×
×

Search in Mata Mata Musik

Penyebab Kematian Eddie Van Halen Resmi Diungkap, Abu Kremasinya Dibuang Ke Laut

Posted on: 12/15/20 at 10:00 am

Penyebab Kematian Eddie Van Halen Resmi Diungkap, Abu Kremasinya Dibuang Ke Laut
Eddie Van Halen (Foto Muda: MediaPunch/REX, Foto Tua: Michele Eve Sandberg).

Lebih dari dua bulan setelah kematian tragis sang legenda gitar Eddie Van Halen, penyebab kematiannya kini baru terungkap secara resmi. Sedangkan pertempuran melawan kanker yang dilaporkan secara luas sebelumnya adalah penyebab yang mendasari, namun penyebab langsung kematiannya adalah stroke.

Baca juga: Rekaman Lawas Eddie Van Halen Mengcover Lagu Jimi Hendrix Muncul Ke Permukaan

Menurut sertifikat kematiannya, yang diungkapan oleh TMZ, ada sejumlah penyakit yang menyebabkan gitaris raksasa rock Van Halen itu meninggal dunia. Penyebab langsungnya terdaftar sebagai kecelakaan serebrovaskular, yang merupakan istilah medis untuk stroke. Di antara penyebab yang mendasarinya adalah pneumonia, yang dideritanya selama satu bulan, sindrom myelodysplastic (kelainan sumsum tulang), yang dideritanya selama lima bulan, dan kanker paru-paru, yang beliau perjuangkan selama tiga tahun.

Selain itu, pada bagian berjudul “Other Significant Condition”, terungkap pula bahwa Eddie menderita karsinoma sel skuamosa (kanker kulit) di kepala dan lehernya, serta atrial fibrillation (detak jantung tidak teratur).

Sertifikat kematian tersebut juga mengungkapkan bahwa Eddie Van Halen dikremasi dan abunya diberikan kepada putra semata wayangnya, Wolfgang Van Halen. TMZ lebih lanjut melaporkan bahwa itu adalah keinginan Eddie agar abunya disebarkan di lautan Samudra Pasifik di lepas pantai Malibu.

Dalam minggu-minggu sejak meninggalnya Eddie pada tanggal 6 Oktober 2020 lalu, banyak penghormatan mengalir dari seluruh komunitas musik dunia. Sesama gitaris legendaris seperti Jimmy Page, Tony Iommi, dan Angus Young semuanya menghormati sang pahlawan gitar yang telah gugur itu, seperti yang dilakukan oleh semua rekan band almarhum Eddie di Van Halen selama kariernya.

Dan baru-baru ini, tiga gitar Eddie Van Halen terjual dengan total US$ 422.000 (sekitar Rp 5,9 miliar) di lelang, yang membuat Wolfgang kecewa, yang merasa bahwa penjual gitar itu memanfaatkan momentum wafatnya ikon musik rock tersebut demi uang.

Baca juga: Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen Akan Dilelang Di Icons & Idols: Rock and Roll

Wolfgang juga nggak suka dengan TMZ karena telah membagikan informasi tentang sertifikat kematian ayahnya dan keinginannya, men-tweet, “TMZ adalah bajingan,” dan menambahkan, “Gue memiliki hak di dunia untuk memanggil orang-orang bajingan yang merilis informasi pribadi tentang keluarga gue”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Van Halen

    Wolfgang Van Halen Menolak Tampil Di Grammy 2021, Ini Alasannya

    Wolfgang dan Eddie Van Halen. (Foto: Philip Cosores). Banyak pemirsa yang menyaksikan acara live streaming Grammy Awards 2021 yang digelar pada hari Minggu

    on Mar 16, 2021
    Eddie Van Halen

    Rekaman Lawas Eddie Van Halen Mengcover Lagu Jimi Hendrix Muncul Ke Pe...

    Jimi Hendrix (Foto: David Redfern/Redferns) / Eddie Van Halen (Foto: Mediapunch/REX Shutterstock). Kibordis David Garfield telah bermain dengan banyak bange

    on Nov 28, 2020
    Wolfgang Van Halen

    Wolfgang Van Halen Debut Single Solo, 'Distance' Via Video Tribute Unt...

    Putra kandung semata wayang mendiang Eddie Van Halen, Wolfgang Van Halen telah meluncurkan single pertama dari proyek solo barunya Mammoth WVH. Berjudul 'D

    on Nov 16, 2020
    Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen

    Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen Akan Dilelang Di Icons & Idols: Roc...

    Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen. Dua gitar listrik yang menjadi senjata andalan sang 'guitar god' Eddie Van Halen akan dilelang. Gitar frankenstrat Eddie

    on Oct 20, 2020