×
×

Search in Mata Mata Musik

Persediaan Vinyl Sedunia Terancam Setelah Pabrik Manufaktur Utamanya Terbakar

Posted on: 02/11/20 at 4:00 pm

Gawat! Sang co-founder dari label indie Third Man Records, Ben Blackwell, mengatakan bahwa kehancuran fasilitas Apollo Masters di California “akan menghadirkan masalah bagi industri vinyl di seluruh dunia”.

Apollo Masters — sebuah perusahaan manufaktur yang memasok bahan pernis yang digunakan untuk membuat CD master, yang digunakan untuk membuat piringan hitam atau vinyl — mengalami kebakaran pada hari Kamis, 6 Februari, di fasilitas pabrik dan penyimpanan mereka di Banning, California, Amerika Serikat menurut laporan dari The Desert Sun. Tidak ada karyawan yang terluka dalam kobaran api yang “dahsyat” tersebut, yang menghancurkan fasilitas itu sepenuhnya.

Sebuah catatan pada website resmi Apollo Masters menyatakan, “Kami tidak yakin dengan nasib kami di masa depan pada saat ini dan sedang mengevaluasi berbagai opsi sambil mencoba untuk bekerja melewati masa yang sulit ini”. Para tokoh dalam industri produksi rekaman vinyl telah menyatakan keprihatinan yang sama.

“Dari pemahaman saya, kebakaran ini akan menghadirkan masalah bagi industri vinyl di seluruh dunia,” ujar Ben Blackwell, salah satu pendiri dari label indie Third Man Records, kepada Pitchfork dalam sebuah email. “Hanya ada dua perusahaan yang memproduksi pernis di dunia, dan yang lainnya, perusahaan MDC di Jepang, sudah mengalami kesulitan memenuhi permintaan konsumen sebelum terjadinya kebakaran ini”.

Blackwell juga menulis bahwa ada “bisikan” dari perusahaan lain “yang menghibur gagasan” untuk ikut memasuki pasar produsen pernis, tetapi Apollo Masters juga merupakan “pemasok utama atau mungkin satu-satunya pemasok styli (jarum piringan hitam)” yang digunakan dalam proses menekan vinyl. “Saya membayangkan bahwa (kejadian) ini akan mempengaruhi semua orang, tidak hanya perusahaan Third Man Pressing dan Third Man Mastering, tetapi sampai skala kerugian yang masih belum bisa ditebak”.

Selain itu, Blackwell juga mengklarifikasi bahwa, “Saya tidak ingin menjadi seorang yang alarmis. Tetapi saya berusaha untuk bersikap realistis dan tidak Pollyannish (sebuah sikap positif yang berlebihan)”.

Akun Twitter-nya Duplication, sebuah perusahaan duplikasi dan percetakan vinyl/CD/DVD/kaset yang berbasis di Toronto, Kanada, menulis sebuah tweet yang berkata, “Bencana untuk industri pencetak vinyl. Akan ada kekurangan bahan pernis dan mungkin akan ada banyak pabrik yang harus tutup atau mengurangi kembali operasi mereka untuk sementara waktu”.

Ketika dihubungi oleh Pitchfork, David Read, seorang koordinator produksi dan penjualan vinyl di perusahaan Duplication, menambahkan bahwa kebakaran tersebut “akan secara langsung memengaruhi semua pabrik, band/label, insinyur mastering, fasilitas pelapisan, dan lain-lain, siapa pun yang menggunakan pernis sebagai bahan dasar dari vinyl yang mereka produksi”. Dia juga menambahkan dengan optimis, “Dalam hampir 40 tahun pengalaman saya, industri vinyl secara keseluruhan sangat lah ulet, dan dipenuhi dengan para profesional berbakat yang akan, dan sudah, bekerja sama untuk menemukan jalan keluar dan solusi dari masalah saat ini”.

Wah, jangan sampai produksi vinyl berhenti dan semua rilisan yang sudah beredar akan berpotensi menjadi langka dan kemudian mahal. Semoga segera menemukan solusinya dan bisa membangun kembali kerusakan pabrik Apollo Masters demi pelestarian rekaman fisik di industri musik.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Arsip Musik Indonesia

    Arsip Musik Indonesia Lawas Diselamatkan RRI Dengan Restorasi Audio

    Pataka Swahara Sanja, music director RRI Surabaya, melakukan pemilihan dan restorasi lagu-lagu zaman dahulu untuk dapat diputar kembali dengan sistem modern. (

    on Mar 11, 2021
    Czech Record Store

    Pabrik Vinyl Terbesar Di Dunia Justru Cetak Rekor Penjualan Selama Pan...

    Petr Rakosnik, pemilik toko rekaman musik sedang menyortir vinyl di tokonya yang tutup di tengah pandemi Covid-19 di Praha, Republik Ceko, 17 Februari 2021. (F

    on Feb 18, 2021
    Bandcamp

    Bandcamp Perluas Layanan 'Vinyl Pressing' Untuk Akomodir 10.000 Artis ...

    Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, tahun lalu Bandcamp membuat banyak artis indie bahagia dengan mengumpulkan dana sebesar US$ 40 juta (sektiar Rp

    on Jan 15, 2021
    Vinyl Revival

    Vinyl Revival: Akhirnya Mengalahkan Penjualan CD Sejak 34 Tahun Silam ...

    Foto: Andrey Danilovich/Getty Images/iStockphoto. Setelah vinyl sempat lama punah digantikan oleh CD dan kemudian semua album rekaman fisik tersebut tergeru

    on Sep 11, 2020