×
×

Search in Mata Mata Musik

Placebo Kembali Via Lagu Keren ‘Beautiful James’ Setelah 5 Tahun Absen

Posted on: 09/20/21 at 12:00 pm

Placebo Kembali Via Lagu Keren 'Beautiful James' Setelah 5 Tahun Absen Karya
Placebo (Foto: Mads Perch).

Placebo, anak-anak 1990-an dan awal 2000-an pasti kenal band alternative rock yang dibentuk di London, Inggris tahun 1994 ini. Band ini sekarang hanya menyisakan dua orang, yakni Brian Molko (vokal, gitar, kibord) dan Stefan Olsdal (bass, kibord, vokal). Dramer Steve Forrest telah hengkang sejak 2015.

Sejauh ini, Placebo telah mengantongi enam album studio, enam EP dan 27 single. Band ini telah telah menjual album sebesar satu juta kopi di Inggris dan lebih dari sepuluh juta kopi di seluruh dunia.

Band ini juga terkenal berkat orientasi seksual para anggotanya. Olsday adalah gay dan Molko biseksual.

Baca juga: 27 Ikon Musik Rock dan Metal Di Komunitas LGBTQ+ Yang Disegani

Placebo beken banget berkat lagu-lagu hit mereka, yakni ‘Nancy Boy’, ‘Pure Morning’, ‘Every You Every Me’, ‘Meds’, dan ‘The Bitter End’. Gaya musik mereka berevolusi. Album pertama mereka menampilkan musik yang cadas dan minimalis, tetapi album-album selanjutnya memiliki tempo yang lebih lambat, lebih melankolis, dan mulai bereksperimen dengan instrumen elektronik.

Placebo Kembali Dengan Lagu Keren

Nah kini Placebo telah kembali dengan single baru pertama mereka dalam lima tahun, ‘Beautiful James’.

Sejak detik pertama, lagu ini langsung menyapa ramah telinga dengan alunan melodi kibord-synthetizer yang ear-catching. Itu sepenuhnya disengaja, karena dalam siaran pers band mencatat bahwa lagu itu berasal hanya dari judul dan beberapa pencitraan fotografi. Band ini bekerja untuk menulis musik agar sesuai dengan perasaan yang ditimbulkan oleh kombinasi tersebut.

“Jika lagu itu berfungsi untuk mengganggu konvensional dan ketegangannya, jadilah itu dengan gembira,” kata Brian Molko dari Placebo dalam pernyataannya. “Tetapi tetap penting bagi gue bahwa setiap pendengar menemukan kisah pribadi mereka sendiri di dalamnya. Gue benar-benar enggak mau memberi tahu lo bagaimana perasaannya”.

Lo sudah bisa mendengarkan ‘Beautiful James’ dari Placebo melalui video visualizer di bawah ini. Dan bersiaplah untuk mendengar lebih banyak lagi dari mereka. Lagu tersebut sukses menjadi ‘appetizer’ yang menggugah selera untuk album full length mendatang mereka. Album full length terakhir mereka, Loud Like Love dirilis tahun 2013. Single terakhir Placebo muncul di tahun 2016 berjudul ‘Jesus Son’ dari EP Life’s What You Make It .

Baca juga: St Vincent Meluncurkan Album OST “The Nowhere Inn” Bareng Filmnya

Selamat menyimak lagu baru yang asyik dari Placebo.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Album Klasik

    32 Album Klasik & Esensial Yang Berulang Tahun Di Bulan September

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya sebuah

    on Sep 28, 2021
    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021
    Tom Morello

    Tom Morello & Bring Me The Horizon Party Bareng Di Lagu Yang 'PECAH'

    Foto: dok. artis. Tom Morello, penggemar rock siapa yang tidak mengenal gitaris ini. Gitaris sekaligus ikon rock pemenang dua penghargaan Grammy ini baru sa

    on Sep 23, 2021
    Bring Me The Horizon

    Bring Me The Horizon Kembali Nge-Pop Di Single Baru 'DiE4u', Lah?

    Bring Me the Horizon (Foto: Reece Owen). Bring Me The Horizon (BMTH) akhirnya memuntahkan single barunya, 'DiE4u' yang sebelumnya mengumbar beberapa teaser.

    on Sep 19, 2021