×
×

Search in Mata Mata Musik

Polisi Ungkap ‘Cause Of Death’ Mike Howe (Metal Church): Bunuh Diri?

Posted on: 07/31/21 at 9:00 am

Apakah Penyebab Kematian Mike Howe Karena Bunuh Diri atau Keracunan Obat?
Mike Howe (Foto: Frank Hoensch/Redferns).

Polisi telah memutuskan bahwa bunuh diri sebagai ’cause of death’ alias penyebab kematian vokalis Metal Church, Mike Howe. Sebagaimana yang dilaporkan oleh TMZ pada Jum’at, 30 Juli. Sang vokalis band heavy metal itu ditemukan tewas di rumahnya di Eureka, California, Amerika Serikat pada Senin di usia 55 tahun.

Baca juga: Mike Howe, Vokalis Metal Church, Meninggal Di Usia 55 Tahun

Departemen Sheriff Humboldt County mengkonfirmasi kepada TMZ bahwa kematian Howe disebabkan oleh aspiksia akibat gantung diri dan pihak berwenang secara resmi menyebutnya bunuh diri. Departemen Sheriff juga mengatakan bahwa tidak ada zat atau perlengkapan obat yang dikendalikan ditemukan di rumah Howe. Alkohol dan obat-obatan tidak diyakini sebagai faktor pemicunya.

Polisi menerima telepon pada hari Senin tepat setelah pukul 10 pagi mengenai kematian yang tidak terduga. Petugas menemukan Howe telah tewas ketika mereka tiba di rumahnya di Eureka segera setelah itu.

Pihak Metal Church sempat merilis pernyataan pada Jum’at pagi (30 Juli), sebelum dihapus:

“PERNYATAAN RESMI BAND: Jika kamu mengenal Mike Howe, maka kamu tahu dia adalah manusia yang benar-benar baik yang mencintai teman-temannya, keluarganya, dan banyak penggemarnya di seluruh dunia. Dia akan selalu bekerja ekstra untuk membuat seseorang merasa baik dan dia akan selalu memberikan kaos dari punggungnya jika kamu membutuhkannya. Kami memintamu mengingat Mike dengan cara itu dan untuk musik metal luar biasa yang dia ciptakan. Seperti apa yang sebenarnya terjadi? Dia menjadi korban oleh sistem perawatan kesehatan yang gagal dan kemudian diracuni oleh Big Pharma yang berbisa. Singkatnya dan intinya, dia menjadi mangsa dari “Fake Healer” (“Penyembuh Palsu”) yang sebenarnya… cukup kata. #truth Godspeed Mike Howe, KAMI MENCINTAIMU!!!”

Pernyataan Kedua Metal Church

Metal Church kemudian merilis pernyataan yang diubah dengan klarifikasi tambahan:

“Mengenai postingan kami yang baru-baru ini dihapus yang membahas berita bahwa kematian Mike adalah bunuh diri, kami ingin menghilangkan kesalahpahaman yang mungkin muncul dari laporan media tertentu. Dalam upaya kami untuk melakukan itu, upaya kejujuran kami menciptakan narasi yang berada di luar niat kami yang paling murni. Kami sama sekali tidak merujuk pada apa pun yang terkait dengan vaksinasi, COVID, atau politik. Kami mengatakan bahwa saudara kami terluka dan ketika dia mencari perawatan medis untuk itu, perawatan yang dia gunakan tidak melindunginya. Jika tidak, dia masih akan bersama kita hari ini.

Jika kamu mengenal Mike Howe, maka kamu tahu dia adalah manusia yang benar-benar baik yang mencintai teman-temannya, keluarganya, dan banyak penggemarnya di seluruh dunia. Dia akan selalu bekerja ekstra untuk membuat seseorang merasa baik dan dia akan selalu memberikan kaos dari punggungnya jika kamu membutuhkannya. Kami meminta kamu mengingat Mike dengan cara itu dan untuk musik metal luar biasa yang dia ciptakan.

Ini adalah waktu yang sangat sulit bagi semua orang yang mengenal Mike secara pribadi dan mereka yang mengenalnya melalui musik. Kami semua masih memproses kehilangan saudara kami. Kami mohon maaf bahwa pernyataan asli disalahpahami atau membuat dialog yang salah. Dan kami meminta kamu berhenti menyerang satu sama lain sehubungan dengan meninggalnya Mike dan Metal Church. Kami meminta kamu mengambil energi itu dan menggunakannya untuk menjaga ingatan Mike tetap hidup dengan membagikan musik yang dia ciptakan saat dia bersama kami. Kami ingin musik Metal Church menyatukan orang-orang seperti yang telah terjadi selama bertahun-tahun dan tidak memecah belah”.

Mike Howe Bunuh Diri atau Diracun?

Laporan dari kepolisian dan pernyataan dari pihak band sebelumnya sangat bertentangan. Apakah penyebab kematian Mike Howe karena bunuh diri atau keracunan obat? Hanya Tuhan dan pihak keluarga Howe yang paling mengetahui kebenarannya. Jika kebenarannya ternyata sesuai yang sempat diungkapkan band, tentu veteran heavy metal legendaris ini akan berhadapan dengan raksasa yang dapat menyulitkan hidup dan karier mereka.

Sebagai penggemar Mike Howe dan Metal Church, kami hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk almarhum dan semoga kebenaran yang hakiki segera terungkap. Amiin.

Baca juga: Dusty Hill, Bassis ZZ Top Meninggal Dunia Di Usia 72 Tahun

Mari kita kenang Howe dengan dua lagu bandnya yang paling beken di bawah ini, ‘Badlands’ dan ‘Date Wit Poverty’. Serta lagu lawas dari album Blessing in Disguise (1988) yang merefleksikan tanda tanya besar pada kasus kematian Howe, ‘Fake Healer’. Rest in peace, legend \m/

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021