×
×

Search in Mata Mata Musik

Produser Kampiun Bob Rock Menjual 100% Haknya Atas “The Black Album” Metallica

Posted on: 01/22/21 at 10:30 am

Produser Kampiun Bob Rock Menjual 100% Haknya Atas "The Black Album" Metallica
Bob Rock (Foto: via YouTube), Metallica circa 1991.

Produser kampiun Bob Rock telah menjual 100% hak produsernya untuk album self-titled Metallica tahun 1991 yang lebih terkenal dengan sebutan The Black Album, dan tiga album penyanyi pop Michael Bublé, yakni Call Me Irresponsible, Crazy Love, Christmas and To Be Loved, yang secara total terdiri dari 43 lagu. Semua lagu dari kedua artis tersebut dibeli oleh Hipgnosis Songs Fund, perusahaan Inggris yang telah membeli hak penerbitan beberapa katalog musik artis beken lainnya dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Mantan Produser Metallica Bob Rock Bahas Hubungan Lama Dirinya Dengan Band

Hipgnosis belum lama ini menjadi berita utama saat mereka memperoleh 50% hak penerbitan untuk katalog musik penyanyi legendaris Neil Young yang terdiri dari 1.180 lagu. Selain itu, Hipgnosis telah memperoleh 100% hak penerbitan musik – termasuk bagian penerbit dan penulis – untuk seluruh katalog musik penyanyi latin Shakira.

Kini giliran Bob Rock yang berbisnis dengan Hipgnosis. Nama Bob Rock ikut melambung seiring kesuksesan The Black Album Metallica. Kolaborasi produser veteran ini dengan Metallica berawal pada tahun 1990 untuk ikut memproduksi album raksasa heavy metal yang bersertifikat 16x platinum di Amerika Serikat (AS) tersebut.

Memulai debutnya langsung No. 1 di 10 negara, The Black Album menghabiskan empat minggu di puncak tangga album Billboard Top 200 dan pada Desember 2019 menjadi rilisan keempat dalam sejarah yang memasuki minggu ke-550 di Billboard 200.

The Black Album berada di urutan No.255 oleh majalah Rolling Stone dalam daftar 500 Greatest Albums of All Time.

Lima single dari album metal tersukses sepanjang masa itu, yakni ‘Enter Sandman’, ‘The Unforgiven’, ‘Nothing Else Matters’, ‘Wherever I May Roam’, dan ‘Sad but True’ adalah di antara lagu-lagu Metallica yang paling beken. Jangan mengaku metalhead kalau enggak tahu lagu-lagu tersebut.

Lagu-lagu dari album itu telah diputar lebih dari tujuh miliar kali di semua layanan streaming musik.

Selain Metallica, Bob Rock juga merupakan kolaborator lawasnya Michael Bublé, Bob telah memproduseri album To Be Loved secara keseluruhan dan menghasilkan lagu-lagu ‘kunci’ pada tiga album berikutnya, yakni Call Me Irresponsible, Crazy Love dan Christmas.

Call Me Irresponsible, dirilis pada tahun 2007, album yang sukses secara global dan album No.1 pertama Michael Bublé setelah memuncaki tangga lagu di delapan negara termasuk AS, di mana meraih sertifikasi platinum.

Album Michael Bublé berikutnya dengan produser Bob Rock, Crazy Love memulai debutnya di No. 1 di AS dan Inggris. Album ini meraih sertifikat multi-platinum di seluruh dunia termasuk Inggris, di mana meraih 10x platinum, telah terjual lebih dari 3 juta kopi, sedangkan di AS, 2x platinum.

Crazy Love memenangkan Michael Bublé untuk kedua kalinya di Grammy Awards untuk Best Traditional Pop Vocal Album pada tahun 2010. Album ini menyertakan single hit asli ‘Haven Not Met You Yet’, yang bersertifikat platinum di AS dan Inggris.

Pada tahun 2011, Michael Bublé merilis album klasik Christmas, yang menjadi No. 1 di berbagai pasar, termasuk di AS di mana album tersebut menghabiskan lima minggu di puncak tangga album Billboard Top 200, dan telah terjual 12 juta kopi yang fantastis sejak dirilis, sedangkan versi digitalnya telah diputar lebih dari 5 miliar kali di semua layanan streaming.

Christmas telah menjadi album Natal dengan peringkat tertinggi di musim liburan 2020.

Christmas adalah album No. 1 di Inggris pada Natal 2020 serta di tangga album Global Album di Spotify dan menghabiskan dua minggu terakhir bulan Desember di No. 4 di Billboard Top 200, setelah masuk kembali ke tangga album tersebut pada awal November. Bob Rock menghasilkan lima lagu di album ini termasuk ‘All I Want For Christmas Is You’.

Kemudian, To Be Loved, dirilis pada 2013, adalah album No. 1 di AS keempat Michael Bublé secara berturut-turut. Selain memuncaki tangga album di 17 negara, To Be Loved membawa Michael Bublé memenangkan Grammy Award keempatnya untuk Best Traditional Pop Vocal Album.

Transaksi Bob Rock dengan Hipgnosis ini diwakili oleh manajer lawasnya, Bruce Allen dan pengacaranya, Mark L. Kovinsky.

Merck Mercuriadis, sang pendiri The Family (Music) Limited dan Hipgnosis Songs Fund Limited, mengeluarkan komentar tentang Bob Rock:

Luasnya kesuksesan besar Bob Rock hampir mustahil untuk ditandingi oleh pencipta mana pun dalam sejarah musik.

Dari The Black Album Metallica yang paling terkenal hingga Christmas Michael Bublé, dia telah menghasilkan beberapa album terbesar sepanjang masa yang terus abadi, dari tahun ke tahun.

Setiap orang yang telah bekerja dengan Bob tahu dia adalah pembuat perbedaan, itulah mengapa artis yang dia produksi akhirnya membuat banyak album bersamanya yang hampir selalu merupakan kesuksesan terbesar mereka.

Bob sangat istimewa dan sebagai sesama orang Kanada, sangat menyenangkan untuk menyambut dia dan produksinya yang luar biasa ke dalam keluarga Hipgnosis.

Baca juga: Produser Bob Rock Ungkap Alasan Sound Snare Dram Aneh Di ‘St. Anger’ Metallica

Mari kita dengarkan lagi salah satu lagu hit yang terdapat sentuhan “tangan dingin” Bob Rock dalam produksi rekamannya di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Metallica Slayer Pantera

    Seorang Ibu Di Selandia Baru Namai 3 Anaknya Metallica, Slayer, Panter...

    Metallica (Foto: Philip Cosores), Slayer (Foto: Antonio Marino Jr.), Pantera (Foto: Amy Harris). Sudah enggak terhitung orang tua di dunia yang menamai anak

    on Jul 8, 2021
    St. Vincent

    St. Vincent Mengcover Metallica 'Sad But True' Versi Beda Banget & Ker...

    St. Vincent (Foto: Getty Images). St Vincent adalah adalah salah satu dari jajaran artis top yang terlibat dalam proyek The Metallica Blacklist. Bertepatan

    on Jun 30, 2021
    Metallica

    Metallica The Black Album Dicover 53 Artis Top Lintas Genre & Generasi

    Metallica circa 1992 (Foto: Midori Tsukagoshi/Shinko Music/Getty Images). Metallica merayakan ulang tahun ke-30 "The Black Album" dengan cara yang keren ban

    on Jun 23, 2021
    Album Klasik

    14 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas banget! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya

    on Jun 9, 2021