalangan produser musik dance kontemporer seperti Floating Points dan Todd Terje. Di 2015, Korg menerbitkan kembali ARP Odyssey.

Pearlman lahir di tahun 1925 dan juga bertugas di militer pasca Perang Dunia II, dan kemudian menghabiskan lima tahun merancang amplifier untuk NASA. Dia menempuh pendidikan di Worcester Polytechnic Institute dan di 1978 menerima penghargaan Robert H. Goddard Alumni Award atas prestasi profesional yang luar biasa.

Tonton aksi Stevie Wonder memainkan ARP 2600 untuk David Frost di bawah ini.

Keterangan Foto Utama: ARP 2600 keluaran ARP Instruments. (Foto via Mixmag)

Mata Mata Musik's Newsletter