×
×

Search in Mata Mata Musik

Pensiunkan iTunes, Apple Peringatkan DJ Jangan Update Dulu!

Posted on: 10/11/19 at 12:41 pm

Peluncuran update terbaru Mac menandai akhir resmi dari toko iTunes Music tercinta kita. Tapi, pembaruan ini malah bisa jadi petaka buat para DJ.

Baca juga: “Lalalay” Milik Sunmi Rajai Tangga Lagu K-Pop di iTunes Global!

Awal tahun ini, kita dikejutkan dengan kabar Apple yang akan menghapus iTunes secara bertahap. Selang beberapa waktu, dilaporkan bahwa program musik yang telah eksis selama 18 tahun itu akan diganti dengan versi terpisah dari aplikasi Music, Podcasts dan TV untuk pengguna Mac pada versi macOS berikutnya.

Sekarang tiba saatnya kita mengucapkan selamat tinggal pada program musik Apple itu, seiring update terbaru Mac—yang diberi nama Catalina—memulai penghapusannya secara resmi pada 7 Oktober kemarin.

Pelanggan Apple Music pun melaporkan tidak bisa lagi melihat toko musik iTunes mereka, yang sekarang justru diganti dengan aplikasi Music baru Mac dengan logo iTunes lama.

Baca juga: D.O. EXO Duduki Puncak iTunes Chart Dunia dengan “That’s Okay”

Pelanggan Apple Music bisa melihat kembali toko program musik Apple itu dengan melakukan restoring dalam pengaturan mereka. Bagi yang tidak berlangganan Apple Music, toko akan tampak sebagai tab dengan berbagai cara untuk mendaftar ke layanan ini.

Sementara rata-rata pengguna akan melihat file iTunes mereka diurutkan ke dalam salah satu dari tiga aplikasi baru, Apple memperingatkan DJ untuk tidak terlebih dulu menginstal update Catalina.

Sebagaimana dilansir Billboard, Catalina saat ini tidak menyimpan data XML, atau yang dikenal sebagai metadata organisasi yang memungkinkan DJ untuk menempatkan lagu ke dalam setlist dan folder tertentu.

Setlist dipindahkan ke perangkat lunak DJ seperti Traktor dan Rekordbox. Namun, update ini akan mengambil daftar yang sudah disusun dan mengubahnya menjadi kekacauan yang tidak terorganisir.

Baca juga: Apple Akhiri Era iTunes-nya!

Menurut laporan, Apple sadar akan masalah ini dan sedang berusaha menghadirkan solusinya. Sampai solusi ditemukan, Apple menganjurkan DJ untuk tetap menggunakan versi macOS yang lama.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Midtown Carousel band

Single 'Happy Birthday' Jadi Kado Ulang Tahun Pop-Punk Dari Midtown Ca...

Midtown Carousel. Setelah merilis single terakhirnya, ​'Rose' ​pada Desember 2019 lalu, ​trio band "kord tiga jurus" ​asal Bandung, Midtown Carousel

on Sep 13, 2020
V BTS

V (BTS) Jadi Satu-Satunya Artis di Dunia Yang Puncaki Chart iTunes di ...

V (BTS) alias Kim Tae-hyung. Kemenangan beruntun V dari boyband K-pop BTS di chart (tangga musik) iTunes berlanjut dengan lagu solo ‘Sweet Night’ yang d

on Jul 28, 2020
Steve Aoki

Steve Aoki Luncurkan Sub-Label Spesial Musik Latin Bernama Dim Mak En ...

Steve Aoki. (Foto: via MixMax Asia). DJ/produser musik EDM bernominasi Grammy, Steve Aoki, pendiri dari label musik Dim Mak Records telah mendirikan sub-lab

on Jul 10, 2020
DJ Radit

DJ Radit Rilis 'Path', Single Techno Pertamanya Di Bawah Metropolis Re...

DJ Radit. DJ/Producer muda asal Malang yang kini berdomisili di Jakarta, Radit, resmi merilis single terbarunya berjudul 'Path' di semua platform musik digi

on Jun 12, 2020