×
×

Search in Mata Mata Musik

Penjualan Musik Global Kantongi $19 Miliar di 2018

Posted on: 04/4/19 at 1:45 pm

Laporan Musik Global terbaru dari IFPI menunjukkan peningkatan sebesar 9,7%, yang mana hampir setengahnya berasal dari streaming.

Oleh Braudie Blais-Billie (Pitchfork)

International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) merilis Laporan Musik Global tahun 2019. Menurut laporan tersebut, penjualan musik global tumbuh sebesar 9,7% di 2018, meraup total pendapatan senilai $19,1 miliar. Ini adalah tahun pertumbuhan keempat berturut-turut dan level tertinggi sejak IFPI mulai mencatat kinerja pasar di tahun 1997.

Penjualan musik global raih penjualan $19 miliar, hampir setengahnya berasal dari streaming.
Penjualan musik global raih penjualan tertingginya sejak 2007, setengahnya berasal dari streaming.

Hampir setengah (47%) dari seluruh pendapatan berasal dari streaming, yang naik sebesar 34% di 2018. Hingga akhir tahun lalu, terdapat 255 juta pengguna layanan streaming berbayar. Sebagai dampak dari meningkatnya jumlah pengguna streaming, IFPI melaporkan penurunan sebesar 10,1% pada pendapatan musik fisik dan sebesar 21,2% pada pendapatan unduhan.

Baca Juga: Broken Social Scene Luncurkan “Big Couches”

Selain itu, Amerika Latin—khususnya Brazil dan Meksiko—dilaporkan sebagai wilayah dengan pertumbuhan tercepat, disusul oleh Asia dan Australia sebagai wilayah kedua terbesar dalam hal pendapatan fisik dan digital gabungan. Penjualan musik di Korea Selatan juga tercatat naik sebesar 18%, berkat keberhasilan artis-artis seperti BTS dan BLACKPINK.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Persaingan Spotify & Apple Music di Ranah Podcast!

Persaingan Spotify & Apple Music di Ranah Podcast!

Dua raksasa streaming musik ini berlomba menguasai pasar podcast dengan investasi dan akuisisi, tetapi ini masih bisa dimenangkan siapa saja. Entah kalian m

on Aug 7, 2019
Corey Taylor Anggap Layanan Streaming Musik Bikin Artis Bangkrut

Corey Taylor Anggap Streaming Musik Bisa Bikin Musisi Bangkrut!

Corey Taylor juga mengungkapkan, pendapatan utama band berasal dari tur dan mungkin sebagian dari merchandise, sementara streaming tidak menghasilkan apa pun.

on Aug 7, 2019
Sambut Album Barunya, Tool Daratkan Katalog Musiknya di Platform Streaming!

Sambut Album Barunya, Tool Daratkan Katalog Musiknya di Platform Strea...

Tool mengumumkan judul album barunya, Fear Inoculum, yang akan rilis pada 30 Agustus 2019. Awal minggu ini, band rock legendaris Tool mengumumkan mereka aka

on Jul 31, 2019
TikTok

Peranan Tiktok Dalam Industri Musik Di Era Smartphone

Munculnya Playlist TikTok di di YouTube, Spotify, dan Apple Music dengan puluhan ribu pendengar, menjadikan platform tersebut memiliki peranan untuk industri m

on Jul 29, 2019