×
×

Search in Mata Mata Musik

Phil Spector, Produser Rekaman Legendaris Inventor “Wall of Sound” Tutup Usia

Posted on: 01/17/21 at 11:00 am

Phil Spector, Produser Rekaman Legendaris Inventor "Wall of Sound" Tutup Usia
Phil Spector. (Foto: via CoS).

Phil Spector, produser rekaman Amerika Serikat pionir dan inventor “wall of sound” dalam genre pop, yang hidupnya berakhir di penjara karena membunuh aktris Lana Clarkson, telah meninggal dunia di usia 81 tahun.

Menurut TMZ, Phil Spector meninggal di rumah sakit penjara pada hari Sabtu, 16 Januari 2021 lalu karena penyakit komplikasi.

Baca juga: Pembunuh John Lennon Beri Pengakuan Baru Alasan Tindakan Kejinya

Phil Spector diakui secara luas sebagai salah satu produser paling berpengaruh dalam sejarah musik, yang hasil rekaman olahannya identik dengan estetika orkestrasi padat yang dikenal sebagai “wall of sound”. Teknik perekaman tersebut diterapkan Phil pada sekelompok besar musisi, sering kali menggandakan dan melipatgandakan instrumen yang sama, dan membuat mereka bermain serempak. Ansambel orkestra Phil tersebut memadukan gitar elektrik dan akustik di samping instrumen petik dan tiup, serta perkusi yang tidak secara tradisional digunakan untuk membuat musik pop. Hasilnya adalah sound yang lebih penuh dan lebih kaya yang beresonansi di radio stereo dan jukebox, sangat berbeda dengan musik-musik lain yang dirilis selama era itu.

Pada tahun 1961, di usia 22 tahun, Phil Spector ikut mendirikan Phillies Records. Selama beberapa tahun ke depan, label tersebut merilis sejumlah single No. 10 yang semuanya diproduseri oleh Phil termasuk Darlene Love and the Blossoms ‘He a Rebel’, The Ronettes ‘Be My Baby’, dan The Righteous Brothers ‘You’re Lost That Lovin’ Feelin” dan ‘Unchained Melody’. Pada tahun 1966, Phil mengontrak Ike dan Ina Turner ke roster Phillies Records, tetapi setelah materi awal keduanya gagal mencapai kesuksesan komersial yang serupa, Phil menjadi kecewa oleh industri rekaman dan menutup bisnis labelnya.

Pada tahun 1969, Phil Spector diundang oleh manajer The Beatles, Allen Klein untuk memproduksi single John Lennon ‘Instant Karma’. Karena kesuksesan lagu tersebut, doi diminta untuk menyelamatkan album The Beatles Let It Be yang saat itu terbengkalai karena tidak ada kepastian. Saat mengerjakan album itu, Phil memilih untuk menghilangkan ‘Don’t Let Me Down’ dan menggantinya dengan ‘Across the Universe’ dan juga menerapkan overdub orkestra dan paduan suara ke dalam empat lagu, terutama ‘The Long and Winding Road’. Meskipun Paul McCartney marah dengan perubahan tersebut, John Lennon dan George Harrison akhirnya menandatangani kesepakatan versi album Phil Spector ini dan dirilis pada tahun 1970 untuk mendapatkan pengakuan secara universal.

Juga di tahun yang sama, Phil Spector memimpin album solo George Harrison, All Things Must Pass dan John Lennon, Plastic Ono Band. Tahun berikutnya doi memproduseri album Imagine-nya John Lennon serta single solonya, ‘Power to the People’. Doi juga ditugasi merekam album George Harrison The Concert for Bangladesh, yang kemudian memenangkan Album of the Year di Grammy Awards.

Pada tahun 1974, Phil Spector hampir meninggal dalam kecelakaan mobil dan terluka parah yang membuatnya terpaksa absen selama tiga tahun. Doi kembali aktif pada tahun 1977 ketika doi memproduksi album Leonard Cohen Death of a Ladies ’Man. Doi kemudian bekerja sama dengan kuartet punk rock Ramones untuk mengerjakan album kelima mereka, End of the Century, yang menghasilkan lagu-lagu hits seperti ‘Rock n’ Roll High School’ dan ‘Do You Remember Rock n’ Roll Radio?’.

Aktivitas Phil Spector menurun drastis selama dua dekade berikutnya. Proyek-proyek yang doi kerjakan seperti Celine Dion Falling into You, sering kali gagal karena perbedaan kreatif.

Kehidupan pribadi Phil Spector penuh dengan kemarahan dan kekerasan yang terwujud baik dalam kehidupan pribadi maupun profesionalnya. Ronnie Spector dari The Ronnettes, istri Phil selama tujuh tahun antara 1968 dan 1974, mengatakan suaminya melakukan pelecehan fisik dan emosional sampai-sampai doi sering mengancam akan membunuhnya. Saat merekam John Lennon pada tahun 1973, Phil diduga menarik pelatuk pistol ke mantan anggota The Beatles itu dan mengejarnya di lorong studio. Pada 1979, doi juga mengancam gerombolan Ramones dengan pistol ketika mereka berusaha meninggalkan studio rekaman pada suatu malam.

Baca juga: Beginilah Serunya Klip Footage Pertama Film Dokumenter The Beatles: Get Back

Pada tahun 2003, Phil Spector ditangkap dan didakwa atas pembunuhan aktris Lana Clarkson, yang ditemukan tewas karena satu tembakan di dalam rumah Phil Spector di California. Phil awalnya menelpon operator 911, “Saya rasa saya baru saja menembaknya,” tetapi kemudian mengubah ceritanya dan mengklaim Lana Clarkson meninggal karena “bunuh diri yang tidak disengaja”. Setelah pembatalan pengadilan awal, Phil diadili kembali dan dihukum karena pembunuhan tingkat dua pada tahun 2018. Doi dijatuhi hukuman 19 tahun penjara seumur hidup.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Aib Artis

    Antara Karya & Aib Dari Seorang Artis Yang Tidak Selalu Bisa Dipisahka...

    Ki-ka: Phil Spector, Gisel, Michael Jackson, R. Kelly, Ariel. Kondisi psikologi manusia memang merupakan hal yang sulit untuk dipahami. Bagaikan dua sisi se

    on Jan 20, 2021
    Beatallica

    Beatallica, Band Unik Tribute The Beatles & Metallica Kembali Siapkan ...

    Beatallica. (Foto: via Metal Assault Records). The Beatles bisa dibilang adalah band rock terhebat sepanjang masa, dan Metallica adalah band metal terbesar

    on Jan 20, 2021
    Mary McCartney

    Putri Paul McCartney, Mary Menjadi Narator Film Dokumenter "Abbey Road...

    Mary McCarthy. (Foto: Grace Guppy via Instagram/@grace.guppy). Pada 1931, Gramophone Company membuka studio rekaman di kompleks hunian Georgia di Abbey Road

    on Jan 13, 2021
    The Beatles

    Beginilah Serunya Klip Footage Pertama Film Dokumenter The Beatles: Ge...

    Sutradara beken di balik film-film Box Office seperti Lord of the Rings, Peter Jackson telah meluncurkan video "sneak peek" pertama untuk film dokumenter b

    on Dec 22, 2020