×
×

Search in Mata Mata Musik

Para Pengacara K-Pop Ungkap Komentar Jahat Apa Saja Yang Termasuk Aksi Kriminal

Posted on: 10/27/20 at 10:00 am

Ko Seung Woo dan Jeong Chong Myeong.

Setiap idol K-pop pasti pernah menerima komentar jahat, dari kritik terhadap bakat mereka hingga topik lelucon yang kejam dan keterlaluan. Tapi kapan komentar jahat dari para anti-fan ini bisa dianggap sebagai tindakan kriminal? Dua pengacara K-pop veteran menjelaskan komentar mana yang bisa membuat haters dituntut secara hukum dalam suatu wawancara YouTube baru-baru ini.

Baca juga: Agensi Kang Daniel Ambil Tindakan Hukum Terhadap Netizen Yang Berkomentar Jahat

Ko Seung Woo dan Jeong Chong Myeong adalah dua pengacara paling berpengalaman di industri ini, menangani kasus untuk para anggota Wanna One, Kim Soo Hyun, Seo Ye Ji, dan banyak lagi. Minggu ini, pasangan tersebut duduk bersama AYO untuk menjelaskan semua hal yang selalu ingin diketahui fans tentang sisi hukum K-pop — termasuk apa yang dianggap Tindakan kriminal dalam hal komentar jahat.

Jeong Chong Myeong menjelaskan bahwa ketika perusahaan mengambil tindakan hukum terhadap komentar jahat, kasus tersebut biasanya merupakan tuntutan hukum dengan alasan pencemaran nama baik. Secara sederhana, pencemaran nama baik adalah ketika seseorang mempublikasikan pernyataan palsu sebagai fakta, dan pernyataan tersebut menyebabkan kerusakan terhadap reputasi, bisnis, atau kesehatan mental korbannya.

“Komentar jahat adalah kriminal juga,” kata Jeong Chong Myeong.

Tentu saja, mencari tahu persis komentar jahat mana yang merupakan pencemaran nama baik nggak selalu mudah. Seorang komentator AYO bertanya apakah mengatakan “Aku nggak ingin melihat idol yang kontroversial di TV” merupakan suatu tindakan kejahatan.

Baca juga: Big Hit Lanjutkan Tindakan Hukum Untuk Netizen Yang Komentar Jahat Kepada BTS

Untuk memperjelas, Jeong memberikan contoh pencemaran nama baik kepada penonton: jika, misalnya, seseorang mengklaim bahwa “idol A dan B berkencan dan idol A hamil”, ini akan dianggap memublikasikan pernyataan sebagai fakta. Jika orang yang membuat pernyataan itu mengetahui bahwa pernyataannya nggak benar, mereka dianggap melakukan tindakan pencemaran nama baik.

Di sisi lain, kata Jeong, mengungkapkan pendapat — seperti “album baru ini payah” atau “Aku nggak ingin melihat idol yang kontroversial” —bukanlah suatu kejahatan.

“Ini bukan sesuatu yang benar-benar terjadi, tapi hanya ungkapan pendapat kalian sendiri, jadi nggak termasuk pencemaran nama baik,” kata Jeong Chong Myeong.

Tetapi bagaimana jika komentar atau rumor tersebut nggak dimaksudkan untuk menimbulkan kerugian? Biasanya, idol atau perusahaan mereka perlu membuktikan bahwa orang yang membuat komentar tahu apa yang mereka katakan adalah kebohongan, atau bahwa mereka sama sekali nggak peduli dengan akibatnya. Jika seorang penggemar membagikan desas-desus yang mereka yakini benar dengan otoritas yang baik, akan sulit untuk menetapkan kasus pidana.

Meski demikian, sering kali terdapat area abu-abu yang menyulitkan untuk membuktikan atau menyangkal suatu niat jahat. Menurut Ko Seung Woo, satu hal yang dapat membuat kasus tersebut menguntungkan seorang idol adalah dimasukkannya kata-kata kasar atau umpatan di postingan.

Baca juga: Agensi Dari IZ*ONE Rilis Informasi Keluhan Tambahan Terhadap Komentar Jahat

Meskipun setiap pengacara dan hakim akan memiliki pendapat mereka sendiri tentang apakah suatu komentar merupakan “penghinaan” atau “fitnah”, kata-kata kasar menjelaskan bahwa orang yang membuat pernyataan itu bermaksud jahat.

“Itu adalah standar yang jelas, jadi di pihak penggugat, itu adalah (solusi) yang terbaik,” kata Jeong Chong Myeong.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

30 Peringkat Keseluruhan Idol K-Pop Populer November 2020

30 Peringkat Keseluruhan Idol K-pop Paling Populer Edisi Bulan Novembe...

30 peringkat keseluruhan idol K-pop paling populer edisi bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Nov 23, 2020
30 Peringkat Keseluruhan Grup K-Pop Populer November 2020

30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Novembe...

30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Nov 23, 2020
30 Peringkat Anggota Girlband K-pop Populer November 2020

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Girlband K-Pop Bulan No...

Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi br

on Nov 22, 2020
30 Peringkat Anggota Boyband K-Pop Populer November 2020

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Nov...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

on Nov 22, 2020