×
×

Search in Mata Mata Musik

Penyanyi The Statler Brothers, Harold Reid, Telah Meninggal di Usia 80 Tahun

Posted on: 04/27/20 at 8:30 am

Harold Reid, 1992. (Foto: AP Photo/File).

Harold Reid, yang menyanyikan nada bass untuk grup musik country pemenang Grammy, The Statler Brothers, telah meninggal dunia di usia 80 tahun setelah pertempuran panjang dengan penyakit gagal ginjal.

Harold Reid meninggal pada Jum’at lalu di kota kelahirannya di Staunton, Virginia, Amerika Serikat (AS), menurut laporan dari keponakannya, Debo Reid.

The Statler Brothers dulu sering menyanyikan back-up vokal untuk sang ikon musik country, Johnny Cash. Beberapa lagu hit terbesar mereka termasuk ‘Flowers on the Wall’ dari tahun 1965 dan ‘Bed of Rose’ dari tahun 1970. Harold Reid adalah anggota Country Music Hall of Fame dan Gospel Music Hall of Fame. Dia juga merupakan seorang komedian.

“Dia telah dan akan selalu dicintai oleh keluarganya, teman-teman dan jutaan penggemarnya,” tulis sebuah pernyataan di situs web The Statler Brothers. “Nyanyiannya, penulisan lagunya dan komedinya membuat berbagai generasi bahagia. Dia telah membawa pulang sepotong hati kita bersamanya”.

The Statler Bothers, 1989, ki-ka: Harold Reid, Don Reid, Phil Balsley, Jimmy Fortune. (Foto: AP).

Harold Reid dan tiga teman masa kecilnya – Lew DeWitt, Phil Balsley dan Joe McDorman – membentuk grup bernama Four-Star Quartret pada tahun 1948. Grup itu, yang kemudian dikenal sebagai Kingsmen, mayoritas menyanyikan musik gospel. Joe McDorman sempat berhenti dari grup dan digantikan oleh Don Reid, adik dari Harold Reid.

Lew DeWitt pernah mengatakan bahwa grup itu mengganti namanya lagi karena beberapa artis lain – semuanya lebih terkenal – banyak yang disebut sebagai Kingsmen. Nama baru itu berasal dari sebuah kotak tisu bermerek Statler, katanya. Kuartet itu akhirnya beralih ke musik country pada tahun 1964, setelah bertemu dengan Johnny Cash dan bergabung dengan tim touringnya.

Selama dua dekade berikutnya, The Statlers Brothers telah memenangkan tiga penghargaan Grammy dan dinobatkan sebagai Top Vocal Groups sembilan kali oleh Country Music Association.

“Harold Reid telah meninggalkan keluarga besar yang penuh kasih serta jutaan penggemar yang akan selalu mengingat aksi lucunya di panggung dan TV dengan penuh senyum dan apresiasi terhadap musiknya yang akan terus hidup seiring zaman,” ujar Debo Reid dalam sebuah pernyataan.

Silahkan dengarkan salah satu lagu terbaik The Statler Brothers yang juga masuk dalam OST film ikonik Pulp Fiction, di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lubbock Music NOW

    Album Kompilasi "Lubbock Music NOW 2021" Dirilis Oktober Mendatang

    sampul album ke-6 Lubbock Music Now 2021 Lubbock Music NOW menggelar Lubbock Arts Festival adalah suatu pergelaran seni musik yang menggaet komunitas musik

    on Sep 28, 2021
    Americana Honors & Awards

    Americana Honors & Awards 2021 Umumkan Daftar Artis Pemenangnya

    Brandi Charlie, pemenang nominasi Album Of The Year (Foto: Americana Music Association). Ajang bergengsi yang satu ini sempat absen setahun lamanya dikarena

    on Sep 24, 2021
    Lil Nas X

    Lil Nas X Akhirnya Merilis "Montero", Sebuah Album Terapi Bagi Dirinya

    Foto: Rich Fury/Getty Images. Lil Nas X akhirnya merilis album full length debutnya yang telah lama diantisipasi, Montero. Tidak terasa album tersebut diril

    on Sep 18, 2021
    Kacey Musgraves

    Kacey Musgraves Rilis "Star-Crossed", Album Baru Tentang Perceraiannya

    Kacey Musgraves (Foto: dok. artis). Kacey Musgraves telah meluncurkan album barunya, star-crossed melalui MCA Nashville/Interscope Records pada 10 September

    on Sep 11, 2021