×
×

Search in Mata Mata Musik

Penyanyi Soul dan R&B Legendaris Betty Wright Tutup Usia

Posted on: 05/12/20 at 6:00 am

Betty Wright.
Betty Wright. (Foto: John Parra/WireImage).

Betty Wright, penyanyi R&B dan Soul pelantun lagu-lagu hit seperti ‘Clean Up Woman’, ‘Tonight Is the Night’ dan ‘Girls Can’t Do What the Guys Do’, telah meninggal dunia pada usia 66 tahun.

Keluarga Betty Wright mengkonfirmasi berita duka tersebut kepada Essence bahwa penyanyi legendaris itu meninggal hari Minggu lalu, dengan Billboard menambahkan bahwa Betty Wright meninggal karena penyakit kanker saat sedang tinggal di kota asalnya, Miami, Amerika Serikat (AS). Sebelumnya pada 2 Mei, Chaka Khan sempat men-tweet bahwa Betty Wright “membutuhkan semua doa kalian”.

Setelah tumbuh besar dalam keluarga yang penuh penyanyi gereja atau Gospel, Betty Wright merilis album solo pertamanya – My First Time Around (1967) – ketika dia baru berusia 14 tahun, dan mencetak lagu hit pertamanya pada usia 15 tahun dengan ‘Girls Can’t Do What the Guys Do’.

Sepanjang tahun 1970-an dan 1980-an, Betty Wright merilis serangkaian lagu hit termasuk single tahun 1971-nya ‘Clean Up Woman’, lagunya yang dikenang paling abadi, ‘Tonight Is the Night’, ‘Dance With Me’ dan ‘No Pain, No Gain’ daru tahun 1988.

Pada tahun 1975, Betty Wright memenangkan piala Grammy dalam kategori Best R&B Song untuk ‘Where Is the Love’. Dia dinominasikan untuk total enam Grammy, termasuk nominasi Album of the Year pada 2008 untuk kontribusinya dalam album ikonik Lil Wayne, Tha Carter III; Betty Wright muncul di lagu ‘Playing With Fire’.

Karya musik Betty Wright juga telah menjadi fondasi untuk berbagai lagu hit di masa depan oleh artis lainnya: Lagu ‘Clean Up Woman’ miliknya dijadikan sample oleh artis-artis seperti Chance the Rapper (‘Favorite Song’), Mary J. Blige (versi remix ‘Real Love’ dari 1993 miliknya dengan Notorious B.I.G.) dan SWV (‘I’m So Into You’), dan lagu tahun 2006 Beyoncé ‘Upgrade U’ telah men-sample lagu ‘Girls Can’t Do What the Guys Do’ milik Betty Wright.

Selain karyanya sendiri, Betty Wright juga merupakan seorang vokalis studio yang laris manis, dia berjasa sebagai penyanyi latar untuk puluhan musisi penting termasuk Stevie Wonder, Clarence Clemons, Stephen Stills, Peter Tosh, David Byrne dan Erykah Badu.

Album terakhir Betty Wright adalah album tahun 2011-nya, Betty Wright: The Movie, sebuah proyek full-length yang dibuat bersama oleh The Roots dan menampilkan bintang tamu all-star yang mencakup Lil Wayne, Snoop Dogg dan Joss Stone. Pada tahun 2016, Betty Wright muncul bersama Kendrick Lamar dan Big Sean di lagu ‘Holy Key’ oleh DJ Khaled

Suaminya Betty Wright, Noel “King Sporty” Williams, yang ikut menulis lagu ‘Buffalo Soldier’ karya Bob Marley, meninggal pada tahun 2015 lalu.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Sara Fajira

    Sara Fajira Awali 2021 Dengan Single R&B/Hip Hop 'Julite' Yang Spektak...

    Sara Fajira. (Foto: Kaio Entertainment). Nama Sara Fajira memang makin melejit setelah kesuksesan viral lagu 'Lathi' milik Weird Genius yang dinyanyikannya.

    on Feb 12, 2021
    Dycall wtih chicks

    Rapper Muda Dycal Lepas Single 'Gue Udah Muak' Setelah Muak Diselingku...

    Dycal Siahaan atau yang akrab disapa Dycal, dikenal sebagai seorang Rapper sekaligus YouTuber yang sedang digandrungi anak muda ja

    on Dec 24, 2020
    Grace Sahertian

    Berkolaborasi Dengan 60 Netizen, Grace Sahertian Rilis MV Single 'Hone...

    Grace Sahertian. Setelah merilis single ketiganya yang berjudul 'Honestunes' pada tanggal 10 Juli 2020 lalu, pada tanggal 18 Desember 2020 ini Grace Sa

    on Dec 21, 2020
    Whitney Houston

    Naomi Ackie Perani Whitney Houston Di Film Biopik "I Wanna Dance With ...

    Naomi Ackie (kiri) dan Whitney Houston (kanan). (Foto: Getty Images). Film biopik Whitney Houston produksi Sony/TriStar yang akan datang, I Wanna Dance with

    on Dec 16, 2020