×
×

Search in Mata Mata Musik

Penjualan, Streams & Airplay The Cars Meroket Pasca Kematian Ric Ocasek

Posted on: 09/23/19 at 1:30 pm

“Just What I Needed” menjadi lagu yang paling banyak diputar di radio dalam dua hari setelah kematian Ocasek, sementara “Drive” menjadi video musik yang paling banyak ditonton.

Baca Juga: 10 Lagu Terbaik Produksi Ric Ocasek

Bagi penggemar The Cars, mendengarkan kembali musik band ini adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan setelah mendengar berita kematian sang pentolan band, Ric Ocasek.

The Cars menjadi artis dengan penjualan album tertinggi kedua secara keseluruhan dalam dua hari setelah kepergian Ocasek, menurut BuzzAngle Music. Pada 15-16 September, band ini bertengger tepat di belakang The Lumineers, yang baru saja merilis album baru di akhir pekan yang sama.

Grup ini membukukan penjualan lagu terbanyak selama periode yang sama, dengan 25.000 unduhan berbayar, melampaui penjualan Post Malone, Lizzo, Taylor Swift dan musisi lainnya yang juga baru tutup usia, Eddie Money. Penjualan lagu untuk katalog The Cars naik 14.695 persen dalam 48 jam setelah kematiannya.

Ironisnya, lagu yang paling banyak diunduh adalah lagu yang tidak dinyanyikan Ocasek: “Drive.” Tapi ini mungkin karena lagu ini adalah lagu yang paling menyedihkan di katalog mereka, yang sebagian besar berisi lagu-lagu ceria.

Ada alasan yang sama, mungkin, untuk lagu “Since You’re Gone,” yang memiliki persentase peningkatan penjualan terbesar (6.654 persen):

Tidak mengherankan, 88 persen dari album The Cars yang dibeli selama jangka waktu tersebut adalah album digital, sementara salinan album fisik yang tinggal sedikit tersedia di segelintir retailer dengan cepat terjual habis. The Complete Greatest Hits Album by the Cars menjadi yang terlaris, diikuti oleh album debut eponim The Cars, Candy-O, Heartbeat City dan koleksi hits lainnya, Moving in Stereo: The Best of the Cars.

Dalam hal streaming, BuzzAngle Music melaporkan ada 1,2 juta streams (melonjak sebesar 228 persen) untuk lagu The Cars pada hari Ocasek meninggal (15/9). “Drive” memuncaki jumlah streams video individual The Cars, dengan 152.000 streams selama dua hari—tapi “Just What I Needed” lebih unggul dalam jumlah streams audio dengan 367.000.

Katalog The Cars sebenarnya tidak pernah sepi pendengar sebelum kematian Ocasek karena grup ini terus menjadi bagian pokok dari radio rock klasik dan lagu-lagu lama. Dalam seminggu sebelum Ocasek meninggal, lagu-lagu The Cars telah di-streaming sebanyak 5 juta kali. Sejak 2014, BuzzAngle mengatakan, lagu-lagu The Cars mengantongi 526 juta streams.

Di radio, “Just What I Needed” menjadi lagu yang paling banyak diputar, tepatnya sebanyak 4.345 kali, dalam dua hari setelah kematiannya, menurut Mediabase. Jumlah itu meningkat 146 persen, yang mungkin terdengar biasa saja, tetapi itu dapat membuktikan seberapa banyak lagu The Cars dimainkan, meskipun band ini terakhir kali merilis hits-nya di 1987, tak lama setelah perpisahan awal mereka.

Baca Juga: Weezer Beri Penghormatan untuk Mendiang Ric Ocasek

Bahkan, menurut Mediabase, “Just What I Needed” menjadi lagu yang paling banyak diputar di antara semua format radio untuk tanggal 15-16 September, disusul dengan “You Might Think” di No. 2.

Keterangan Foto Utama: Rick Ocasek dari The Cars. (Foto: MediaPunch/Shutterstock)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Queen

Queen Larang Donald Trump Gunakan Lagu Mereka dalam Kampanye

Band rock legendaris Queen mendesak Trump untuk tidak lagi menggunakan musik mereka, setelah “We Will Rock You” muncul di video kampanye baru presiden AS

on Oct 16, 2019
Ginger Baker Cream

Ginger Baker dari Cream Wafat di Usia 80 Tahun

Drummer ikonik, Ginger Baker, yang pernah berkolaborasi dengan Eric Clapton dan Fela Kuti ini dikabarkan sempat “sakit parah” dalam beberapa bulan terakhir

on Oct 7, 2019
Michael Stipe REM

Michael Stipe Rilis Single Solo Pertamanya “Your Capricious Soul”

Seluruh hasil dari penjualan single ini akan disalurkan ke kelompok aktivis perubahan iklim Extinction Rebellion Akhir pekan kemarin, pentolan R.E.M. Michae

on Oct 7, 2019
Nickelback Donald Trump

Nickelback Tidak Rela Videonya Muncul di Postingan Donald Trump

Nickelback bukan sekadar band rock. Mereka adalah malaikat penjaga, pelindung, dan Ksatria Kegelapan kita yang siaga melawan penyalahgunaan hak cipta yang mer

on Oct 7, 2019