×
×

Search in Mata Mata Musik

Peter Tork Tutup Usia

Posted on: 02/23/19 at 10:00 am

Pemain bas The Monkees meninggal dunia pada usia 77 tahun. Belum ada keterangan penyebab spesifik kematiannya hingga saat ini. 

Oleh: Sam Barsanti. (AV News)

Seperti yang dikutip dari Washington Post, aktor dan musisi Peter Tork, pemain bas The Monkees yang ceria dan dicintai meninggal dunia. Saudara perempuan Peter Tork, Anne Thorkelson, mengkonfirmasi kabar kematiannya tapi tidak memberi keterangan spesifik terkait penyebab kematiannya, Washington Post memberi catatan bahwa Ia didiagnosa mengidap penyakit kanker yang langka pada 2009. Tork berusia 77 tahun.

Peter Tork lahir di Washington, DC pada tahun 1942. Dia belajar cara bermain piano ketika masih kecil dan dengan cepat belajar beberapa instrumen lainnya, membawa bakat musiknya ke New York pada awal tahun 60an di mana dia terlibat di folk scene di Greenwich Village. Di sana, Ia dikenal dengan personanya yang dummy, Washington Post mengatakan dia akan mengeluarkan senyum bingung setiap kali ada olok-olok aksi panggungnya yang dibilang flat. 

Namun gimik tersebut berhasil memberikan Peter Tork permintaan audisi untuk sebuah acara televisi tentang sekelompok musisi. 

Acara televisi tersebut adalah The Monkees, dan di bawah bimbingan sutradara dan guru akting James Frawley (yang kemudian mengarahkan The Muppet Movie), tim aktor dan musisi yang telah dikumpulkan oleh jaringan televisi yang bersangkutan—termasuk Davy Jones, Mickey Dolenz, Mike Nesmith, dan Tork — mampu bergabung dalam rombongan komedi slapstick yang tepat. Tork bertindak sebagai Ringo Starr di grup, a.k.a. “yang lucu,” menggunakan gimiknya. Pertunjukan itu meraih sukses besar, dengan James Frawley memenangkan Emmy dan kelompok itu menjadi bintang pop yang sah yang diakui, dan inilah awal mula pertikaian dalam diri Peter Tork dimulai. 

Ternyata, materi-materi The Monkees pada waktu itu sebenarnya ditulis dan dilakukan oleh kumpulan musisi lain, yang membuat Tork frustasi karena dia benar-benar mempelajari musik dan tahu cara memainkan banyak instrumen. Setelah dua pre-made album untuk pre-made band, The Monkees mampu mengendalikan karier mereka sendiri dan mulai menulis dan menampilkan musik mereka sendiri, bahkan melakukan tur dan tentunya, memainkan instrumen mereka sendiri (yang sebelumnya tidak diizinkan). Dengan aspirasi musiknya sendiri, Peter Tork akhirnya menjauh dari anggota grup lainnya dan mencoba mengembangkan karier solonya, tetapi tidak ada yang benar-benar berjalan baik untuknya seperti The Monkees.

Namun, ketika Peter Tork menjauhkan diri dari teman-temannya, Tork akhirnya menyadari betapa Ia menikmati bermain dengan The Monkees, mengatakan dalam wawancara bahwa ada “keajaiban” bagi band meskipun fakta bahwa band tersebut hanya bagian untuk sebuah acara televisi. Dia juga bersatu kembali dengan kelompok itu. 

Keterangan Foto Utama: Peter Tork. (Foto: Matthew Eisman/Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Drumer Hal Blaine Meninggal di Usia 90 Tahun-1

Drumer Hal Blaine Meninggal di Usia 90 Tahun

Drumer di balik ritme Be My Baby yang ikonik serta lagu-lagu hit dari Frank Sinatra, Elvis Presley dan Simon & Garfunkel digambarkan sebagai pria ‘terheb

on Mar 13, 2019