×
×

Search in Mata Mata Musik

Perwakilan Prince Rilis Video Lagu ‘Baltimore’ Untuk Hormati George Floyd

Posted on: 06/9/20 at 8:00 am

Prince.
Prince.

Untuk menghormati dan memperingati hari ulang tahun mendiang musisi legendaris Prince pada hari Minggu lalu, pihak perwakilan dari ikon musik itu juga merilis video lirik lagu hit Prince, ‘Baltimore’ untuk menghormati George Floyd yang tewas dalam penyergapan polisi.

Baca juga: Konser Tribute Untuk Prince: Foo Fighters, Coldplay Dan Lainnya, Tonton Di Sini

Prince merilis lagu ‘Baltimore’ pada tahun 2015 sebagai respons reaktif atas kematian Freddie Gray di Baltimore, Amerika Serikat (AS) yang meninggal dalam tahanan polisi pada bulan April di tahun yang sama, yang telah memicu protes besar-besaran di kota itu. Lagu ini direkam pada 30 April di Paisley Park Studios, dengan Prince yang memainkan semua instrumennya. Itu adalah sebuah lagu asyik yang membuat subyek aslinya yang gelap terasa samar-samar: “Does anybody hear us pray?/For Michael Brown or Freddie Gray/Peace is more than the absence of war“. Lagu itu muncul di album terakhir Prince yang dirilis tahun 2015 lalu, Hit n Run Phase Two.

“Dengan semua yang terjadi di sana minggu ini, aku punya banyak hal yang perlu aku ekspresikan,” ujar Prince saat itu. Dia juga memainkan konser di Baltimore yang bertajuk Rally 4 Peace, yang disiarkan secara live melalui aplikasi streaming musik milik rapper Jay-Z, Tidal.

Freddie Gray, yang berusia 25 tahun, meninggal karena cedera tulang belakang yang parah saat sedang dalam tahanan, menurut laporan New York Times. Pada 2017, Departemen Kehakiman setempat mengumumkan bahwa enam petugas polisi yang ditangkap tidak akan menghadapi tuntutan federal dalam kasus kematiannya. Freddie Gray ditangkap pada bulan April 2015 dan didakwa dengan kepemilikan benda tajam switchblade (pisau lipat) secara ilegal. Dia naik mobil van polisi setelah penangkapannya – diamankan dengan sabuk pengaman – dan ditemukan tidak sadar setelah perjalanan itu. Dia meninggal minggu depannya.

Baca juga: Prince Ungkap Kebenciannya terhadap Katy Perry dan Ed Sheeran

Selain video itu, perwakilan Prince juga merilis catatan tulisan tangan dari arsip sang musisi yang sangat tepat waktu dengan keadaan dunia sekarang, yang berbunyi: “Tidak ada yang lebih jelek di seluruh dunia selain intoleransi [antara] hitam, putih, merah, kuning, laki-laki atau perempuan. Intoleransi”.

AS memasuki periode satu minggu lainnya yang dipenuhi aksi protes setelah kematian tragis George Floyd di tangan polisi Minneapolis. Semua petugas yang terlibat telah ditangkap dan Dewan Kota sekarang telah berjanji untuk membongkar dan menelusuri sistem kepolisian kota mereka.

Tonton video lirik lagu Prince, ‘Baltimore’ di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Backyard Tone

Single Perdana Backyard Tone 'Berjayalah Indonesia' Lahir Di Hari Sump...

Backyard Tone. Backyard Tone adalah grup duo pengusung pop rock asal kota Bandar Lampung yang dibentuk pada 2020. Grup ini beranggotakan Trio Efendi sebagai

on Oct 31, 2020
OKUMMA

OKUMMA Lepaskan 'Vienna', Single Perdana Tentang Cinta Bertepuk Sebela...

Okumma. OKUMMA merilis satu single di kuartal ke-3 tahun ini. Dengan judul 'Vienna', single resmi pertama dari band pop rock ini diharapkan menjadi sebuah l

on Oct 20, 2020
RABR

Mantan Band Tribute The Beatles, RABR Rilis EP Perdana Bernuansa Retro...

Pada hari Jum’at, 10 Oktober 2020, RABR secara resmi merilis mini album alias EP perdana dalam format digital melalui berbagai platform musik seperti Spo

on Oct 16, 2020
Erratic Moody

Unit Retro Pop Erratic Moody Rilis 'Selancar', Single Baru Bernuansa L...

Erratic Moody. Nggak seperti single Erratic Moody sebelumnya yang bernuansa hangat dengan tempo lambat, 'Selancar' menyajikan lagu pop rock bertempo semanga

on Oct 12, 2020