×
×

Search in Mata Mata Musik

Produser Asal Afrika Selatan Gugat David Guetta

Posted on: 03/27/19 at 1:00 pm

Daniel Baron tuduh Guetta melakukan pelanggaran hak cipta di lagu “Light Headed” bersama Sia.

Oleh: Matthew Meadow. (Your EDM)

Artis asal Afrika Selatan Daniel Baron mengajukan tuntutan hukum terhadap David Guetta atas pelanggaran hak cipta, yang menuduh Guetta menyalin unsur-unsur dari single-nya di tahun 2016, “Children of The Sun.”

Guetta merilis “Light Headed” bersama Sia di 2017 sebagai single dari albumnya, 7, yang terbit di tahun berikutnya. Baron menuduh bahwa, saat Guetta tampil di Ultra South Africa 2017, kemungkinan dia mendengar “Children Of The Sun” di radio, di puncak popularitasnya.

Baron hadir di acara radio Afrika Selatan, Breakfast with Martin Bester, untuk membahas situasi ini dan memberikan latar belakang tuntutannya, karena itu tidak muncul begitu saja. Di awal wawancara, kedua lagu tersebut dibandingkan — jadi Anda bisa nilai sendiri.

Baca Juga: Africa Express Kembali Dengan EP MOLO

Dalam wawancara itu, Baron mengatakan:

“Guetta tampil di Ultra tahun itu, jadi kemungkinan besar salah satu DJ lain memainkan lagu saya dan dia menyukainya. Saat saya mendengar lagu itu untuk pertama kalinya, itu adalah perasaan paling gila yang pernah ada. Rasanya seperti campuran keterkejutan, ketidakpercayaan, dan kehormatan.”

Dia menjelaskan, dia awalnya lebih suka menangani situasi ini secara pribadi, dengan mengirimkan Guetta surat hukum resmi tentang situasi ini pada bulan Desember 2018. Saat suratnya tidak mendapat respons, dia dan timnya mulai mengirimkan surat itu ke siapa pun yang mungkin bisa menyampaikannya ke Guetta, bahkan di media sosialnya.

Di surat itu, Guetta diminta memberi kredit Baron dan mengeluarkan kompensasi atas penggunaan karyanya.

Digital Music News menuliskan, “Label Guetta, Warner Music, belum mengomentari perselisihan hukum ini. Guetta juga sama sekali belum menyinggung tentang perselisihan ini  di media sosial.”

Keterangan Foto Utama: David Guetta. (Foto: rukes.com)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Taylor Swift

Taylor Swift Kembali Masuk Pengadilan AS Lantaran Gugatan Hak Cipta

Taylor Swift dan dua penulis lagu lainnya dituding mengambil lirik dari lagu milik ‘girl group’ 3LW untuk lagu hitnya, “Shake It Off.” Baca juga: Ta

on Oct 30, 2019
Pete Doherty

Sering Ngebut, Pete Doherty Dilarang Nyetir Selama 6 Bulan

Personil The Libertines ini juga dikenai denda sebesar Rp160 juta! Pete Doherty dijatuhi larangan mengemudi selama enam bulan setelah berkali-kali tertang

on Oct 8, 2019
David Guetta Jump

David Guetta Kembali Gaet GLOWINTHEDARK Untuk Single “Jump”

Kolaborasi ketiga antara musisi David Guetta dan GLOWINTHEDARK akhirnya tersedia di semua platform streaming. Dirilis di bawah What A Music Ltd, lagu bera

on Oct 7, 2019
Lil Nas X, Cardi B

“Rodeo” Milik Lil Nas X & Cardi B Dituduh Melanggar Hak Cipta

Dua pria mengeklaim lagu Lil Nas X tersebut mengambil elemen dari lagu yang mereka buat di 2017 Lil Nas X, Cardi B, dan kolaborator mereka di lagu “Rodeo

on Oct 6, 2019