×
×

Search in Mata Mata Musik

Pentolan Metallica Skeptis Soal Vaksin, Dari Kecil Tidak Pernah Divaksin

Posted on: 05/8/21 at 1:00 pm

Pentolan Metallica Skeptis Soal Vaksin, Dari Kecil Tidak Pernah Divaksin
James Hetfield (Foto: Tim Mosenfelder/Getty Images).

Ketika industri konser mulai terbuka lagi, pentolan Metallica, James Hetfield mengakui doi “sedikit skeptis” tentang mendapatkan vaksin Covid-19. Ternyata sang legenda metal itu bahkan enggak pernah divaksinasi saat masih kecil, karena alasan agama yang dianut keluarganya.

Baca juga: 35 Tahun Metallica “Master Of Puppets”, Album Terbaik Sepanjang Masa

Dalam sesi wawancara baru-baru ini dengan podcast Fierce Life (ditranskripsikan oleh Blabbermouth), yang berfokus pada topik hobi berburu dan koleksi senjata api Heltfield, frontman Metallica ini ditanya apakah Metallica berencana melakukan tur tahun ini. Hetfield alias Papa Het menjawab, “Gue enggak tahu. Itu bukan terserah gue. Itu benar-benar tergantung pada keselamatan semua orang. Bukan hanya para penggemar, tetapi kru dan kami. Gue enggak yakin apa artinya di masa depan terkait vaksin. Gue sedikit skeptis untuk mendapatkan vaksin tersebut, tetapi tampaknya vaksin ini mulai diluncurkan dan orang-orang mendapatkannya dan gue punya banyak teman yang sudah melakukannya”.

Papa Het lanjut menambahkan, “Gue enggak sepenuhnya yakin tentang itu. Tetapi gue harap ini enggak sampai pada titik di mana lo harus memiliki stempel Covid di paspor lo atau sesuatu untuk dibawa kemana-mana. Tetapi jika memang begitu, maka gue akan membuat keputusan. Kami divaksinasi untuk pergi ke Afrika, jadi enggak seperti gue enggak pernah divaksinasi sebelumnya. Tetapi waktu gue masih anak-anak, gue enggak pernah mendapatkan vaksinasi karena agama kami (Christian Science). Jadi itulah satu-satunya saat gue mendapatkannya, saat kami pergi bersafari di Afrika”.

Progress Album Baru Metallica

Di sesi wawancara lainnya, Hetfield membahas kemajuan Metallica dalam penggarapan album lanjutan Hardwired… To Self-Destruct (2016). “Kami menulis beberapa lagu,” komentarnya. “Jadi kami akan lihat dulu berapa banyak yang kami suka, kemudian kami akan mengeluarkannya. Kami cukup egois seperti itu”.

Vokalis merangkap gitaris itu juga menjelaskan proses penulisan lagunya, dengan mengatakan, “Kali ini sedikit berbeda, pasti. Karena Covid, kami hanya duduk di rumah dan sedikit gelisah dan merasa kreatif pada saat yang sama dan ingin bersama, gue mulai melakukan Zoom (meeting) mingguan dengan rekan-rekan gue hanya untuk check in. Kemudian gue baru saja memberi tahu mereka satu waktu, ‘Hei, gue akan menulis sesuatu. Gue hanya akan memainkan sesuatu dan mengirimkannya kepada kalian. Lo melakukan apa pun yang lo inginkan dengannya dan melihat apa yang terjadi dan menambahkannya. ‘Jadi begitulah cara kami membuat versi ‘Blackened’ 2020. Pada dasarnya gue hanya memainkan sesuatu. Mereka belum pernah mendengarnya sebelumnya. Mereka memainkannya. Kemudian lagu itu dibikin ber’layer-layer’ bareng-bareng”.

Doi melanjutkan, “Kemudian kami mulai bereksperimen dengan menulis lagu di Zoom. Lars (Ulrich) dan gue akan berkumpul, atau Kirk (Hammett) dan Lars, dan kami akan mendapat sedikit waktu di sana-sini untuk menulis. Itu sulit karena penundaan dalam suaranya (yang tersendat-sendat akibar koneksi internet), jadi kami enggak bisa bermain bareng, tetapi kami akan bermain dengan ‘click track’ dan menonton satu sama lain bermain. Kami memiliki produser kami, yang menjalankan komputer gue saat gue bermain. Dia menjalankan komputer gue dari L.A., dan gue di Vail (Colorado). Kemudian Lars memiliki asisten yang menjalankan komputernya dari L.A. Sementara Lars ada di San Francisco, dan kami bermain bersama-sama, dan itu sangat aneh. Kami mulai menulis. Kami mendapatkan, gue kurang tahu, mungkin menuju lebih dari 10 lagu. Dan kemudian kami akhirnya berkumpul. Enggak banyak yang bisa lo lakukan di Zoom”.

Siap Konser Oktober Mendatang

Metallica sudah dijadwalkan tampil dua kali (hari pertama dan ketiga sebagai headliner) di Aftershock Festival 2021 di Sacramento, California, pada 8 dan 10 Oktober. Selain itu, mereka belum memiliki tanggal lain di jadwal mereka.

Baca juga: Produser Kampiun Bob Rock Menjual 100% Haknya Atas “The Black Album” Metallica

Kalau mau simak obrolan James Hetfield di podcast Fierce Life, silakan klik video di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Gelora Saparua

    Gelora Saparua: Episentrum Sejarah Geliat Rock & Metal Indonesia

    Gelora Saparua. Sesuai namanya, Gelora adalah akronim dari Gelanggang Olahraga. Selain lapangan atletik dan taman sarana umum, salah satu tempat di dalam a

    on Jun 7, 2021
    Konser Punk

    Konser Punk Di AS Jual Tiket $18 Buat Tervaksinasi, $1000 Yang Belum

    Crowd di sebuah Punk Rock Show (Foto: Melinda Oswandel). Konser punk yang satu ini termasuk hal yang baru. Seorang promotor konser di Florida, Amerika Serik

    on May 30, 2021
    David Ellefson

    David Ellefson Respons Usai Dipecat Megadeth & Gugat Penyebar Video

    David Ellefson (Foto: David Brendan Hall). David Ellefson. Yep, this guy. Awal pekan ini, Megadeth mengumumkan pemutusan hubungan kerjanya dengan bassis dan

    on May 27, 2021
    Metallica

    Metallica Hibahkan Rp 22,8 M Ke Program Beasiswa Kuliah Di 23 Kampus

    Metallica (Foto: Ross Halfin). Metallica telah memperluas inisiatif komunitas beasiswa kuliah mereka dengan memasukkan 23 kampus pada tahun 2021. Rencananya

    on May 26, 2021