<-- Google Tag Manager -->
×
×

Search in Mata Mata Musik

Penyanyi-Penulis Lagu R&B James Ingram Tutup Usia

Posted on: 01/30/19 at 4:56 pm

Seniman yang terkenal akan karyanya bersama Quincy Jones, Michael Jackson (“P.Y.T.”), Michael McDonald (“Yah Mo B There”), Patti Austin, dan lainnya.

Oleh: Noah Yoo (Pitchfork)

Penyanyi-penulis lagu dan produser rekaman James Ingram meninggal dunia, menurut kabar dari TMZ dan kerabat lamanya, aktris Debbie Allen. TMZ melansir, Ingram berpulang di usianya ke-66 tahun setelah berjuang melawan kanker otak.

Lahir di Ohio, Ingram mulai bermain musik sejak masih belia, dengan tampil di sebuah band bernama Revolution Funk di tahun ’70-an. Band tersebut pindah ke California selama dua tahun, dan Ingram kemudian memutuskan untuk menempuh karier di Los Angeles alih-alih kembali ke Ohio. Tak lama setelahnya, dia tampil dan bernyanyi di sesi untuk artis-artis seperti Ray Charles dan Marvin Gaye. Hidupnya pun berubah drastis di tahun 1980, saat Ingram ditemukan oleh Quincy Jones, yang memasukkannya ke album di 1980, The Dude.

Ingram mencetak tiga nominasi Grammy berkat karyanya di The Dude, yang menandai debutnya sebagai artis solo. Dia memenangkan penghargaan ‘Best Male R&B Vocal Performance’, untuk lagu “One Hundred Ways,” di 1982. Setelah banyak berkolaborasi dengan Quincy (termasuk di lagu Michael Jackson “P.Y.T.” dari album Thriller) dan artis lain seperti Patti Austin, dia bekerja sama dengan Michael McDonald di “Yah Mo B There,” lagu duet yang menghadiahi mereka titel ‘Best R&B Performance by a Duo or Group with Vocals’ di ajang Grammy tahun 1985.

Di dekade berikutnya, Ingram terjun ke dunia perfilman, membuat lagu orisinal untuk film-film seperti Sarafina!, Beethoven’s 2nd (bersama Dolly Parton), An American Tail, Beverly Hills Cop II, dan lainnya. Album terakhirnya sebagai artis rekaman, Stand (In the Light), dirilis di 2018.

Seperti yang dilaporkan Jon Caramanica dari New York Times, Quincy Jones mengeluarkan pernyataan terkait berita kepergian Ingram:

Tidak ada kata yang bisa menggambarkan betapa sakitnya hati saya saat mendengar berita meninggalnya saudara kecil saya James Ingram. Dengan suara yang merdu dan penuh perasaan, James Ingram adalah orang yang ajaib. Dari saat saya pertama kali mendengar suaranya di kaset demo untuk “Just Once,” hingga “One Hundred Ways,” duet klasiknya bersama Patti Austin “How Do You Keep the Music Playing,” “Secret Garden,” “We Are the World,” dan semua rekaman kami, setiap nada indah yang James nyanyikan menembus jiwa dan dengan nyaman menetap di sana. Tapi itu benar-benar bukan hal yang mengejutkan karena James adalah sosok yang tulus, dengan hati yang besar. James Ingram adalah, dan akan selalu menjadi, pria yang tak tertandingi. Beristirahat dalam damai, saudara kecilku. Anda akan ada di hati saya selamanya.

Keterangan Foto Utama: James Ingram. (Foto: NBC/NBCU Photo Bank via Getty Images/Cheryl Balter)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Drake

Drake Dibanjiri Cemoohan Saat Manggung di Camp Flog Gnaw

Tyler, the Creator merekrut Drake untuk hadir sebagai penampil utama kejutan dalam festival Camp Flog Gnaw Carnival di Los Angeles pada akhir pekan kemarin. Ta

on Nov 12, 2019
Chris Brown

Chris Brown Adakan Garage Sale Barang Mewah di Rumahnya

Chris Brown tidak takut mengundang fans-nya untuk mampir ke kediamannya. Penyanyi “With You” ini baru saja mengadakan ‘garage sale’ barang-barang mewah

on Nov 8, 2019
KRLY

Perpisahan, Tema Lagu Baru KRLY Bertajuk "Stay"

Penyanyi pendatang baru KRLY baru saja merilis lagu baru berjudul "Stay," bersama rekan satu labelnya di DSS Music, KIV. Single yang terinspirasi dari pahi

on Nov 7, 2019
FKA twigs

FKA Twigs Lepas “Sad Day” Jelang Perilisan MAGDALENE

Menyusul penampilannya yang memukai di The Tonight Show Starring Jimmy Fallon, FKA Twigs lanjut mempromosikan album studio barunya, MAGDALENE yang akan keluar

on Nov 5, 2019