×
×

Search in Mata Mata Musik

Penuduh Pelecehan Seksual Michael Jackson Kembali Menuntut

Posted on: 01/5/20 at 6:27 pm

Michael Jackson memberi isyarat ketika dia meninggalkan Pengadilan Santa Barbara County pada 2 Maret 2005 setelah hari ketiga persidangan penganiayaan anaknya di Santa Maria, California (Foto: Carlo Allegri/GettyImages)

Dua pria yang menuduh Michael Jackson melakukan pelecehan seksual pada saat mereka masih anak-anak sekarang dapat mengajukan tuntutan hukum ke pengadilan berkat pembaruan dalam undang-undang yang mulai berlaku per 1 Januari 2020.

Baca juga: Musikal Michael Jackson di Broadway Umumkan Pemeran King of Pop

Wade Robson dan James Safechuck, yang tuduhannya ditampilkan dalam film dokumenter Leaving Neverland serta dalam gugatan tahun 2013 yang diberhentikan empat tahun kemudian, sekarang dapat membawa kasus mereka kembali ke pengadilan. Kedua pria tersebut telah mengajukan banding atas keputusan tahun 2017 untuk membubarkan kasus mereka, yang disebabkan oleh undang-undang pembatasan, tetapi banding ini sejak saat itu telah ditahan selama dua tahun di pengadilan banding.

Sekarang, menurut Sky News, perubahan dalam UU berarti sebuah keputusan baru bisa membatalkan pembubaran yang terjadi pada 2017. Pengadilan yang lebih rendah telah menolak tuntutan hukum tersebut karena, di bawah hukum California, klaim kekerasan seksual masa kanak-kanak harus diajukan sebelum ulang tahun ke-26 sang penuduh.

Tetapi dengan adanya perubahan UU, yang mulai berlaku pada 1 Januari, periode tersebut telah diperpanjang hingga ulang tahun ke-40 sang penuduh.

Jika persidangan diberikan, Robson dan Safechuck akan dapat menuntut properti Michael Jackson hingga jutaan dolar AS seperti yang mereka coba lakukan enam tahun lalu.

Propertinya, keluarganya, dan Jackson sendiri sebelum meninggal pada tahun 2009 telah membantah semua tuduhan pelanggaran seksual yang ditujukan kepadanya.

Baca juga: Kostum Michael Jackson Akan Dilelang Akhir Pekan Ini

Pengacara Safechuck dan Robson, Vince Finaldi, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kami senang bahwa pengadilan telah mengakui perlindungan yang kuat yang dilakukan California bagi para korban pelecehan seksual di bawah undang-undang baru yang memperpanjang undang-undang pembatasan.

“Kami berharap dapat berbagi fakta mengenai pelecehan mengerikan yang dialami James Safechuck dan Wade Robson dengan juri”.

Seorang pengacara yang mewakili properti Jackson mengatakan ia yakin kedua tuntutan hukum itu akan dibubarkan.

“Keputusan dari Pengadilan Banding hanya menghidupkan kembali tuntutan hukum terhadap perusahaan Michael Jackson, yang secara tidak masuk akal mengklaim bahwa karyawan Michael entah bagaimana bertanggung jawab atas pelecehan seksual yang tidak pernah terjadi,” kata pengacara Howard Weitzman dalam sebuah pernyataan.

Jaringan AS milik Disney, ABC, menayangkan film dokumenter tentang Jackson, The Last Days Of Michael Jackson, pada tahun 2018. Pada bulan Mei tahun yang sama, properti Jackson mengajukan gugatan terhadap Disney.

Baca juga: Musikal Michael Jackson Akan Hadir di Broadway Musim Panas 2020

Gugatan itu mengklaim bahwa acara tersebut menggunakan “bagian substansial” dari materi hak cipta yang dimiliki oleh properti Jackson tanpa izin. Ini termasuk video musik Jackson plus rekaman konser dan dokumenter.

Seorang juru bicara untuk properti Jackson mengatakan kepada Rolling Stone: “Masalah ini diselesaikan secara damai”.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Michael Jackson

Drama Musikal Michael Jackson di Broadway Telah Diundur Jadwalnya

Michael Jackson saat konser di era 1980-an. (Foto: Kevin Mazur/WireImage). Jadwal debut panggung Broadway drama musikal tentang The King of Pop, Michael Jac

on May 15, 2020
Michael Jackson

Musikal Michael Jackson di Broadway Umumkan Pemeran King of Pop

Musikal Michael Jackson telah menemukan King of Pop-nya. Ephraim Sykes, aktor multi-talenta peraih nominasi piala Tony di Ain’t Too Proud, akan mengisi pe

on Nov 22, 2019
Musik Terlaris

Artis Musik Terlaris Tahun 1969-1996: Dari The Beatles Hingga Madonna

Ketenaran, kekayaan dan fans yang setia—ini sering kali adalah mimpi yang jadi kenyataan bagi para artis musik paling populer di dunia. Berkat keahlian kr

on Nov 12, 2019
Michael Jackson

Kostum Michael Jackson Akan Dilelang Akhir Pekan Ini

Jaket beludru dan sarung tangan ikonik yang sering dipakai almarhum Michael Jackson saat manggung dulu akan dilelang secara online dan offline pada 25-26 Oktob

on Oct 23, 2019