×
×

Search in Mata Mata Musik

Persaingan Spotify & Apple Music di Ranah Podcast!

Posted on: 08/7/19 at 3:00 pm

Dua raksasa streaming musik ini berlomba menguasai pasar podcast dengan investasi dan akuisisi, tetapi ini masih bisa dimenangkan siapa saja.

Entah kalian menyadari atau tidak, namun di 2019 ini dua pemain terbesar di industri, Spotify dan Apple Music, diam-diam berhenti menyebut diri mereka sebagai layanan musik.

Meskipun kedua raksasa teknologi ini masih mengedepankan katalog musik mereka yang kuat sebagai inti dari produk mereka, tahun ini memperlihatkan serangkaian langkah agresif dari masing-masing perusahaan di arena yang justru sangat berbeda.

Arena itu adalah konten audio non-musik, khususnya mengacu pada podcast, sebuah format yang booming yang menarik seperlima kaum dewasa di AS setiap minggunya, menurut laporan audiens terbaru dari Nielsen. 10 tahun lalu, angka itu hanya setengahnya.

Spotify menghabiskan sebagian besar tahun ini untuk berburu, menggaet beberapa peluang podcast papan atas dengan tokoh-tokoh ternama seperti komedian Josh Adam Meyers dan Barack dan Michelle Obama; berinvestasi sekitar $300 juta untuk podcast, mengakuisisi dua perusahaan podcast, dan mendesain ulang tampilan aplikasinya untuk menonjolkan episode podcast agar sejajar dengan album musik.

Di sisi lain, Apple Music pun tidak mau kalah. Mereka kini sedang bersiap untuk mendanai podcast eksklusif asli milik sendiri, menurut laporan terbaru Bloomberg. Detail lebih lanjut terkait kesepakatan ini masih belum diungkapkan.

Pekan lalu, Voxnest—sebuah perusahaan podcast yang menawarkan layanan kepada penerbit dan pengiklan—mengeluarkan laporan menggunakan data jaringan audiens, yang menyatakan Apple Music saat ini memiliki andil lebih besar di pasar podcast berdasarkan popularitas—namun hanya dengan selisih yang tipis.

Persaingan Spotify & Apple Music di Ranah Podcast!
Peta kekuatan Spotify dan Apple Music untuk menguasai ranah podcast.

Dominasi Spotify saat ini di negara-negara Eropa tertentu seperti Jerman, Bulgaria dan Belanda “sangat penting” untuk diperhatikan karena tingkat pertumbuhan yang menjanjikan di kawasan itu, menurut laporan. Kemungkinan, publik akhirnya akan melihat fragmentasi khusus di negara yang sama seperti halnya streaming musik, di mana Apple Music memimpin dalam jumlah pelanggan berbayar di AS tetapi Spotify memimpin secara global dalam segi pangsa pasar.

Dan itu belum memperhitungkan upaya podcast yang ditargetkan dari perusahaan audio seperti Pandora dan Luminary, yang juga secara ambisius mulai memasuki ranah ini.

Pertanyaan yang lebih baik dilontarkan ketimbang “siapa yang akan menjadi juaranya?” mungkin adalah “perusahaan mana yang akan mendapat keuntungan lebih dari podcast?” Para analis sebagian besar melihat inisiatif podcast Spotify sebagai strategi untuk mendiversifikasi penawaran layanan streaming asal Swedia ini; namun untuk Apple, memperluas bisnis podcast berarti mengembangkan sesuatu yang sudah ada dalam ekosistem produk perusahaan via iTunes sejak tahun 2005.

Tetapi seperti yang dilaporkan analisis Vulture, substansi dan taruhannya sekarang sangat berbeda seiring podcast berkembang dari segi popularitas dan profit, berkat kemajuan dalam layanan streaming dan gadget teknologi konsumen seperti speaker pintar.

Singkatnya, Semua orang sudah melihat tanda-tanda pasar utama yang belum dimanfaatkan, dan perlombaan merajai pasar itu dari setiap sisi akan mendatangkan kekacauan.

Ilustrasi Gambar: Red. Mata Mata Musik.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Spotify

Spotify Kini Hadirkan Fitur Playlist Dan Podcast Khusus Untuk Hewan Pe...

Pet Playlist (Foto: Spotify.com) Jika Anda pernah merasa bersalah karena harus meninggalkan hewan peliharaan Anda sendirian di rumah, Spotify mungkin mempun

on Jan 17, 2020
Spotify

Spotify Uji Coba Tastebuds, Cara Anyar Cari Musik Baru via Teman

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menemukan musik baru selain mendapatkan rekomendasi dari orang yang selera musiknya kurang lebih sama dengan kita. Spotify

on Dec 24, 2019
Ozuna

Ozuna Ceritakan Evolusi Albumnya, Dari Odisea Hingga Nibiru

Ozuna lagi-lagi membuktikan kalau dirinya tidak bisa dipandang sebelah mata. Selama tiga tahun berturut-turut, dia debut di posisi No. 1 Top Latin Albums Billb

on Dec 20, 2019
YouTube Music

Yuk, Kenali 3 Fitur Playlist Baru YouTube Music!

YouTube Music semakin memanaskan persaingan dengan kompetitornya seperti Spotify dan Apple Music lewat peluncuran tiga playlist yang dipersonalisasi. Ketiga

on Dec 18, 2019