×
×

Search in Mata Mata Musik

Plakat Memorial Eddie Van Halen Diresmikan Oleh Warga Kota Pasadena

Posted on: 10/12/21 at 10:00 am

Plakat memorial Eddie Van Halen
Upacara Peresmian Plakat Memorial Eddie Van Halen (Foto: Sarah Reingewirtz/MediaNews Group/Los Angeles Daily News via Getty Images).

Eddie Van Halen dan bandnya, Van Halen belum lama ini dihormati secara resmi di kampung halamannya di Pasadena, California, Amerika Serikat (AS). Untuk menghormati mendiang sang maestro gitaris legendaris, sebuah plakat memorial Eddie Van Halen (EVH) dibuatkan khusus.

Baca juga: 10 Momentum Riff Terbaik Eddie Van Halen Di Sepanjang Karier Sang Guitar God

Upacara peresmiannya berlangsung pada Senin, 11 Oktober di Auditorium Sipil Pasadena. Acara ini diselenggarakan oleh warga Pasadena, Randa Schmalfeld dan Julie Kimura, yang mengumpulkan US$ 6.500 melalui sumbangan GoFundMe dari para penggemar Van Halen.

Tempat tersebut berfungsi sebagai penempatan yang tepat untuk plakat EVH, karena Van Halen memainkan 14 konser di Civic Auditorium antara tahun 1975 hingga 1978. Pertunjukan formatif inilah yang telah meluncurkan Van Halen menjadi bintang rock. Setelah keluarga Van Halen beremigrasi dari Belanda ke Pasadena, California, AS.

Walikota Pasadena Victor Gordo menghadiri pembukaan plakat bersama dengan anggota dewan kota Tyrone Hampton, Andy Wilson, Gene Masuda, dan Felicia Williams. Pembatasan protokol kesehatan Covid-19 membuat tidak adanya kehadiran publik.

“Acara ini menyatukan sejarah dan komunitas untuk merayakan artis terkenal dunia,” kata Williams, seperti dilansir Newsweek. “Bukan hanya sejarah Eddie sebagai legenda gitar, tetapi juga tantangan yang dia hadapi saat tumbuh dewasa sebagai ras campuran di Pasadena, yang selalu berbicara kepada saya. Dan dukungan serta inisiatif masyarakat untuk mewujudkannya sangat menginspirasi. Terima kasih semuanya”.

Gordo juga berbicara tentang pentingnya Van Halen bagi kota Pasadena. Walikota mengingat bagaimana dia bekerja di restoran lokal dan tidak punya cukup uang untuk menghadiri konser Van Halen. Tetapi dia bisa melayani margarita band.

“Saya benar-benar seorang penggemar,” kata Gordo, dilansir Pasadena Star News.

Bunyi Teks Plakat Eddie Van Halen

Keluarga Van Halen beremigrasi dari Belanda ke Pasadena pada tahun 1962. Alex dan Eddie Van Halen bersekolah di Pasadena dan mulai bermain musik bersama Eddie pada gitar dan Alex pada dram. Bertahun-tahun kemudian, kedua bersaudara ini membentuk band Van Halen, bersama dengan bassis Michael Anthony dan vokalis David Lee Roth. Antara tahun 1975 dan 1978, Van Halen melakukan 14 konser di Pasadena Civic Auditorium and Conference Center.

Dianggap sebagai salah satu band paling sukses sepanjang masa, Van Halen akan selamanya dikenang karena menciptakan kembali Rock ‘n’ Roll dan koneksi mereka ke Pasadena.

Pembukaan plakat itu dilakukan lima hari setelah peringatan satu tahun meninggalnya Eddie. Gitaris paling berpengaruh di dunia ini meninggal karena stroke pada 6 Oktober 2020, dengan kanker paru-paru menjadi penyebab utamanya.

Baca juga: Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen Akan Dilelang Di Icons & Idols: Rock and Roll

Lihat secara close-up plakat memorial EVH di bawah ini.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Album Klasik

    32 Album Klasik & Esensial Yang Berulang Tahun Di Bulan September

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya sebuah

    on Sep 28, 2021
    Guns N' Roses

    Guns N' Roses Umumkan Perilisan EP Terbaru Februari Tahun Depan

    Sampul EP GNR terbaru. Setelah merilis 'ABSUЯD” pada bulan Agustus lalu, gerombolan hard rock paling berbahaya Guns N’ Roses (GNR) kembali merilis lagu

    on Sep 27, 2021
    Alessia Cara & The Warning YT

    Metallica 'Enter Sandman' Versi Lembut Ala Alessia Cara & The Warning

    'Enter Sandman' adalah lagu sejuta umat bagi pecinta musik rock dan metal di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satu lagu andalan dari album Metallic

    on Sep 23, 2021