×
×

Search in Mata Mata Musik

Pergelaran Mnet Asian Music Awards 2019 Hasilkan 102 Juta Tweets

Posted on: 12/14/19 at 7:41 am

Edisi ke-21 acara tahunan Mnet Asian Music Awards 2019 berlangsung pada 4 Desember lalu di Nagoya, Jepang, merayakan hal-hal terbaik dalam musik K-pop dan artis-artis papan atas di seluruh Asia. Tidak disangka, acara tersebut menjadi obrolan hangat di seluruh dunia, khususnya di platform media sosial Twitter.

Bahkan sebelum acara dimulai, Mnet Asian Music Awards (MAMA) banyak diperbincangkan fans K-pop di dunia maya, karena pemenang kategori utama seperti Artist of the Year dan Song of the Year sebagian dipilih melalui online voting. Sementara itu, Worldwide Icon of the Year serta 10 artis yang meraih penghargaan Global Top 10 Fans’ Choice dipilih berdasarkan 80 persen voting di media sosial dan online.

Sebagai salah satu acara penghargaan terbesar bagi industri musik Korea, MAMA membuat para fandom K-pop yang sangat kompetitif menjadi semakin heboh. Dengan bergulirnya musim penghargaan di Korea pada akhir tahun ini, banyak penyelenggara yang memutuskan untuk memanfaatkan platform media sosial untuk mendorong minat penonton. Bahkan, acara yang lebih serius seperti Golden Disc Awards Korea yang berlangsung bulan depan bekerja sama dengan TikTok untuk urusan voting.

Baca juga: MAMA 2019: BTS Sabet 9 Piala, Termasuk 4 ‘Daesang’

Tahun ini khususnya, MAMA diadakan selama hanya satu hari di Jepang, sangat berbeda dengan pergelaran dua tahun terakhir yang diadakan di tiga kota selama empat hari di 2017 dan tiga hari di tiga kota tahun lalu. Ini membuat hampir semua kegiatan yang berkaitan dengan MAMA menjadi trending sepanjang 4 Desember, saat setiap artis dalam line-up tampil dan menerima penghargaan mereka, dibanding tahun-tahun sebelumnya yang dibagi ke dalam beberapa hari dan zona waktu yang berbeda.

Sejak voting dimulai dari 24 Oktober sampai 4 Desember, Twitter melaporkan fans di seluruh dunia menghasilkan 102 juta tweets yang berpusat pada tagar seperti #2019MAMA, #MAMARedCarpet dan #MnetAsianMusicAwards. Sekitar seperlima dari semua cuitan itu hadir pada hari acara, dengan 21 juta tweets dan tagar terkait MAMA 2019 menjadi tren No. 1 di Twitter di 46 negara. 

Jumlah cuitan terbanyak datang dari Korea Selatan, diikuti dengan Amerika Serikat. Lihat daftar 10 negara teratas dengan cuitan terbanyak tentang MAMA 2019:

1. Korea Selatan
2. Amerika Serikat
3. Indonesia
4. Thailand
5. Jepang
6. Filipina
7. Argentina
8. Meksiko
9. Brasil
10. Malaysia

Sementara itu, 10 tagar teratas terkait MAMA dipimpin oleh #MAMAVOTE–tagar resmi yang diperlukan untuk kategori pilihan penggemar- dan delapan grup besar K-pop. Fans harus menggunakan tagar #MAMAVOTE dan nama grup favorit mereka agar suaranya valid untuk kategori berbasis sosial. 

Semua artis yang masuk daftar trending teratas mendapat penghargaan dan banyak pula artis yang tampil malam itu. Berikut 10 tagar yang paling banyak digunakan di Twitter selama pagelaran MAMA 2019:

1. #MAMAVOTE
2. #BTS
3. #EXO
4. #GOT7
5. #2019MAMA
6. #SEVENTEEN
7. #X1
8. #MonstaX
9. #TWICE
10. #TXT

Namun, antusiasme warganet terhadap MAMA tidak hanya terjadi selama acara. Itu juga terjadi sebelum dan sesudah kegiatan acara.

Twitter menambahkan, streams dari karpet merah MAMA 2019 dan “panggung Thank You” #TwitterBlueRoom menarik total 3 juta penonton. Dengan 140.000 retweets, 300.000 likes dan total 2,2 juta views, video BTS di karpet merah menjadi postingan yang paling banyak di-retweet malam itu.

Secara keseluruhan, kerja sama Mnet Asian Music Awards 2019 dengan Twitter membuktikan penghargaan yang berbasis di Asia dan disiarkan di acara stasiun kabel Korea mampu memicu percakapan besar di dunia maya.

Tonton penampilan TWICE membawakan versi R&B ‘Feel Special’ di MAMA 2019 di bawah ini. Ini merupakan penampilan yang paling banyak ditonton di YouTube dengan lebih dari 7,5 juta views, lho!

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BTS

BTS Raih Posisi 4 di Chart Billboard Hot 100 Lewat Singel 'On'

BTS. (Foto: Instagram.com/@bts.bighitofficial). Prestasi BTS di chart Billboard terus bertambah. Hanya dalam hitungan sepekan sejak album Map of The Soul: 7

on Mar 4, 2020
IU

Agensi IU Beri 'Update' Mengenai Aksi Legal Terhadap Komentar ...

IU. (Foto: Soompi). Pada 17 Februari, agensi dari penyanyi K-pop IU telah membagikan pernyataan resmi tentang tindakan hukum yang akan mereka ambil terhadap

on Feb 18, 2020
Red Velvet

Red Velvet Ungguli Destiny’s Child dengan The ReVe Festival - Finale

Red Velvet baru saja merilis video musik bertema gothic untuk single baru mereka ‘Psycho,’ bersamaan dengan bagian terakhir dari seri mini album ReVe Festi

on Dec 24, 2019
Red Velvet comeback

Red Velvet Akhiri Trilogi Album The ReVe Festival Bulan Ini!

Red Velvet akan merilis bagian terakhir dari trilogi 'The ReVe Festival' mereka bulan ini! Girl group ini akan meluncurkan 'The ReVe Festival: Finale' pada

on Dec 12, 2019