×
×

Search in Mata Mata Musik

Penyebab Kematian Mac Miller Terungkap

Posted on: 11/6/18 at 5:38 pm

Oleh PEOPLE.COM/Karen Mizoguchi, Sarah Michaud

Penyebab kematian Mac Miller telah terungkap.

Rapper berusia 26 tahun ini — yang ditemukan tewas di kediamannya di Studio City, California, pada 7 September — meninggal lantaran overdosis fentanyl, kokain dan alkohol yang tak disengaja, sebagaimana dikonfirmasi PEOPLE. Departemen Pemeriksa-Koroner Medis Wilayah Los Angeles (Los Angeles County Department of Medical Examiner-Coroner) menyimpulkan dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin lalu bahwa kematian Miller murni tak disengaja dan disebabkan oleh keracunan obat-obatan campuran.

Tiga hari pasca meninggalnya Mac Miller, otopsi selesai dilakukan dan jasadnya diantarkan ke keluarganya, menurut juru bicara koroner Wilayah Los Angeles Sarah Ardalani. Berdasarkan laporan dari koroner, Miller ditemukan di tempat tidurnya, “berlutut dengan wajah bertumpu pada lututnya” oleh asisten pribadinya. Setelah menelepon 911, sang asisten memindahkan Miller ke lantai, di mana dia melakukan CPR sampai unit layanan darurat tiba dan menyatakan rapper ini telah tiada. Asisten tersebut kemudian mengatakan pada pihak berwenang bahwa MIller “kesulitan melawan obat-obatan dan ketika dia ‘khilaf’ dia mengonsumsi obat-obatan tersebut secara berlebihan,” dan menambahkan bahwa musisi tersebut telah melakukan “beberapa ‘kekhilafan’ belakangan ini”—dan yang paling terkini yaitu tiga hari sebelum kematiannya.

Sebelumnya, seorang sumber mengatakan kepada PEOPLE bahwa Miller, yang bernama lahir Malcolm James McCormick, pernah mengalami serangan jantung setelah tampak menderita overdosis narkoba. Pada waktu itu, PEOPLE mengkonfirmasi bahwa pihak paramedis tidak pernah membawanya ke rumah sakit, dan dia telah dinyatakan meninggal sebelum dia ditemukan tidak responsif dan tidak dapat diselamatkan.

Menurut TMZ, kediaman Miller dilaporkan telah “disapu bersih” sehingga tidak ada bukti penggunaan narkoba. TMZ juga melaporkan bahwa hanya ada sedikit bubuk putih yang ditemukan di rumah Miller saat polisi mencari petunjuk atas bagaimana rapper ini meninggal.

Pada saat itu, orang dalam memberitahu PEOPLE bahwa Miller, yang baru saja merilis album studio kelima dan finalnya Swimming pada 3 Agustus lalu, menghabiskan malam sebelum kematiannya menonton sepak bola bersama teman-temannya.

Malam santai Miller dengan teman-temannya tampak adem ayem, “makanya berita ini sangat mengejutkan,” kata orang dalam tersebut. “Semua orang yang bekerja dengannya sadar kalau dia sedang lemah, tapi mengira hal ini terjadi karena album barunya, tekanan, dan bukan seperti ini.”

Selama hidupnya, Miller terbuka tentang perjuangannya melawan penyalahgunaan narkoba.

Dalam film dokumenter pendek yang dibuat di tahun 2016 oleh majalah musik The Fader, Miller menjelaskan bagaimana dirinya menjadi sangat bergantung dengan obat batuk sirop berbasis kodein yang dicampur dengan soda.

“Ini semua dimulai saat saya hanya duduk-duduk seharian di rumah dan kemudian saya menjadi bosan. Lalu saya pikir, ‘Saya bisa saja high, dan saya bisa punya petualangan sendiri di ruangan ini,’” kata rapper lagu “Self Care” ini. “Saya selalu pikir, kalau ada yang bilang, ‘Kamu ingin coba ini?’ Saya langsung, ‘Ya, tentu saja.’ Sangat bahaya saat kamu punya banyak uang karena kamu mencoba satu obat, kamu menyukainya, kemudian kamu bisa beli banyak obat-obatan itu. Saya sudah pernah coba semuanya.”

Miller pernah ditangkap karena berkendara di bawah pengaruh obat-obatan (DUI) di bulan Mei lalu, kurang dari seminggu setelah kabar putusnya dari Ariana Grande mencuat ke publik, namun pengacara kota Los Angeles mengkonfirmasi bahwa tuduhan dalam kasus tersebut akan dijatuhkan.

Penyebab Kematian Mac Miller Terungkap-2

Beberapa artis mengenang sosok Mac Miller. (Foto via InStyle)

Minggu lalu, peninggalan dan karier musik Mac Miller dikenang pada konser perayaan hidupnya yang semua keuntungannya akan disumbangkan ke The Mac Miller Circles Fund yang baru terbentuk.

Bintang ini pun dikenang oleh banyak teman-teman dan mantan kolaboratornya seperti Action Bronson, Anderson.Paak, Chance the Rapper, Dylan Reynolds, Domo Genesis, Earl Sweatshirt, J.I.D, John Mayer, Miguel, Njomza, ScHoolboy Q, SZA, Thundercat, Travis Scott, Ty Dolla $ign dan Vince Staples.

Posted on November 5, 2018

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Mac Miller

Seorang Pria Didakwa Terkait Kematian Mac Miller

Pengaduan tindak pidana menyatakan Cameron James Pettit diduga memasok Max Miller dengan pil Oxycodone palsu yang mengandung Fentanyl. Baca Juga: Penyebab Ke

on Sep 11, 2019

Lihat Aksi Mac Miller dan Thundercat di Tiny Desk Concert NPR

Sumber: https://pitchfork.com/news/watch-mac-miller-and-thundercat-do-nprs-tiny-desk-concert/ Posted on August 6, 2018 Thundercat tampil sebagai kameo di lagu

on Aug 7, 2018
Mac Miller Umumkan Album Baru Swimming serta Rilis ‘Self Care’

Mac Miller Umumkan Album Baru Swimming serta Rilis 'Self Care'

Sumber: https://pitchfork.com/news/mac-miller-announces-new-album-swimming/ Posted on July 13, 2018 [caption id="" align="aligncenter" width="790"] Mac Miller

on Jul 14, 2018