×
×

Search in Mata Mata Musik

Penyebab Kematian Resmi Alexi Laiho Telah Diungkap Janda Sahnya

Posted on: 03/5/21 at 5:00 pm

Penyebab Kematian Alexi Laiho Yang Resmi Telah Diungkap Janda Sahnya
Alexi Laiho. (Foto: Total Guitar/Joby Sessions).

Dua bulan lalu, mantan pentolan Children of Bodom Alexi Laiho pergi untuk selamanya pada usia 41 tahun. Kematian yang sangat mendadak dan menyentak semua orang. Saat itu penyebab kematiannya pun belum diungkap ke publik.

Baca juga: Alexi Laiho, Vokalis & Gitaris Metal Shredder Eks-Children Of Bodom Tutup Usia

Kini, Kimberly Goss, mantan istri Alexi (yang secara hukum belum resmi bercerai) mengungkapkan “cause of death” sang vokalis merangkap gitaris itu melalui postingan media sosialnya. Kim menulis, Alexi meninggal karena “degenerasi jaringan ikat hati dan pankreas yang disebabkan alkohol” bersama dengan “campuran obat penghilang rasa sakit, opioid dan obat insomnia dalam sistemnya”.

Obituari Alexi pertama kali dilaporkan pada 4 Januari 2021, tetapi sebenarnya Alexi meninggal sejak 29 Desember 2020.

Alexi memimpin band melodic death metal terbesar di Finlandia, Children of Bodom selama lebih dari 25 tahun, termasuk di era masih bernama Inearthed, hingga mereka bubar jalan pada 2019. Alexi kemudian membentuk Bodom After Midnight pada awal tahun 2020.

Kimberly Goss sendiri merupakan anggota band power metal Synergy. Kim menikah dengan Alexi pada 2002, tetapi pasangan itu berpisah pada 2004. Alexi rupanya telah menikah lagi dengan Kelli Wright. Setelah kematiannya, baru terungkap bahwa doi sebenarnya enggak pernah secara resmi menceraikan Kim, yang dengan demikian dianggap sebagai janda Alexi yang sah (termasuk menyangkut masalah pembagian harta gono-gini).

Dalam postingan Instagram-nya, Kim mengungkapkan penyebab kematian Laiho sebagai “kisah peringatan” bagi orang lain yang berjuang melawan kecanduan alkohol dan orang-orang di sekitar mereka. Simak postingan lengkapnya sebagai berikut:

Pagi ini aku menerima laporan forensik terakhir dengan penyebab kematian Alexi yang resmi. Sebagai janda sahnya, aku mengetahui informasi rahasia ini. Sertifikat itu berbunyi dalam bahasa Finlandia, “Alkoholin aiheuttama maksan rasvarappeutuminen ja haiman sidekudostuminen”. Terjemahan bahasa Inggrisnya adalah, “degenerasi jaringan ikat hati dan pankreas yang disebabkan alkohol”. Selain itu, dia memiliki campuran obat penghilang rasa sakit, opioid, dan obat insomnia dalam sistemnya.

Hilangnya jiwa yang luar biasa berbakat dan indah ini adalah tragedi yang sepenuhnya bisa dicegah. Dia memiliki begitu banyak tahun-tahun indah yang tersisa dalam dirinya. Bayangkan semua musik menakjubkan yang masih bisa kita dapatkan jika dia baru saja menerima bantuan. Aku memohon kepada siapa pun yang berjuang dengan alkoholisme atau masalah penyalahgunaan zat lainnya, untuk mencari dukungan. Kamu enggak harus menghadapi nasib yang sama. Jika orang mencoba membantu kamu, ingatlah bahwa mereka melakukannya karena cinta dan perhatian, jadi tolong jangan mengacuhkan mereka. Harap jangan mengelilingi diri kamu dengan orang atau sesuatu yang memungkinkan untuk mempromosikan kecanduanmu. Biarlah ini menjadi kisah peringatan bahwa enggak ada orang yang enggak bisa diselamatkan.

Aku enggak mau kematiannya sia-sia. Harapanku pada akhirnya adalah memulai sebuah yayasan peringatan atau amal di negara asalnya, Finlandia, untuk membantu orang lain yang berjuang dengan setan yang sama ini. Ini perlu percakapan terbuka, bukan sumber rasa malu. Kita semua manusia, kita semua menderita, tetapi bantuan ada di luar sana. Jika kisah dia dapat menyelamatkan SATU nyawa saja, maka sesuatu yang baik bisa muncul dari kehilangan yang mengerikan yang kita semua alami ini.

Beristirahatlah dengan damai, Wildchild tercinta

Baca juga: Demi Menghormati Mendiang Alexi Laiho, EP Bodom After Midnight Akan Dirilis

Alexi Laiho tercatat telah mengantongi 10 album studio dengan Children of Bodom selama 25 tahun. Bulan lalu, band terakhirnya, Bodom After Midnight, mengumumkan mereka akan merilis EP debut mereka pada tanggal 23 April sebagai penghormatan kepada mendiang Alexi. Berisi tiga lagu, berjudul Paint the Sky With Blood, sesi rekaman terakhir yang dibuat Laiho sebelum kematiannya.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Bodom After Midnight

    Demi Menghormati Mendiang Alexi Laiho, EP Bodom After Midnight Akan Di...

    Bodom After Midnight. (Foto: Terhi Ylimäinen). Setelah sekian lama diantisipasi oleh metalhead di seluruh dunia yang merindukan karya mendiang Alexi Laiho,

    on Feb 11, 2021
    Alexi Laiho

    Ternyata Alexi Laiho Punya Band Tribute To DEATH, Yuk Dengarkan Rekama...

    Alexi Laiho / Chuck Schuldiner. Two fallen guitar heroes. Tahun 2021 ini diawali dengan berita yang nggak enak didengar dan menyesak di dalam dada. Pada har

    on Jan 8, 2021
    Alexi Laiho

    Alexi Laiho, Vokalis & Gitaris Metal Shredder Eks-Children Of Bodom Tu...

    Alexi Laiho. (Foto: Napalm Records). Damn! Kabar nggak enak lagi. Salah satu gitaris shredder metal paling top sedunia, Alexi Laiho, dikabarkan telah mening

    on Jan 4, 2021
    Children Of Bodom 2018

    Children Of Bodom Terancam Bubar!

    Formasi terakhir Children Of Bodom 2019 (Foto: Nuclear Blast Records) Drama Children Of Bodom (COB) kembali tayang dan ramai di dunia maya kancah metal. Kur

    on Dec 24, 2019